b Backup Chat Whatsapp Android - SINAUSE.ID
News Update
Loading...

Minggu, 31 Maret 2019

Backup Chat Whatsapp Android

Cara mudah backup whatsapp

Whatsapp adalah salah satu media chatting yang paling dibutuhkan oleh setiap pengguna telepon pintar. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena hamper setiap saat kita menggunakan whatsapp untuk berhubungi dengan orang lain, setidaknya orang-orang yang sedang tidak berada bersama kita.

Menurut pengalaman pribadiku, Whatsapp lebih enak digunakan karena tidak terlalu memakan memory internal. Prosesnya pun juga tidak begitu memakan RAM, jadi HP tetap berjalan tanpa lag jika diinstall aplikasi Whatsapp.

Sebagai aplikasi chatting, sudah pasti kamu dan temanmu akan bertukar pesan satu sama lainnya. Pernahkah kamu merasa sayang untuk menghapus riwayat pesanmu dan temanmu? Atau saat ini kamu sedang masa pendekatan dengan orang lain, sehingga bawaannya ingin membaca chat kamu dan dirinya terus? Gampangnya, kamu tidak ingin kehilangan pesan-pesanmu dengan dirinya.

Nah, untuk mengantisipasi hilangnya riwayat chat kamu dengan orang lain baik disengaja maupun tidak, kamu bisa membackup chat Whatsapp-mu. Caranya cukup mudah

Cara Backup Chat Whatsappmu secara Offline

Cara ini cukup mudah dan cukup cepat untuk dipraktikkan karena tidak memerlukan koneksi internet jadi relatif cepat.

1. Buka Whatsapp
2. Pilih titik tiga di pojok kanan atas.
Cara Mudah backup Whatsapp
Pilih tiitk tiga di pojok kanan atas

3. Pilih Setelan
Cara Mudah backup Whatsapp
Pilih Setelan

4. Maka kamu akan dibawa ke menu setting, pilih menu Chat.
Cara Mudah backup Whatsapp
Pilih Chat


5. Pilih Cadangan Chat
Cara Mudah backup Whatsapp
Pilih Cadangan Chat

6. Jika kamu ingin mencadangkan chatmu secara offline (itu berarti cadangan chatmu disimpan di memori internal) kamu cukup tekan CADANGKAN. Tunggu prosesnya selesai. 
Cara Mudah backup Whatsapp
Pilih Cadangkan


Kelebihan:

1. Prosesnya cepat karena tidak harus mengandalkan internet

Kekurangan :

1. Jika kamu uninstall WA, biasanya data backup ini juga ikut hilang, artinya ketika kamu install Whatsapp lagi, terpaksa kamu harus memulai chatmu dari awal lagi.

2. Jika chatmu banyak, kamu akan membutuhkan memori internal yang lebih banyak.

Cara Backup Chat Whatsappmu secara Online

Sebenarnya cara ini mirip dengan cara backup chat wa secara offline. Yang membedakan adalah tempat untuk menyimpan data hasil backup. Jika online, pihak Whatsapp sudah memberikan fasilitas agar kita bisa membackup chat kamu di akun Google Drive kamu.

Dari langkah nomor 6, scroll ke bawah sedikit, pilih cadangkan ke Google Drive, pilih kurun waktu yang kamu inginkan. Kamu bisa membackup otomatis chatmu secara harian, mingguan, bulanan atau sesuka kamu (hanya saat kamu mengetuk cadangkan).
Cara Mudah backup Whatsapp
Pilih kurun waktu yang kamu inginkan


Pilih akun Google-mu yang ingin digunakan untuk mencadangkan chat Whatsapp-mu.
Cara Mudah backup Whatsapp
Pilih akun Google

Pilih cadangkan. Kamu harus sabar menanti karena Whatsapp memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk mengupload chat Whatsappmu. Selain itu, waktu backup chatmu tergantung pada koneksi internet dan berapa banyak pesanmu yang dicadangkan.
Cara Mudah backup Whatsapp
Pilih Cadangkan


Jika kamu ingin membackup chatmu lewat jaringan seluler atau paket data, kamu harus menyetingnya terlebih dahulu. Cukup pilih cadangkan melalui, pilih Wi-Fi atau seluler.
Cadangkan dengan Seluler


Kelebihan

1. Chatmu benar-benar aman karena sudah disimpan di Google Drive, jadi ketika kamu reinstall WA, kamu bisa mengembalikan backup chatmu dengan teman-temanmu, syaratnya sebelum kamu Install aplikasi Whatsapp, pastikan kamu sudah login akun gmail yang kamu gunakan backup chat WA mu.

2. Tidak memakan memori internal.

Kekurangan

1. Boros kuota karena memerlukan akses internet untuk upload ke Google Drive

2. Harus berada pada halaman itu untuk bebrapa saat. Maksudnya, kamu harus bertahan pada aplikasi Whatsapp. Berdasarkan pengalamanku, ketika proses backup berlangsung, tidak sengaja kepencet home, ketika buka Whatsapp, muncul pesan eror dan harus mengulang upload backup chatmu dari awal. Mungkin tidak semua HP seperti ini, tetapi alangkah lebih baiknya ketika proses backup, kamu tidak meninggalkan halaman backup Whatsapp

Mudah bukan? Cara ini cocok jika kamu ingin menguninstall Whatsapp dari HP-mu, tetapi kedepannya berencana untuk memasangnya lagi. Atau memang khusus untuk berjaga-jaga andai sewaktu-waktu HP yang kamu gunakan rusak, akibatnya tidak bisa menggunakan HP tersebut, kamu sudah memliki chat yang sudah kamu backup. 

Jadi, tunggu apalagi? Segera backup chatmu! Jika kamu masih bingung, kamu bisa memberikan komentar di kolom komentar.

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
SINAUSE.ID Mengucapkan Selamat Idulfitri 1441 H. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.🙏 🙏 🙏
Done