News Update
Loading...

Jumat, 10 April 2020

Cara Membuka WA di Laptop atau PC

membuka wa di laptop - whatsweb

WhatsApp sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan saat ini, jelas sangat berguna dalam kehidupan saat ini.

Contoh sederhananya, ketika kamu meminta kontak temanmu pasti Whatsapp yang diberikan. Memang Whatsapp dengan segala fiturnya memiliki keunggulan sendiri. Bagaimana tidak? Dengan Whatsapp kamu bisa mengirimkan foto, video, audio, sampai dokumen.

Bicara mengenai dokumen, aku sendiri akan lebih enak untuk membacanya jika di laptop, dan menerima dokumen tersebut dari Whatsapp. Aplikasi berlogo hijau ini juga sudah menyediakan fitur untuk login di Whatsapp menggunakan laptop.

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara membuka WA di laptop dengan 2 cara, menggunakan aplikasi WhatsApp, dan Browser biasa (pada tulisan ini, aku menggunakan Google Chrome).

1. Cara Login Whatsapp dengan Aplikasi Resmi


WhatsApp sudah lama menyediakan fitur Whatsapp Web. Nah, cara ini akan lebih cocok bagi kamu yang komputer atau laptopnya sudah menggunakan OS Windows 64 Bit atau Mac OS.

A. Instalasi WHATSAPP

1. Buka halaman resmi Whatsapp, kamu bisa dengan mudah akses melalui tautan ini.

2. Tap menu download.
Cara Membuka WA di Laptop atau PC- Install
Tap Download

3. Lalu tap Whatsapp for Windows 64 bit jika kamu pengguna Windows 64Bit atau Whatsapp for MacOs X 10.10 and higher jika kamu pengguna MacOS.
Cara Membuka WA di Laptop atau PC- Install
Pilih Software sesuai dengan OS Laptop teman-teman

4. Tunggu proses downloadnya selesai.

5. Jika sudah selesai, buka hasil unduhan tadi, kamu akan mendapatkan sebuah installer aplikasi Whatsapp.
Cara Membuka WA di Laptop atau PC- Install
Hasil unduhan berupa Application

6. Selanjutnya buka aplikasi WhatsappSetup, dan install seperti menginstall aplikasi Windows lainnya.

7. Tunggu proses instalasinya selesai, lalu buka Aplikasi Whatsapp yang sudah terinstall, maka akan muncul barcode untuk login dengan Whatsapp yang terinstall di HP-mu.
Cara Membuka WA di Laptop atau PC- Install
Tap keep me signed in jika kamu login menggunakan laptop pribadimu

Oiya, kamu bisa centang menu Keep Me Signed In agar kelak ketika kamu membuka aplikasi Whatsapp, kamu tidak perlu scan barcode lagi. Namun, pastikan kamu laptop yang kamu gunakan adalah laptop pribadimu, ya!

B. Login ke Whatsapp 

Setelah aplikasi WhatsApp terinstall, langkah selanjutnya adalah

1. Membuka WA dari HP.

2. Tap menu titik tiga di pojok kanan atas.

 3. Pilih WhatsApp Web.
Cara Membuka WA di Laptop atau PC- 1
Tap Whatsapp Web

4. Tap icon Plus di pojok kanan atas.
Cara Membuka WA di Laptop atau PC
Tap icon Plus

5. Scan barcode yang ada di aplikasi Whatsapp di Laptop.
Cara Membuka WA di Laptop atau PC - Tanpa Scan Barcode
Scan Barcode

6. Selesai.

2. Login Whatsapp dengan Google Chrome


Untuk login Whatsapp dengan Google Chrome, cara yang digunakan kurang lebih sama dengan membuka Whatsapp menggunakan aplikasi resmi. Namun, kamu tidak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp di laptopmu. Kamu bisa menggunakan Google Chrome.

1. Buka Whatsapp Web dengan http://web.whatsapp.com/ atau bisa dengan tautan ini.

2. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul barcode untuk login. Centang kotak Keep Me Signed jika kamu ingin login ke Whatsapp tanpa menggunakan barcode lagi di kemudian hari. Namun, pastikan kamu login di laptop atau pc yang bisa kamu kontrol, ya!
Cara Membuka WA di Laptop atau PC - tanpa scan barcode
Tap keep me signed in jika kamu login menggunakan laptop pribadimu

3. Scan barcode menggunakan HP-mu.

3. Kelebihan dan Kekurangan menggunakan Whatsapp di Laptop dan Fitur WhatsApp dari Laptop yang Memudahkan Pekerjaanmu.


Untuk menggunakan fitur WhatsApp di laptop, pastikan kamu memiliki internet stabil di HP mu. Artinya, kamu tidak bisa menggunakan fitur Whatsapp di laptop jika HP-mu tidak aktif atau tidak memiliki internet yang stabil. Bagiku ini adalah kekurangan dari penggunaan Whatsapp dari laptop, kita tidak bisa mengakses WhatsApp web tanpa menggunakan HP kita.

Penggunaan Whatsapp dari laptop juga belum support untuk videocall atau voicecall. Jadi, ketika kamu mendapat panggilan suara/video, kamu akan diminta untuk melihat HP, dan mengangkatnya dari HP.

Meskipun demikian, kelemahan ini juga bisa menjadi kelebihan atau keuntungan menggunakan WhatsApp dari laptop. Dengan adanya fitur HP harus terhubung ke internet, privasimu setidaknya menjadi lebih aman karena kamu sendiri yang mengontrol penggunaan Whatsapp di Laptop.


Selanjutnya, mengenai fitur-fitur yang akan memudahkan kamu untuk menyelesaikan tugasmu menggunakan Whatsapp dari laptop.

1. Kamu bisa mengirimkan screenshot tampilan laptopmu tanpa harus menyimpan file screenshot tersebut. Caranya cukup mudah, gunakan aplikasi Snipping Tool (bawaan dari windows) lalu pilih area yang ingin kamu screenshot. Selain Snipping Tool, kamu juga bisa menggunakan tombol printscreen yang ada di keyboard. Selanjutnya, paste dengan shortcut CTRL + V di kolom teks WA.

2. Kamu tidak bisa mencoret² foto/video seperti mengirimkan foto melalui HP. jika kamu ingin mencoret² fotomu, sebelum kamu kirimkan, kamu bisa edit fotomu terlebih dahulu menggunakan paint atau aplikasi edit foto lainnya.

3. Kamu tak perlu membuka menu kirim sesuai dengan format yang ada di WA, karena WA sudah otomatis menyortir. Jika kamu ingin praktis, coba kamu buka chat temanmu yang ingin kamu beri filemu, lalu buka folder di mana kamu menyimpan file, lalu drag file yang ingin kamu kirim, kamu sudah bisa mengirimkan file tanpa harus ribet-ribet menentukan format file (foto/video/dokumen). Jika kamu ingin mengirimkan satu folder sekaligus, kamu bisa membaca tulisan lengkapnya melalui tautan ini.
Cara Membuka WA di Laptop atau PC - Fitur
Fitur drag and drop sudah tersedia di aplikasi Whatsapp web

4. Seperti yang sudah kutulis di atas, kamu tidak bisa menggunakan WhatsApp dari laptop untuk videocall atau voice call. Namun, kamu tetap bisa mengirimkan Voicenote, ataupun mendengarkan Voicenote dari temanmu.

5. Ketika membuka Whatsapp di laptop menggunakan Google Chrome, terkadang kita tidak menerima notifikasi di HP kita, jadi kita akan mendapatkan notifikasi Whatsapp di laptop. Namun, jika kamu tidak mendapatkan notifikasi di laptop ketika kamu mendapatkan chat baru, coba cara berikut ini.

Tap icon gembok di samping alamat web Whatsapp

Lalu tap Notification, dan ubah menjadi Allow
Cara Membuka WA di Laptop atau PC - Fitur

Namun, jika menu notification tidak muncul, tap Site Setting, lalu di sampin menu Notification, ubah dari Ask (Default) menjadi Allow.
Cara Membuka WA di Laptop atau PC - Fitur

Jika sudah, kembali ke tab Whatsapp Web, lalu tap Reload.
Cara Membuka WA di Laptop atau PC - Fitur


Bagaimana? Cukup mudah bukan? Kamu bisa membuka Whatsapp dari laptop kapan saja, dan dimana saja. Yang jelas, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil baik di HP, maupun di laptopmu untuk membuka Whatsapp di laptop. 

Oiya, jika kamu mendapatkan kemudahan lain karena menggunakan Whatsapp Web, tinggalkan di kolom komentar, ya!

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done