News Update
Loading...

Kamis, 24 Juni 2021

Cara Share Loc di Whatsapp

WhatsApp memang memiliki segudang fitur yang memudahkan penggunanya berinteraksi satu sama lain. Salah satu fitur andalan yang dapat kamu gunakan adalah share location atau biasa disebut shareloc

Dengan adanya fitur share location ini, kita akan dimudahkan untuk bertemu secara langsung dengan orang lain. Sebagai contoh ketika berbelanja di market place, beberapa kali aku dihubungi pihak kurir untuk share location. Tanpa ribet, kukirimkan lokasi tempatku berada agar kurir tersebut lebih mudah dalam mengantarkan barang pesanan.

Cara Share Loc di Whatsapp Thumb

A. Apa Itu Share Loc?

Share Loc adalah singkatan dari share location. Secara harafiah, share location berarti membagikan lokasi. Seperti yang kita tahu, hampir di setiap telepon pintar sudah mendukung layanan GPS yang salah satu fungsinya untuk melacak lokasi hp kita berada. Fungsi share loc di Whatsapp untuk membagikan lokasi kita kepada orang lain.

Di Whatsapp, kita bisa membagikan lokasi kita dengan dua metode, yaiut live, dan tidak live. Keduanya sama-sama mengirimkan posisi kita. Tak hanya itu, keduanya sama-sama membuka Google Maps untuk menemukan keberadaan pengirim lokasi. Perbedaan yang sangat kentara ketika penerima mendapatkan lokasi secara live, ia tidak mendapatkan rute ke tempat kita berada. Namun, ketika kita mengirimkan share location biasa, temanmu bisa membua rute dari tempatnya berada sampai ke tempamu berada.

B. Cara Share Loc di Whatsapp

Seperti yang sudah aku singgung di atas, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membagikan lokasi tempatmu berada. Untuk membagikann lokasi melalui Whatsapp, kuanggap sampai sini kamu sudah menginstall aplikasi Whatsapp terbaru.

1. Buka Whastapp.

2. Pilih kontak yang ingin kamu beri lokasimu.

3. Tap ikon lampiran yang ada di samping kolom chat.
Cara Share Loc di Whatsapp 1
Tap ikon lampiran

4. Tap Lokasi.
Cara Share Loc di Whatsapp 2
Tap lokasi

5. Tunggu beberapa saat, secara otomatis, Whatsapp akan melacak keberadaanmu.

6. Jika sudah, tap Kirim lokasi Anda saat ini jika kamu ingin membagikan posisimu saat ini.
Cara Share Loc di Whatsapp 3
Tap Kirim lokasi Anda saat ini

Jika kamu ingin membagikan tempat di sekitarmu yang lebih familier dengan posisi kamu berada, kamu bisa memilih titik biru yang ada di sekitar posisimu berada
, atau tap nama lokasi yang ada di bawah peta.
Cara Share Loc di Whatsapp 5
Tap lokasi yang lebih familiar

Kamu juga bisa membagikan lokasi terkini atau live location. Berbeda dengan membagikan lokasi saat ini, pada menu bagikan lokasi terkini, temanmu bisa memantau pergerakanmu melalui HP-nya. Namun, temanmu tidak mendapatkan rute/petunjuk ke tempatmu berada.
Cara Share Loc di Whatsapp 6
Tap berbagi lokasi terkini

Masih Mengalami Kendala Saat Ingin Share Loc di WA?

Ketika kamu sudah mempraktikkan cara-cara di atas dengan tepat, tetapi kamu masih belum bisa mengirimkan lokasimu, ada beberapa hal yang harus kamu cek.

1. Pastikan kamu terhubung dengan internet yang stabil.
Ini adalah syarat mutlak, seperti yang kita ketahui, setiap media sosial saling terhubung satu dengan yang lainnya karena adanya internet. Dengan adanya internet yang stabil, tentu Whatsapp akan bekerja secara optimal.

2. Pastikan kamu sudah mengizinkan Whatsapp untuk akses lokasi.
Saat awal-awal menginstall Whatsapp dan membukanya, biasanya Whatsapp akan meminta beberapa izin, salah satunya mengakses lokasi. Tak perlu khawatir jika kamu lupa, karena kamu tetap bisa mengatur perizinan tersebut secara manual. Buka aplikasi Setting atau Setelan - Aplikasi - Whatsapp - Izin Aplikasi - Lalu aktifkan izinkan lokasi.
Cara Share Loc di Whatsapp 7
Aktifkan layanan lokasi untuk Whatsapp

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Dengan demikian, kamu bisa membagikan lokasimu ke teman-teman sepermainanmu. Namun, tetap patuhi protokol kesehatan, ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done