News Update
Loading...

Kamis, 22 Juli 2021

Cara Membuat Emoticon Kotak Silang di Whatsapp

Emoticon di Whatsapp adalah salah satu fitur bawaan yang dapat kita gunakan untuk menambah keseruan ketika berbalas pesan. Selain dapat digunakan secara praktis, emoticon atau emoji di Whatsapp juga membuat pesan kita lebih berwarna, dan tidak begitu jenuh hanya melihat teks-teks saja.

Dalam praktiknya terdapat emoticon yang sangat banyak yang dapat digunakan untuk berbalas pesan. Salah satu emoticon yang unik adalah kotak silang. Belum banyak orang yang mengetahui cara membuat emoji kotak silang ini. 

Cara Membuat Emoticon Kotak Silang di Whatsapp

Di beberapa HP mungkin emoji kotak silang ini bisa otomatis muncul karena belum mengupdate aplikasi Whatsapp. Namun, pada tulisan ini, kita akan membahas cara manual untuk membuat emoticon kotak silang di Whatsapp.

Arti dari Emoticon Kotak Silang

Dari beberapa sumber yang ada di internet, emoticon kotak silang adalah emoticon yang digunakan untuk menyatakan sesuatu yang negatif, misalnya kesalahan, peringatan, atau tanda bahaya. Emoticon kotak silang ini biasanya berbentuk silang (X) dengan background hijau atau merah tergantung pada aplikasi yang digunakan. 

Selain menggunakan emoticon kotak silang secara bawaan dari Whatsapp yang kurang lebih bentuknya seperti emoticon ini , ada juga emoticon yang benar-benar berbentuk kotak silang tanpa warna dilihat dari Whatspp.
 

Cara Membuat Emoticon Kotak Silang di Whatsapp

Terdapat dua cara yang dapat digunakan untuk membuat emoticon kotak silang di Whatsapp, secara bawaan, dan dari copy-paste. 

Membuat Emoticon Kotak Silang di Whatsapp dengan Fitur Bawaan

Untuk membuat emoticon kotak silang bawaan Whatsapp, kamu tidak memerlukan langkah-langkah khusus, cukup buka aplikasi Whatsapp.

Selanjutnya tap ikon emoticon yang berada di bagian kiri kolom tulis pesan, lalu tap ikon kaca pembesar di pojok kiri bawah. 
Cara Membuat Emoticon Kotak Silang di Whatsapp 1
Tap ikon emoticon di bagian kiri kolom chat, lalu tap ikon kaca pembesar

Kemudian ketik kotak, kamu akan menemukan berbagai emoji kotak, gulir ke samping untuk menemukan emoticon kotak silang.
Cara Membuat Emoticon Kotak Silang di Whatsapp 2
Ketik kotak, lalu tap emotikon kotak silang

Membuat Emoji Kotak Silang di Whatsapp dengan Copy Paste

Jika kamu tidak puas dengan emoticon bawaan Whatsapp seperti pada sub bab yang telah kita bahas, kamu juga bisa menggunakan emoticon kotak silang versi lainnya. Bagiku, emoticon ini lebih cocok jika kamu ingin iseng-iseng membuat teman-temanmu penasaran apa yang kamu kirimkan.

Pertama tandai karakter yang ada di dalam kurung (ꧾꧾ) lalu, copy karakter tersebut.

Selanjutnya, buka aplikasi Whatsapp, lalu buka ruang chat temanmu.

Tap dan tahan pada kolom chat. Kemudian, tap paste
Cara Membuat Emoticon Kotak Silang di Whatsapp 3
Tap dan tahan di klom chat, lalu tap paste/tempel

Jangan lupa kirimkan pesan tersebut ke temanmu.
Cara Membuat Emoticon Kotak Silang di Whatsapp 4
Emoticon kotak silang di Whatsapp

Sebenarnya, cara kerja dari cara kedua ini dengan mengirimkan karakter yang tidak bisa dibaca oleh Whatsapp atau aplikasi-aplikasi media sosial lainnya. Karena Whatsapp belum mendukung karakter atau emoticon tersebut, tampilannya pun menjadi kotak silang. Jadi, jangan heran mungkin karakter/emoticon yang kamu kirimkan dengan cara kedua ini bisa terbaca di HP dengan merk dan atau seri tertentu.

Perbedaan tampilan dari kedua cara di atas sangatlah tampak. Kamu bisa melihat gambar berikut ini untuk mencermati perbedaan emoticon kotak silang bawaan Whatsapp dengan emoticon kotak silang yang tidak terbaca di Whatsapp.
Cara Membuat Emoticon Kotak Silang di Whatsapp 5
Perbedaan emoticon kotak silang bawaan WA, dengan cara kedua

Bagaimana? Sangat mudah kan? Dengan mengikuti kedua langkah di atas, kamu bisa membuat emoticon kotak silang di Whatsapp dengan cukup praktis. Kamu punya cara lain atau masih kebingungan? Bagikan komentarmu di kolom komentar! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done