News Update
Loading...

Sabtu, 02 Februari 2019

Cara Menyembunyikan Kata Online di WA

Cara Menyembunyikan Status Online di Whatsapp

Whatsapp adalah salah satu media chatting yang sangat populer saat ini. Seolah-olah Whatsapp (WA) adalah aplikasi yang wajib terinstall di setiap smart phone. Berdasarkan pengalamanku, setiap kali berjumpa dengan orang baru yang memiliki kepentingan yang sama atau setidaknya mirip-mirip, mereka akan meminta nomor WA.

Sebagai aplikasi yang populer atau bahkan menjadi aplikasi wajib terinstall, Whatsapp memiliki banyak sekali fitur. Misalnya saja video call berempat, pesan suara, menampilkan status online, menampilkan terakhir dilihat, menampilkan indikator pesan belum terkirim, sudah terkirim, bahkan indikator pesan sudah dibaca.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, pasti ada orang yang merasa terbantu, tetapi ada juga yang merasa terganggu. Aku termasuk salah satu orang yang terganggu dengan adanya fitur terakhir dilihat dan status/kata Online di Whatsapp. Bagiku, dengan adanya fitur ini, seolah-olah aku harus membalas pesan yang kuterima pada saat itu juga.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah bisa menyembunyikan kata Online di WA? Jawabannya bisa kok. Pada tulisan ini akan dibahas menjadi 2 bagian, pertama menggunakan aplikasi Whatsapp original, yang kedua menggunakan Whatsapp modded.

A. Cara Menyembunyikan Kata Online di Whatsapp Menggunakan Whatsapp Original

Sebelum masuk di pembahasan, ada baiknya kita menyamakan konsep terlebih dahulu, yang kumaksud Whatsapp original adalah Whatsapp yang resmi, biasanya kita unduh dan install dari Google Play Store. Sedangkan Whatsapp Modded adalah Whatsapp yang sudah dimodifikasi oleh pihak ketiga. Biasanya dengan Whatsapp modded ini, kita akan menemukan fitur-fitur yang tidak kita temukan di Whatsapp biasa. Misalnya mengubah tampilan gelembung Whatsapp, menyimpan status, dan yang akan kita bahas, menyembunyikan status online.

Kamu bisa menyembunyikan kata online dengan jarang-jarang membuka Whatsapp. Sadar maupun tidak sadar, ketika kita membuka Whatsapp, otomatis akan muncul status online di bawah nama kita. Nah, dengan tidak sering-sering membuka aplikasi Whatsapp, kata online di bawah nama akan jarang muncul juga. Meskipun cara ini tidak 100% berfungsi menyembunyikan kata online di Whatsapp, setidaknya hal ini meminimalisir kamu ketahuan online.

Cara kedua, dengan mematikan status laporan dibaca, dengan mematikan status laporan dibaca, kamu juga bisa meminimalisir kamu ketahuan jika online. Sama seperti cara di atas, cara ini tidak berfungsi 100% menyembunyikan status online Whatsappmu karena bagaimana pun juga, ketika kamu membuka Whatsapp-mu, otomatis status online akan muncul di bawah nama kontak kita. Cara ini juga efektif bagi kamu yang ingin melihat status orang lain tanpa ketahuan. Kamu bisa membaca tulisan lengkap melalui tautan ini.

Untuk mematikan status laporan dibaca, kamu bisa tap titik tiga di pojok kanan atas - setelan - privasi -  hilangkan centang pada laporan telah dibaca.

Cara Menyembunyikan Kata Online di WA 12
Matikan Laporan dibaca

Cara ketiga, dengan fitur yang ada dalam privasi, kamu juga bisa menyembunyikan status Whatsapp dengan fitur mematikan Terakhir Dilihat. Sama seperti kedua cara di atas, dengan fitur ini, memang tidak bisa 100% menyembunyikan status online di Whatsapp, tetapi setidaknya dengan cara ini, orang lain tidak bisa melihat kapan terakhir kali kita membuka Whatsapp. Untuk mematikan terakhir dilihat masuk pada setelan di Whatsapp - privasi - ubah terakhir dilihat menjadi tidak ada. Tak ada yang bisa melihat kapan terakhir kali kamu online.

Cara Menyembunyikan Kata Online di WA 10
Pilih Tidak ada


Cara keempat, dengan memblokir kontak tertentu, cara ini kubilang cukup ekstrem karena dengan cara ini seolah-olah kita memutus tali pertemanan dengan orang yang bersangkutan. Selain itu, cara ini hanya berlaku bagi kontak yang kamu blokir saja, jika kamu ingin menyembunyikan status online kepada seluruh kontak, artinya kamu harus memblokir seluruh kontak kamu, dan cara ini kurang aku sarankan, dan sebagai pengetahuan umum, siapa tahu kamu tidak pernah melihat status online temanmu karena kamu diblokir, heheh. 
cara menyembunyikan status online di Whatsapp 13
Cara Block Whatsapp orang lain Buka Chat kontak tersebut - Tap icon tiga - tap More - tap Block/Blokir


B. Cara Menyembunyikan Kata Online di Whatsapp Menggunakan Whatsapp Modded

1. Unduh aplikasi Whatsapp Modded By Fouad. Bisa dari Websitenya atau dari Link Ini (Direct Link, Otomatis mengunduh dari Google Drive).
Catatan, Whatsapp ini mengganti aplikasi Whatsapp Original yang telah kita unduh dari Playstore.

2. Install aplikasi Whatsapp modded by Fouad. Jika kamu belum bisa menginstall aplikasi dari luar Playstore, kamu harus buka Setting - Keamanan - Centang Sumber Tidak Kenal terlebih dahulu.

Cara Menyembunyikan Status Online di Whatsapp
Install Aplikasi dari Luar Playstore
Cara Menyembunyikan Status Online di Whatsapp 2
Install Aplikasi dari Luar Playstore
3. Dari segi tampilan, memang tidak ada bedanya antara Whatsapp Original (yang diunduh dari Playstore) dengan Whatsapp Modded ini. Namun, perbedaan itu akan muncul ketika kita memilih titik tiga di pojok kanan atas.

Cara Menyembunyikan Status Online di Whatsapp 3
Beranda Whatsapp Modded by Fouad

4. Pilih Fouad Mods

Cara Menyembunyikan Status Online di Whatsapp 4
Menu dari Whatsapp Modded

5. Kamu akan dibawa ke menu Fouad Mods, selanjutnya Pilih Privasi
Cara Menyembunyikan Status Online di Whatsapp 5
Whatsapp Modded by Fouad

6. Centang Bekukan terakhir dilihat.
Cara Menyembunyikan Status Online di Whatsapp 6
Menyembunyikan Kata Online di WA


7. Setelah setelannya sama seperti di atas, kamu harus memulai ulang Whatsappnya. Caranya tekan tombol kembali atau back button sehingga kamu kembali pada Halaman Utama Whatsapp

8. Pilih titik tiga di pojok kanan atas

9. Akan muncul menu di pojok kanan atas, pilihlah Mulai Ulang Whatsapp.
Cara Menyembunyikan Status Online di Whatsapp 7
Restart Whatsapp
10. Kamu harus menunggu sesaat karena Whatsapp akan menutup secara otomatis, tunggu beberapa detik, Whatsapp akan terbuka kembali.

11. Selesai.

Catatan 

Whatsapp Modded by Fouad ini mengganti whatsapp versi originalnya (Whatsapp yang kamu unduh dari Playstore). Secara fungsional, Whatsapp Modded ini sama seperti Whtsapp Versi Originalnya, mengirim pesan, video call, telepon, dan sebagainya. 

Ada yang perlu kamu ketahui lagi, cara kerja menyembunyikan kata online di Whatsapp ini, sama seperti Last Seen. Ketika kamu menyembunyikan kata online di Whatsapp, maka kamu tidak bisa melihat kata online teman-teman kamu. 

Jika kamu ingin menghidupkan online di Yo Whatsapp atau Whatsapp Modded lainnya, kamu bisa tap titik tiga di pojok kanan atas WA - tap YoWa setting - Universal - Pengaturan - Tap Aktifkan selalu Online.
Cara menghidupkan online di Yo whatsapp


Seperti itu cara menyembunyikan status online di Whatsapp. Selamat Mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done