b Cara Membuat Grup di Whatsapp [Gampang Banget] - SINAUSE.ID
News Update
Loading...

Rabu, 17 April 2019

Cara Membuat Grup di Whatsapp [Gampang Banget]



Siapa yang tidak kenal Whatsapp? Aplikasi chatting yang sangat populer dan sangat memudahkan kita untuk saling berkomunikasi. Sebagai aplikasi yang sudah memiliki nama dan sangat populer, sudah pasti aplikasi Whatsapp memiliki fitur-fitur tertentu untuk mempertahankan eksistensinya sebagai aplikasi chatting yang seolah-olah wajib terinstall di setiap telepon pintar.

Daftar Isi

  1. Apa itu Grup Whatsapp?
  2. Cara Membuat Grup Whatsapp
  3. Kelebihan
  4. Kekurangan 

Bagiku salah satu fitur yang paling bermanfaat adalah adanya fitur grup Whatsapp. Sebuah fitur yang memudahkan kita untuk saling menerima dan memberi informasi yang sama bagi sejumlah orang. Jika informasi yang harus kamu sebarkan hanya kepada 5 orang, mungkin masih memungkinkan untuk mengirimkan pesan secara personal.

Namun, bagaimana jadinya jika kamu harus menerima sekaligus mengirimkan informasi yang sama kepada teman-temanmu dengan skala yang besar? Atau jika kamu seorang mahasiswa yang banyak mengerjakan tugas kelompok, dan tidak sempat bertatap muka secara langsung, kamu harus melakukan diskusi bersama. Nah, salah satu solusinya dengan hadirnya grup Whatsapp.

Apa itu Grup Whatsapp?

Grup Whatsapp adalah salah satu fitur Whatsapp yang memungkinkan kita untuk saling menerima dan mengirimkan pesan kepada beberapa orang sekaligus. Tidak jarang grup Whatsapp ini disebuat Whatsapp Group Chat. Berbeda dengan personal chat yang hanya memungkinkan percakapan antara dua orang, grup Whatsapp memungkinkan untuk saling bertukar pesan antara 2 sampai 256 orang. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Ikuti 5 langkah mudah ini.

Cara Mudah Membuat dan Mengelola Grup Whatsapp

1. Buka Aplikasi Whatsapp-mu, jika sudah terbuka, pilih tiga titik yang ada di pojok kanan atas.

2. Maka akan muncul menu kecil yang baru, pilih Grup Baru.
Cara membuat grup di WA 1  Cara membuat grup di WA 2


3. Pilih kontak yang ingin kamu masukkan ke grup kamu, selanjutnya pilih anak panah ke kanan yang ada di pojok kanan bawah.
Cara membuat grup di WA 3


4. Beri nama grup Whatsapp-mu di kolom yang yang telah disediakan. Selain itu, kamu juga bisa memberi foto/icon grup dengan tap logo kamera di samping kolom. 
Cara membuat grup di WA 4

5. Jika sudah selesai, kamu bisa pilih icon centang hijau. Selamat, kamu berhasil membuat grup Whatsapp-mu.
Cara membuat grup di WA 5


1. Menambah Anggota Grup

Mungkin, pada awal kamu membuat grup hanya beberapa teman yang kamu masukkan di grup. Dalam perjalanan waktu ternyata kamu lupa memasukkan temanmu yang lain ke grup Whatsapp-mu, ada 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk memasukkan mereka ke grupmu dengan mudah.

A. Memasukkan teman secara langsung:

1. Buka Whatsapp-mu, buka Grup Whatsapp yang telah kamu buat.

2. Jika sudah, tap pada nama grup yang ada di bagian atas ruang obrolan.

3. Pada bagian pojok kanan atas, tap logo orang dengan tanda tambah di kirinya.
Cara membuat grup di WA 06

4. Cari dan pilih kontak yang ingin kamu masukan ke grupmu.
Cara membuat grup di WA 07  Cara membuat grup di WA 08



5. Jika sudah, pilih centang hijau di pojok kanan bawah.
Catatan: Cara ini cocok kamu lakukan jika kamu tidak membutuhkan persetujuan dari temanmu.

B. Memasukkan teman dari link "Join Whatsapp"

1. Buka Whatsapp-mu, buka Grup Whatsapp yang telah kamu buat.

2. Tap nama grup kamu.

3. Scroll ke bawah sedikit, tap "Invite via Link".
Cara membuat grup di WA 09

4. Kamu bisa mengirimkan link tersebut dari chat Whatsapp, tetapi kamu juga bisa meng-copy link tersebut dan mempaste di aplikasi yang kamu inginkan.

Catatan: Cara ini cocok kamu lakukan jika kamu ingin memasukkan temanmu ke grup whatsapp-mu  dengan persetujuan mereka. Jika mereka menyetujui untuk bergabung dengan grupmu, kamu bisa menyuruh mereka untuk mengklik link tersebut, jika tidak, kamu bisa menyuruh temanmu untuk mengabaikan link tersebut.

 2. Cara Menjadikan Temanmu Sebagai Admin

Jika grupmu hanya berisikan sedikit orang dan kamu bisa mengaturnya sendiri, kamu bisa menjadikan informasi ini sebatas pengetahuan. Namun, jika kamu sudah kewalahan dengan banyaknya anggota grup dan kamu tidak bisa mengaturnya sendiri, kamu bisa menambah admin grup kamu. Caranya pun cukup mudah

1. Buka Grup Whatsappmu.

2. Pada bagian anggota grup, pilih kontak yang ingin kamu jadikan admin, tekan dan tahan 2-5 detik nama kontak temanmu.

3. Selanjutnya pilih Jadikan admin grup.
Cara membuat grup di WA 10  Cara membuat grup di WA 11  Cara membuat grup di WA 12

3. Mengubah Nama, Icon, dan Deskripsi Grup

Cara membuat grup di WA 13

Jika kamu ingin mengubah nama Grup Whatsapp-mu, kamu bisa memilih logo pensil yang ada di sebelah kanan nama grup Whatsapp-mu. Masukkan nama baru yang ingin kamu gunakan, jika sudah tap OKE.

Tidak berbeda jauh dari mengubah nama grup, untuk mengubah icon grup, tap icon grup yang sekarang. Pilih logo pensil yang ada di pojok kanan atas. Kamu bisa menggunakan foto yang sudah ada di galeri kamu, pilih foto yang kamu kehendaki. Selanjutnya pilih Selesai. 
Cara membuat grup di WA 14  Cara membuat grup di WA 15  Cara membuat grup di WA 16
Untuk menambahkan deskripsi grup, langsung saja tap Tambah Deskripsi. Isi/deskripsikan grup Whatsapp-mu di kolom yang telah disediakan, jika sudah, pilih OKE.
Cara membuat grup di WA 17

Maka, informasi grupmu akan berubah.
  Cara membuat grup di WA 19  Cara membuat grup di WA 19


Kelebihan Grup Whatsapp

1. Kamu bisa berdiskusi Online. Dengan hadirnya grup Whatsapp, kamu bisa berkomunikasi dengan teman-temanmu secara online. Tidak hanya berkomunikasi dengan 1 orang, kamu bisa saling berkomunikasi lebih dari 2 orang.

2. Penyebaran informasi secara cepat, dan praktis. Jika kamu memiliki satu tujuan yang sama untuk membuat grup Whatsapp, kamu bisa mengirimkan sekaligus menerima informasi dengan sangat cepat. Sebagai contoh, jika kamu ingin mengajak berkumpul anggota grup kamu, kamu bisa membuat berdiskusi di grup kamu untuk menentukan titik kumpul.

Kekurangan Grup Whatsapp

1. Banyak kabar burung/hoax. Jika kamu tidak berhati-hati, grup Whatsapp-mu bisa menjadi salah satu sumber kabar yang belum jelas kebenarannya. Jadi, kamu harus berhati-hati dalam menyaring berbagai informasi.

Cukup mudah bukan? Kamu bisa mengelola grup Whatsapp sesuka hatimu.

Sebagai pemilik sekaligus admin grup, kamu juga memiliki tanggung jawab dalam hal penyebaran berita, ada baiknya kamu mewajibkan anggota-anggotamu untuk menyaring sebelum men-sharing-kan yang ada di grup kamu. Harapannya, grup Whatsapp-mu menjadi grup Whatsapp yang sehat, yang menyebarkan kebenaran, bukan malah menyebarkan berita bohong/hoax.

Jika kamu mengalami kebingungan, kamu bisa meninggalkan komentarmu di kolom komentar, jangan lupa membagikan artikel ini! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
SINAUSE.ID Mengucapkan Selamat Idulfitri 1441 H. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.🙏 🙏 🙏
Done