News Update
Loading...

Minggu, 10 November 2019

Cara Mengatasi Notifikasi Pesan WA Tidak Bunyi, Tidak Muncul

Notifikasi Pesan WA Tidak Bunyi,-thumbnail


Pernahkah kamu mendapatkan pesan Whatsapp, tetapi notifikasi Whatsapp tidak bunyi? Pasti rasanya aneh. Mungkin kamu sedang membicarakan hal yang penting, tetapi tidak ada pemberitahuan secara khusus, pasti rasanya geregetan sendiri.

Nah, bagi kamu yang pernah mengalami kejadian seperti di atas, pertama yang perlu kamu lakukan adalah bersabar, jangan sampai kamu terbawa emosi, lalu membanting HP-mu, hehehe, mohon maaf kalau hiperbola.

Nah, jika kamu sudah bersabar, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini, mungkin karena beberapa hal ini kamu tidak mendapatkan notifikasi WA.

Oiya, sebelum melangkah lebih jauh, coba kamu update Whatsappmu ke versi terbaru. Kamu bisa mengunduhnya dari Google Play Store dengan cara buka Google Play Store, tap kotak pencarian, ketika Whatsapp, lalu update ke versi yang terbaru, atau jika ingin lebih mudah, langsung klik link ini.

1. Cek Koneksi Internet

Kondisi

Kamu tidak mendapatkan notifikasi (mungkin) karena kamu tidak menerima pesan, atau notifikasi tidak muncul


Whatsapp adalah aplikasi chatting yang memerlukan koneksi internet, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil.

1. Pastikan HP-mu sedang tidak di mode pesawat atau airplane mode, jika HP-mu masih di mode pesawat, kamu tidak akan bisa mendapatkan notifikasi whatsapp, bahkan kamu tidak bisa mendapatkan pesan-pesan dari teman-temanmu.

2. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil atau lancar. Kamu bisa mengecek kuota kartumu terlebih dahulu, jika kamu masih mempunyai kuota, aktifkan paket datamu dengan membuka control panel, dan aktifkan paket data seluler. 

Kamu juga bisa mengkatifkan Wi-Fi hpmu, tapi perlu diingat juga, pastikan Wi-Fi di sekitarmu memiliki koneksi internet. Jika kamu sudah terhubung ke Wi-Fi, tetapi Wi-Fi tersebut tidak memiliki koneksi internet, ya, sama saja kamu tidak terhubung ke server Whatsapp.

Notifikasi Pesan WA Tidak Muncul,1
Matikan Airplane Mode, aktifkan Wi-Fi atau paket Data seluler

3. Pastikan kamu mengizinkan Whatsapp untuk mengakses internet, buka Setting - Dua cards and mobile network - Data Connect Permission - Enable Whatsapp

2. Cek Pengaturan

Jika kamu sudah memastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil, coba perhatikan settingan atau konfigurasi yang ada di hpmu.


Kondisi I

Jika kamu mendapatkan pesan Whatsapp tetapi notifikasi WA tidak bunyi


1. Coba cek, apakah kamu sedang di mode getar/silent atau tidak. Jika kamu ingin mendapatkan nada notifikasi dari temanmu, pastikan kamu menaikkan volume suara hpmu dengan cara tekan tombol volume ke atas. 

2. Kamu juga perlu mengecek, apakah kamu sedang berada di mode jangan ganggu atau tidak. Pastikan kamu sedang tidak berada di mode jangan ganggu. Jika kamu sedang di mode jangan ganggu, matikan mode jangan ganggu/do not distrub.

3. Coba ubah nada/suara notifikasi Whatsapp, caranya buka pengaturan notifications Whatsapp, buka Whatsapp - titik tiga di pojok kanan atas - Setting - Notifications - Notifications Tone - pilih nada notifikasi sesuai seleramu, tapi jangan memilih "none".

Notifikasi Pesan WA Tidak Muncul,2
Tap Notifications

Notifikasi Pesan WA Tidak Muncul,4
Ganti Nada dering 
Notifikasi Pesan WA Tidak Muncul,5
Pilih nada dering sesuai seleramu

4. Jika dilihat dari segi hardware, pastikan speakermu tidak bermasalah, coba putar musik dari pemutar musik. Jika ternyata kamu sudah play musik, tetapi tetap tidak muncul suara, kemungkinan yang bermasalah adalah hardware speakermu.


Kondisi IIKamu sama sekali tidak mendapatkan notifikasi Whataspp, tetapi ketika kamu membuka aplikasi Whatsapp, terdapat beberapa pesan baru.


1. Pastikan kamu memberi izin aplikasi Whatsapp untuk menampilkan notifikasi Whatsapp. Buka Pengaturan - Aplikasi - Whatsapp - Notifications. Centang pada bagian Allow Notification dan allow semua yang berada di bawahnya.

Notifikasi Pesan WA Tidak Muncul6
Allow Notifications

2. Ada baiknya untuk mengecek pengaturan notifikasi di Whatsapp dengan cara buka Whatsapp - titik tiga di pojok kanan atas - Notifications - lalu tap Use High priority Notifications.

Notifikasi Pesan WA Tidak Muncul 7
Tap Use High Priority

3. Coba Reset app Preferences, caranya buka pengaturan - aplikasi - tap Reset App Preference, setelah itu kamu akan diminta untuk mengatur ulang, termasuk izin-izin terkait aplikasi, izinkan notifikasi Whatsapp.

4. Kamu juga bisa coba untuk mengunci aplikasi Whatsapp agar tetap Run in Background (tetap berjalan meski kita sedang tidak membuka aplikasi Whatsapp). Kamu bisa membuka Recent App - lalu swipe down aplikasi Whatsapp. Maka akan muncul icon gembok di pojok kanan atas.

Notifikasi Pesan WA Tidak Muncul 8
Mengunci Aplikasi Whatsapp

Kondisi IIIKamu mendapatkan notifikasi dari teman-temanmu, tetapi kamu tidak mendapatkan notifikasi dari satu kontak atau grup tertentu.


1. Buka Whatsapp, lalu buka percakapan dengan kontak yang tidak muncul notifikasi di hpmu. Selanjutnya, tap titik tiga di pojok kanan atas, pilih unmute Notifications.

Notifikasi Pesan WA Tidak Muncul 9
Unmute teman/grup WA

Kira-kira seperti itu beberapa alasa mengapa notifikasi Whatsapp tidak muncul dan cara mengatasinya. Jika kamu masih bingung atau mendapatkan kondisi berbeda dari ketiga kondisi itu, kamu bisa mengisi di kolom komentar, ya! Semoga bermanfaat!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done