News Update
Loading...

Sabtu, 09 November 2019

Cara Membuat Instastory di Instagram Kekinian (Terbaru 2019)

Cara membuat Instastory di Instagram

Panduan lengkap untuk membuat snapgram atau story atau yang lebih kita kenal dengan Instastories di Instagram. Fitur story atau snapgram atau yang lebih sering kita sebut sebagai instastory di Instagram adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Instagram. Menurut Detik Tekno, sejak Juni 2018 InstaStory menembus angka 500 juta pengguna setiap harinya. Jumlah yang mencengangkan bukan?

Instastory sendiri adalah salah satu fitur yang disedikan oleh Instagram untuk membagikan foto atau video kepada followers atau pengikutmu. Berbeda dengan membagikan post di Instagram, Instastory ini ada batasan waktu, Insta Story yang kamu buat hanya akan muncul 1 hari atau 24 jam sejak kamu membagikannya.

Kamu bisa membagikan foto/video aktivitasmu melalui fitur Instastory ini. Selain itu, kamu juga bisa membagikan kutipan atau quotes of today sebagai penyemangat harimu atau penyemangat hari followersmu. Jika kamu seorang penjual di online shop, kamu bisa memanfaatkan Insta Story ini sebagai media iklan ke followersmu.

Jika kamu merasa membagikan Instastory ke seluruh followers/pengikutmu adalah hal yang terlalu berlebihan atau takut orang lain mengetahui privasimu, kamu juga bisa membagikan Insta Story ke teman-teman dekatmu.

Bedanya membagikan Insta Story dan membagikan Insta Story kepada Close Friend apaan? Jika kamu membagikan postingan ke teman dekatmu, otomatis hanya teman-teman dekatmu (teman-teman yang sudah kamu masukkan dalam list Close Friend) yang bisa menikmati Insta Storymu.

Sedangkan dengan membagikan Insta Story secara biasa, seluruh followersmu bisa mengetahui isi dari Instastory-mu. Nah, bagi kamu yang baru saja daftar Instagram dan masih bingung cara membuat instastory, simak cara di bawah ini.

Cara Membuat Instastory

Hal pertama yang perlu dicatat, pastikan kamu sudah memiliki akun Instagram, jika kamu belum punya, kamu bisa membaca artikel cara mendaftar akun Instagram.

1. Buka aplikasi Instagram, kamu bisa mengunduhnya melalui Google Play Store dengan klik link ini.

2. Langkah selanjutnya adalah masuk ke akun Instagrammu dengan mengisi nama username dan password, lalu klik Login. Maka kamu akan dibawa ke halaman beranda Instagram.

3. Selanjutnya, tap icon kamera yang terdapat di pojok kiri atas halaman beranda Instagram. Kamu juga bisa tap pada bagian Cerita anda untuk membuat InstaStory.

4a. Untuk membuat InstaStory berupa foto, kamu cukup mengarahkan kamera ke obyek yang ingin kamu masukkan di Instastory, lalu tap lingkaran putih di tengah layar. Kamu juga bisa memilih foto dari galeri dengan tap foto yang ada di pojok kiri bawah lalu cari foto yang ingin kamu bagikan sebagai Instastory.
Cara membuat Instastory di Instagram
Tap lingkaran putih untuk mengambil gambar

4b. Jika kamu ingin membuat InstaStory dengan video, kamu bisa menahan tap pada lingkaran putih di tengah layar. Oiya, Instastory hanya bisa memuat videomu maximal 15 detik, jadi, jangan lebih dari itu, ya.

Jika kamu ingin membagikan Instastory dengan video lebih dari 15 detik, ada baiknya kamu memilih video dari galerimu dengan cara tap foto yang ada di pojok kiri bawah layarmu, selanjutnya cari video yang kamu inginkan. Namun, dengan cara seperti ini, videomu yang berdurasi lebih dari 15 detik akan terpotong beberapa bagian, per bagian hanya 15 detik.

Mengedit Insta Story agar Lebih Keren dan Kekinian

Setelah kamu memiliki foto yang akan kamu jadikan Instastory, kamu bisa mengeditnya agar lebi keren dan tampak kekinian.

Cara yang paling mudah untuk mengedit calon Insta Story melalui aplikasi Instagram itu sendiri. Namun, dari Instagram hanya bisa mengedit dengan menambahkan garis, teks, dan sticker.

Cara membuat Instastory di Instagram
Urut dari kanan ke kiri, font, garis, sticker, dan filter

Untuk menambahkan:

1. Teks, kamu bisa menggunakan icon Aa
a. Kamu bisa menambahkan tulisan di foto/videomu.
b. Selain menambahkan tulisan, kamu juga bisa menandai akun Instagram temanmu dengan cara tulis nama username temanmu dengan manambahkan @ di depannya. Misalnya, username akun Instagramku sinause.id, untuk menandai akunku, tambahkan teks dengan tulisan tanda baca @ menjadi @sinause.id.

c. Kamu bisa mengganti warna tulisanmu dengan tap warna-warna yang berada di bawah layar. Jenis font yang kamu gunakan pun dapat kamu ubah dengan tap tulisan yang berada di tengah layar.

d. Kamu juga bisa memberi background tulisanmu dengan tap icon kotak dengan huruf A di tengahnya. Namun, tidak semua jenis font mendukung adanya perubahan/penambahan background pada tulisan.

Cara membuat Instastory di Instagram
Anak panah putih untuk mengganti background
anak panah merah untuk mengganti jenis font

2. Garis, kamu bisa menggunakan icon garis di samping icon Aa
a. Untuk mengganti warna garis, gunakan warna yang berada di bawah layar.
b. Kamu juga bisa mengganti jenis garis yang hendak kamu gunakan dengan tap macam-macam pensil, kamu bisa memilih sesuai dengan seleramu.

Cara membuat Instastory di Instagram
Jenis-jenis model garis, dan mengubah warna

3. Sticker, untuk menggunakan sticker, tap icon sticker, nah, di sini kamu bisa membuat polling kuis, yes/no kuis, menambahkan lokasi, menambah jam, hitung mundur (countdown), bahkan menambahkan suhu di sekitarmu, dan masih banyak lainnya.

Cara membuat Instastory di Instagram
Jenis-jenis Sticker

4. Filter, menu filter ini digunakan untuk mengubah warna foto atau videomu. Fitur terbaru dari Instagram, kamu bisa menggunakan berbagai filter yang dibuat oleh akun-akun filter creator.
a. Untuk mengubah warna foto/video, kamu bisa langsung dari foto dengan swipe ke kiri atau ke kanan dalam foto, otomatis foto/video berubah warna.
b. Jika kamu ingin menggunakan filter-filter terbaru yang disediakan Instagram, kamu harus update Instagrammu terlebih dahulu. Setelah update aplikasi Instagrammu, kamu bisa membuat Instastory kekinian dan keren banget.

Cara membuat Instastory di Instagram
Contoh tampilan Filter Instagram

Bagikan ke Teman-temanmu

Jika kamu merasa sudah yakin dengan apa yang ingin kamu bagikan, langsung saja pilih Kirim Ke selanjutnya pilih Cerita Anda.

Selesai, kamu telah membuat instastory di Instagram.

Nah, itu tadi cara untuk membuat Instastory di Instagram, mudah bukan? Jika kamu ingin lebih kekinian, kamu bisa membuat instastory game Tebak Gambar di Instagram.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done