News Update
Loading...

Senin, 30 Maret 2020

Cara Menghapus Pesan Whatsapp di Penerima yang Sudah Terkirim Lama

Pernah gak sih kamu salah kirim ketika menggunakan Whatsapp? Kalau aku sih pernah, ehehe. Beberapa kali salah kirim Whatsapp karena kurang fokus, atau pada waktu yang bersamaan, ada banyak sekali yang mengirim pesan Whatsapp padaku. Ngomong-ngomong, kamu juga bisa mengganti notifikasi Whatsapp dari si doi, kamu bisa membaca tulisan cara mengatur notifikasi khusus di Whatsapp di tautan ini.

cara menghapus chat wa di penerima

Jika kamu mengalami hal yang serupa denganku, kamu harus tetap tenang, karena Whatsapp sudah menyediakan fitur hapus pesan. Beruntung jika temanmu belum membaca pesanmu, tetapi apa jadinya jika temanmu sudah membacanya, dan kamu baru tersadar setelah sekian lama bahwa kamu salah kirim? Malu-malu gimana gitu kan? Apalagi kalau pesan yang terkirim mengandung unsur kemesraan, atau tidak ada hubungannya dengan orang tersebut, ehehe.

Beberapa waktu yang lalu, ada yang bertanya padaku, bagaimana cara menghapus pesan Whatsapp yang sudah terkirim lama? Sejenak aku mencari-cari cara di mesin pencarian Google, memang hasilnya banyak yang merekomendasikan sebuah cara sederhana. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah cara itu masih bisa diterapkan?

Sebelum masuk ke inti pembahasan itu, pasti kamu juga sudah tahu 'kan cara menghapus pesan Whatsapp yang sudah terkirim? Jika belum tahu, tenang, kamu bisa menyimak tulisan di bawah ini.

Bagi kamu yang ingin langsung menuju inti pembahasan mengenai menghapus pesan Whatsapp yang sudah lama terkirim, kamu bisa klik poin no 2 pada Daftar Isi yang ada dalam Spoiler.

Cara Menghapus Pesan Whatsapp yang Sudah Terkirim

Sebagai catatan, cara ini bisa dilakukan untuk menghapus pesan di personal chat ataupun di Whatsapp Group. 

1. Buka aplikasi Whatsapp, kemudian pilih pesan yang ingin kamu hapus.

2. Ketuk, dan tahan pesan yang ingin kamu hapus sampai muncul menu tambahan di bagian atas.
menghapus chat wa di penerima
Pilih dan tahan 3-4 detik pesan yang ingin kamu hapus

3. Tap icon tempat sampah, selanjutnya akan ada 2 pilihan, pilihan pertama hapus untuk semua orang (delete for everyone) untuk menghapus pesan untuk semua orang (penerima dan kamu). Namun, jika kamu hanya ingin menghapus pesan untuk kamu sendiri, maka silahkan pilih opsi hapus untuk saya (delete for me).

menghapus chat wa di penerima
Pilih icon tempat sampah - Delete for Everyone

4. Selesai. Tampilannya akan seperti di bawah ini.
menghapus chat wa di penerima
Tampilan di HP kita

menghapus chat wa di penerima
Tampilan HP di Whatsapp penerima

Menghapus Pesan Whatsapp yang Sudah Terkirim Lama

Cara sebelumnya adalah cara yang cepat untuk menghapus Whatsapp, tetapi, apa jadinya jika kamu terlambat menyadari, bahwa kamu salah kirim. Di beberapa hasil pencarianku, memang ditawarkan cara untuk menghapus pesan yang sudah lama terkirim. 

Secara sederhana, caranya sebagai berikut, aku sengaja tidak mencantumkan screenshot karena cara ini sudah tidak berfungsi.

1. Mematikan koneksi internet atau bisa juga dengan mode pesawat.

2. Tutup aplikasi Whatsapp (sampai benar-benar tertutup).

3. Masuk di setting, ubah tanggal menjadi lebih 5 menit dari pesan yang ingin kamu hapus (contoh, sekarang pukul 20.00, kamu ingin menghapus pesan yang sudah kamu kirim pukul 18.00, nah, ganti jam di HP menjadi pukul 18.05)

4. Buka pesan yang ingin kamu hapus, klik icon tempat sampah, selanjutnya pilih hapus untuk semua orang.

5. Jika sudah, nyalakan kembali koneksi internet kalian, kembalikan pengaturan jam seperti semula.

Memang di Whatsapp pengirim pesan itu dapat terhapus, tetapi ketika melihat dari HP penerima, pesannya tetap ada, jadi cara ini sudah tidak relevan lagi.

menghapus chat wa di penerima
Tampilan pesan yang terkirim sudah dihapus dari WA Pengirim

menghapus chat wa di penerima
Tampilan pesan yang sudah lama dari WA penerima

Sebagai catatan, kamu hanya bisa menghapus pesanmu untuk semua orang kurang lebih satu jam setelah pesanmu terkirim. Hal ini selaras dengan apa yang ada dalam laman Pusat Bantuan Whatsapp pada menu Menghapus Pesan, di sana dituliskan
Anda hanya memiliki waktu sekitar satu jam setelah mengirim pesan untuk melakukan Hapus untuk Semua Orang.
Kamu bisa membaca tulisan lengkapnya di laman ini bagi pengguna iPhone, atau laman ini bagi pengguna Android.

Jadi, cara yang paling tepat untuk menghapus pesan Whatsapp yang sudah terkirim, hapus pesan sebelum 1 jam. Jika kamu menemukan cara yang masih berfungsi, bagikan di kolom komentar, ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done