News Update
Loading...

Minggu, 15 Maret 2020

Solusi Saat Gagal Mengunduh Gambar WA

Apakah kamu adalah orang yang gemar untuk melihat status Whatsapp orang lain? Jika jawabannya iya, kamu sama sepertiku. Namun, apa jadinya ketika kamu sedang asyik-asyiknya melihat status orang lain, tiba-tiba muncul notifikasi "Pengunduhan gagal. Pengunduhan tidak dapat diselesaikan. Silakan coba lagi nanti."

mengatasi Pengunduhan Gagal di WA

Atau kamu seorang mahasiswa yang sedang banyak mengerjakan tugas kelompok secara online, dan berbagi catatan, tiba-tiba kamu tidak bisa mengunduh gambar yang temanmu kirim. Lagi-lagi muncul notifikasi pengunduhan gagal. Pengunduhan tidak dapat diselesaikan. Silakan coba lagi nanti.

Kenapa Story WA Tidak bisa Diunduh

Sebelum masuk pada pembahasan utama, kita bahas terlebih dahulu penyebab Whatsapp tidak dapat mengunduh atau terjadinya pengunduhan gagal di Whatsapp.

1. Koneksi internet yang kurang stabil.

Meskipun kamu terhubung ke Wi-Fi, atau ke paket data, terkadang hal itu tidak menjamin gawai kita memiliki internet yang stabil. Untuk mengecek apakah kamu terhubung internet yang stabil, kamu bisa mengeceknya dengan mencoba membuka situs dari browser kesayanganmu.

2. Tanggal dan Waktu belum disetel dengan benar

Dari laman Pusat Bantuan Whatsapp, Whatsapp menuliskan ketika tanggal dan waktu kita tidak disetel dengan benar, gawai kita tidak dapat terhubung pada server Whatsapp. Jika tidak terhubung pada server Whatsapp, otomatis kita tidak dapat mengunduh media yang ada di server Whatsapp.

3. Memori Internal yang penuh.

Masalah yang sering dijumpai pada pengguna telepon pintar adalah memori internal yang penuh. Mengunduh media dari Whatsapp memerlukan memori internal kosong. Dengan adanya memori internal yang kosong, kita dapat mencegah pengunduhan gagal di Whatsapp.

4. File sudah kadaluarsa atau dihapus dari server Whatsapp.

File-file yang sudah dikirim oleh temanmu jika tidak segera kamu unduh suatu saat tidak dapat diunduh lagi karena file yang tersimpan di server Whatsapp sudah dihapus secara otomatis. Alangkah baiknya, kamu segera mengunduh file yang dikirim temanmu untuk meminimalisir pengunduhan gagal.



1. Update Aplikasi Whatsapp

cara mengatasi pengunduhan gagal di wa 2
Update Aplikasi Whatsapp

Setiap aplikasi pasti memiliki versi yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, ada beberapa pengembang aplikasi yang membuat pembaharuan aplikasinya secara berkala. Pembaharuan ini pasti bukan tanpa tujuan, semakin diupdate, aplikasi akan mengalami perbaikan. Begitu juga dengan aplikasi Whatsapp, mungkin kamu masih menggunakan aplikasi yang belum diperbaharui. Jadi, pastikan kamu menginstall aplikasi Whataspp versi terbaru.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Whatsapp dengan membuka Playstore atau bisa melalui tautan ini. Jika kamu belum menginstall aplikasi Whatsapp versi terbaru, akan muncul ikon update. Namun, jika tidak ada menu update, artinya kamu sudah mengintall aplikasi Whatsapp versi terbaru.

2. Periksa Koneksi Internet

cara mengatasi pengunduhan gagal di wa 3
Cek Koneksi Internet

Cara ini adalah cara yang paling klasik, memeriksa koneksi internet. Whatsapp adalah aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil, kalau kenceng, itu bonus. Kamu harus memiliki koneksi internet untuk melihat status temanmu.

Alternatif lain, aktifkan mode pesawat selama 5-10 detik, lalu matikan mode pesawat, dan nyalakan lagi paket data atau Wi-Fi. Yang terpenting, pastikan kamu masih memiliki kuota yang cukup atau Wi-Fi yang kamu gunakan masih memiliki akses internet.

3. Izinkan Penyimpanan Aplikasi Whatsapp

cara mengatasi pengunduhan gagal di wa 4
Izinkan Akses Penyimpanan

Pastikan kamu telah mengizinkan aplikasi Whatsapp untuk menyimpan media (baik berupa dokumen, audio, foto, atau video) di memori internal HP-mu. Kamu bisa mengecek sekaligus menyetingnya dengan membuka Setelan - Aplikasi - Whatsapp - Perizinan - Centang Penyimpanan. 

4. Longgarkan Memori Penyimpanan

Atasi Pengunduhan Gagal WA - 4
Bersih-bersih File

Whatsapp membutuhkan Memori Penyimpanan atau biasa kita sebut memory internal untuk menyimpan foto-foto atau video status teman kita. Maka dari itu, coba longgarkan memori penyimpanan di HP-mu. Caranya pun cukup mudah, hapus file-file yang sudah tidak kamu gunakan melalui file manager.

Kamu juga bisa menghemat memori internal atau kuota kamu untuk ber-Whatsapp-ria dengan mengubah pengaturan penyimpanan media secara manual.

5. Restart HP-mu

Atasi Pengunduhan Gagal WA - 5
Mulai ulang HP-mu

Solusi yang lain, coba kamu restart atau mulai ulang HP-mu. Hal ini akan membuat HP-mu memulai ulang semua aplikasi yang ada di HP-mu. Berdasarkan pengalaman pribadiku, dengan merestart HP, aku jadi bisa melihat status Whatsapp yang ada di HP-ku.

6. Bersabar

Atasi Pengunduhan Gagal WA - 6
Setia Menunggu

Ini solusi yang terakhir yang coba aku berikan, yap, bersabar. Tidak menutup kemungkinan Whatsapp mengalami down server seperti beberapa waktu lalu, akibatnya pengguna Whatsapp tidak dapat menerima gambar dan mengirim gambar, atau video, bahkan berkirim pesan pun terkendala.

Selain down server, bisa saja pihak berwenang sedang membatasi akses berbagi media di Whatsapp untuk kepentingan tertentu. Jika sudah seperti ini, solusinya adalah bersabar dan menunggu sampai permasalahan ini diselesaikan oleh pihak berwenang.

Nah, itu semua solusi dari pengunduhan gagal di status WA yan bisa kamu coba, jika kamu memiliki solusi yang lebih ampuh, bagikan di kolom komentar, ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done