b Cara Memprivate Akun Instagram dengan Mudah - SINAUSE.ID
News Update
Loading...

Rabu, 08 April 2020

Cara Memprivate Akun Instagram dengan Mudah

Instagram adalah salah satu media sosial yang sangat populer saat ini. Hampir setiap orang, khususnya para kawula muda, memiliki akun Instagram.

Dengan menggunakan sosial media Instagram, kita bisa membagikan informasi berupa foto atau video dengan sesama pengguna akun Instagram. Secara default atau bawaan, semua orang bisa melihat posting foto atau video yang kamu bagikan di Instagram.

Meskipun demikian, kamu bisa membatasi pengguna Instagram yang melihat posting foto atau videomu dengan mengubah akun Instagrammu menjadi akun private.

Cara Memprivate Akun Intsagram - Thumbnail

Akun private adalah salah satu fitur bawaan Instagram di mana pengguna Instagram lain tidak dapat melihat postinganmu secara bebas. Secara sederhana, hanya orang-orang yang sudah kamu izinkan yang dapat mengakses foto/video yang kamu unggah di akun Instagram.

Mungkin kamu juga sudah sering menemukan akun-akun private. Akun private akan kita jumpai ketika kita belum memfollow akun orang tertentu, kita ingin melihat postingan mereka, tetapi yang muncul hanyalah deskripsi bio, nama, dan icon gembok.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengubah mode akun IG-mu ke akun private, kamu bisa menyimak tulisan di bawah ini.

Cara Memprivate Akun IG


1. Buka aplikasi Instagram dan login dengan akunmu yang ingin kamu private.

2. Pilih garis tiga garis di pojok kanan atas.
Cara Memprivate Akun Instagram 1
Tap garis tiga di pojok kanan atas

3. Pilih opsi Pengaturan.
Cara Memprivate Akun Instagram - 2
Tap Pengaturan

4. Kemudian tap Privasi.
Cara Memprivate Akun Instagram - 4
Tap Privasi

5. Lalu pilih Privasi Akun.
Cara Memprivate Akun Instagram - 5
Tap Privasi Akun

6. Aktifkan Akun Privasi dengan tap "Akun Privasi", jika muncul dialog box untuk meminta persetujuan "Apakah Anda setuju untuk mengubah akun menjadi private?" tap OK
Cara Memprivate Akun Instagram - 6
Tap akun Privat

Cara Memprivate Akun Instagram - 7
Pilih OK

7. Selesai. Akun Instagrammu sudah menjadi akun private.

Jika kamu masih ragu, untuk memastikan, coba pinjam hp temanmu, lalu minta dia untuk membuka akun Instagrammu, lalu tap unfollow. Maka, kamu akan menemukan tampilan akun Instagrammu seperti gambar di bawah ini.

Cara Memprivate Akun Instagram - 8
Tampilan dari Instagram orang yang belum memfollow kita ketika melihat akun IG kita bersifat private

Kelebihan

Dengan berbagai fitur ini, pasti ada kelebihan dan kekurangan. Menurutku ada beberapa kelebihan atau keuntungan dengan menggunakan mengaktifkan akun private, di antaranya,

1. Kamu dapat mengontrol, atau membatasi siapa saja yang dapat memfollow akunmu, karena tidak sembarang orang bisa memfollow Instagrammu, mereka membutuhkan persetujuan darimu. Jadi kamu berhak untuk menolak, membiarkannya, atau menerima permintaan follow terhadap akunmu.

2. Dengan adanya sistem approval ini, jelas kamu bisa membatasi privasimu, karena yang dapat melihat postinganmu, termasuk Instastory-mu hanya orang-orang yang sudah kamu izinkan untuk memfollow akunmu. Jadi, kamu bisa sedikit lebih tenang karena postinganmu tidak akan disalahgunakan.

3. Selain itu, mungkin teman-teman yang sudah kamu terima untuk memfollow akunmu merasa lebih akrab denganmu karena tidak sembarang orang bisa mengikuti akun Instagrammu, jadi akan muncul keakraban yang lebih.

4. Bebas dari spam/komentar yang mengandung promosi. Bagi orang-orang kreatif, sosial media pun dapat dijadikan lahan mencari uang. Nah, biasanya mereka mempromosikan produk mereka dengan meninggalkan komentar di postingan akun Instagram. Dengan adanya pembatasan dan persetujuan darimu untuk melihat postinganmu, jelas bukan sembarang orang yang bisa mengomentari postinganmu.

5. Bebas dari oknum-oknum yang suka menggoda lewat dunia maya, meskipun tidak bisa bebas 100%, tetapi setidaknya dengan akun private ini, kamu bisa meminimalisir risiko postinganmu dikomentari oknum-oknum yang kurang bertanggungjawab.

Kekurangan

Selain kelebihan atau keuntungan, pasti terdapat kekurangan, karena tiada gading yang tak retak.

1. Bagi kamu yang tidak suka ribet, mungkin menggunakan mode akun private kurang cocok karena kamu harus mengonfirmasi apakah orang yang bersangkutan akan kamu izinkan untuk memfollow dirimu atau tidak, intinya kamu harus memfilter siapa yang kamu izinkan untuk menjadi followersmu.

2. Mendapatkan kesempatan menang ikut event akan susah, kebanyakan penyelenggara event (Give away, lomba, paid promote, dll) mengharuskan akun pesertanya bersifat publik (bukan private). Jelas, hal ini pasti karena ini adalah salah satu cara untuk mempromosikan acara mereka dengan akan lebih banyak orang yang melihat event yang mereka selenggarakan. Jika akunmu dibatasi, untuk orang-orang tertentu, pasti kurang optimal dalam menjangkau banyak audiens. Selain itu, pihak penyelenggara mungkin kesulitan untuk mengecek apakah kamu sudah mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku atau belum.

3. Seperti yang sudah kusinggung pada poin kedua, audiens atau penonton dari postinganmu sangat terbatas. Jadi, kamu akan lebih sedikit menginspirasi orang daripada akunmu bersifat publik.

4. Poin terkahir, mungkin sudah tidak zamannya lagi, tetapi ada baiknya kushare juga. Kamu tidak bisa menggunakan jasa tambah followers, likes, atau tambah views. Para penyedia jasa tidak dapat memproses orderanmu jika akun Instagrammu masih diprivate, jadi harus bersifat publik.

Hal-hal yang Mungkin Belum Kamu Ketahui tentang Akun Private IG

Tanya: Apakah orang lain bisa menemukan akun IG saya yang bersifat private? 
Jawab: Orang lain masih bisa menemukan akun IG-mu dengan memasukkan usernamemu, karena dengan akun ini, bukan berarti kamu menghapus akun IG-mu. 

Hanya saja, tampilannya profilmu hanya berisi deskripsi bio, dan icon gembok. Jika kamu ingin menghapus akun IG-mu, kamu bisa menyimak tulisan Cara Menghapus akun IG sementara atau permanaen.

Tanya:  Apakah orang lain bisa menandai saya dalam sebuah postingan?
Jawab: Bisa.

Tanya: Dengan mengubah akun ke akun private, apakah followers yang sekarang akan mengulang dari nol?
Jawab: Tidak, kamu akan tetap memiliki follower yang sebelumnya (beda cerita jika followersmu sengaja unfollow kamu, ya).

Tanya: Apakah suatu saat bisa mengubah ke akun publik lagi?
Jawab: Bisa, pada bagian langkah-langkah, poin keenam, hilangkan centangnya, maka akunmu sudah bersifat publik lagi.

Tanya: Untuk mengubah ke akun private, apakah perlu menginstall aplikasi pihak ketiga?
Jawab: Tidak perlu, karena ini fitur bawaan dari Instagram.


Bagaimana? Kamu sudah memperhatikan berbagai keuntungan, dan kekurangan memprivate akun IG-mu, nah, selanjutnya tinggal kamu putuskan, tetap di akun publik atau beralih ke akun private.

Selamat mencoba!

Share with your friends

2 komentar

  1. Terimakasih atas penjelasannya..ini sangat membantu saya mengenai akun privat instagram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.
      Nantikan tulisan lainnya yang akan membantumu dalam bermedia sosial, ya :)

      Hapus

Notification
SINAUSE.ID Mengucapkan Selamat Idulfitri 1441 H. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.🙏 🙏 🙏
Done