News Update
Loading...

Jumat, 24 April 2020

Cara Menghapus Tag di Instagram

Seperti yang kita tahu, Instagram adalah salah astu sosial media untuk membagikan foto dan atau video dilengkapi berbagai fitur. Mulai dari direct message, multiple post, close friends, Instastory, dan lain sebagainya. Selain itu, kita juga bisa menandai sebuah postingan ke teman kita, begitu juga sebaliknya. Teman kita bisa menandai kita dengan postingan mereka.

Terkadang, postingan yang menandai kita itu tidak atas seizin kita, atau kadang berisi foto rahasia kita atau aib kita. Mungkin beberapa dari kamu akan merasa malu, atau sungkan ketika harus memamerkan foto tersebut bagi publik.

Cara Menghapus Tag di Instagram

Foto atau postingan yang ditandai itu, bisa kamu sembunyikan dari profil Instagrammu. Sebanarnya ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan postingan (foto atau video) yang menandai kamu. Kamu bisa menggunakan fitur akun private Instagram, dan kamu juga bisa menggunakan fitur hapus postingan yang menandai saya.

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara yang kedua karena aku pernah membagikan cara memprivate akun Instagram, dan kamu bisa mengeceknya di tulisan Cara Memprivate Akun Instagram. Bagi kamu yang sudah penasaran, ikuti langkah di bawah ini.

A. Cara Menghapus Tag di Instagram

Untuk menghapus postingan yang menandai kamu, ada dua cara yang bisa kamu lakukan, kamu bisa menghapusnya secara permanen, atau menghapusnya sementara saja. Kamu juga tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, kamu cukup menggunakan aplikasi Instagram yang bisa kamu unduh di Google Play Store, karena fitur ini adalah fitur bawaan dari Instagram.

  • Menghapus Tag di Instagram untuk sementara
Fitur ini adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk menghapus Tag di Instagram, tetapi lebih tepatnya untuk menyembunyikan postingan yang menandai kamu karena kamu bisa mengembalikannya lagi di profilmu.

1. Buka aplikasi Instagram dan login menggunakan akunmu.

2. Masuk ke halaman profilmu, selanjutnya tap icon orang.
Cara Menghapus Tag di Instagram

3. Pada halaman tersebut, kamu bisa melihat berbagai foto yang menandai kamu.

4. Pilih foto yang ingin kamu hapus tag-nya, selanjutnya Tap titik tiga.

5. Pilih sembunyikan Opsi.
Cara Menghapus Tag di Instagram

6. Selanjutnya, tap Sembunyikan dari Profil Saya.
Cara Menghapus Tag di Instagram

7. Selesai. Kamu sudah berhasil untuk menghapus tag di Instagram untuk sementara waktu.

  • Menghapus Tag di Instagram untuk Selamanya
Cara ini dapat kamu gunakan untuk menghapus tag di Instagram untuk selamanya, berbeda dengan cara pertama, ketika kamu menggunakan cara ini, kamu tidak bisa lagi menampilkan postingan yang sudah kamu hapus di halaman profilmu. Tak hanya itu, ketika kamu mempraktikkan cara ini, tag akunmu yang ada di postingan temanmu, akan hilang. 

Maksudnya gimana? Misalnya, si Entong posting foto, dan menandai kamu, secara otomatis, postingan Entong akan masuk di halaman profilmu. Ketika kamu mempratikkan cara ini, kamu sudah menghapus tag di postingan si Entong. Jadi, otomatis di postingan Entong tidak ada namamu lagi, dan postingan Entong tidak muncul di profilmu.

Caranya tak kalah mudah, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Instagram, dan login menggunakan akunmu.

2. Tap profil, dan buka menu foto yang menandai kamu.

3. Pilih foto, dan tap titik tiga di pojok kanan atas.

4. Tap Sembunyikan Opsi.

5. Pilih Hapus Postingan dari Saya.
cara menghapus tag di instagram (8)

6. Selesai, kamu sudah berhasil menghapus Tag di Instagram untuk selamanya.

Sebelum kamu mempraktikkan cara ini, pastikan kamu sudah yakin bahwa postingan yang kamu pilih tidak ingin kamu tampilkan di halaman profilmu.

  • Menghapus Tag di Instagram Sekaligus
Cara ketiga yang aku tawarkan ini bagi kamu-kamu yang ingin menghapus tag Instagram sekaligus, misalnya kamu ingin menghapus 3 foto sekaligus dengan cepat. Nah, kamu bisa mempraktikkan cara di bawah ini.

1. Buka aplikasi Instagram, dan login dengan akunmu.

2. Masuk ke menu profil, dan tap garis tiga di pojok kanan atas, pilih Pengaturan.
Cara Menghapus Tag di Instagram

3. Selanjutnya tap Privasi, lalu tap Tagar.
Cara Menghapus Tag di Instagram


4. Untuk menghapus tag sekaligus, tap edit, selanjutnya pilih postingan yang ingin kamu hapus.

5. Setelah selesai, tap sembunyikan jika kamu ingin ingin menghapus secara sementara, atau tap hapus jika kamu ingin menghapus tag tersebut untuk selamanya.
Cara Menghapus Tag di Instagram

Selesai, foto yang menandai kamu, sudah tidak muncul lagi di halaman profilmu. Jika kamu masih kebingungan untuk menghapus Tag di Instagram, kamu bisa menonton video di bawah ini.



B. Cara Mengembalikan Tag di Instagram yang Sudah Kita Hapus

Bagi kamu yang mungkin suatu saat rindu, dan ingin mengembalikan lagi foto yang menandaimu di postingan Instagram, kamu bisa mengembalikannya lagi di halaman profilmu. Namun, untuk mengembalikan postingan yang tag kamu dan sudah kamu hapus, kamu harus ingat username temanmu yang tag-nya sudah kamu hapus, dan sebelumnya kamu memilih opsi Sembunyikan dari Profil Saya, bukan Hapus Postingan dari Saya.

1. Buka Instagram, dan login menggunakan akunmu.

2. Cari profil temanmu, dan tap foto yang waktu itu pernah ditandai ke akunmu.

3. Selanjutnya, pilih titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

4. Pilih Sembunyikan Opsi, tap Tampilkan di Profil.
Cara Menghapus Tag di Instagram

Cara Menghapus Tag di Instagram

5. Selesai, kamu sudah bisa melihat lagi postingan temanmu yang tag kamu di halaman profilmu.

C. Kendalikan Siapa Saja yang Bisa Menandai Kamu dalam Sebuah Postingan

Memang, menurut Instagram pada laman bantuannya, siapa pun dapat menandai kamu dalam sebuah postingan, baik itu foto maupun video. Namun, Instagram juga sudah menyediakan fitur untuk memilih postingan yang bisa menandai akunmu.

Maksudnya gimana? Misalnya, si Encung ingin menandai akunmu dalam sebuah postingan Instagram, si Encung sudah menandai atau memberimu tag, secara bawaan, tag itu langsung masuk di profilmu. Namun, menggunakan fitur ini, kamu bisa memilih postingan mana saja yang kamu bolehkan tampil di profilmu. Kamu bisa menggunakan menu privasi, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini

1. Buka Instagram, dan masuk di halaman profilmu, tap garis tiga, dan pilih pengaturan.

2. Pilih Privasi, lalu tap tagar.

Cara Menghapus Tag di Instagram

3. Centang pada Setujui Tanda Secara Otomatis.
Cara Menghapus Tag di Instagram

Bagi kamu pengguna laptop atau PC, kamu juga bisa mengatur fitur ini melalui laptopmu. Jadi kamu tidak perlu minder, atau berkecil hati, hehe. Oiya, cara ini juga bisa kamu gunakan jika kamu tidak mengintall aplikasi Intagram, tetapi login meggunakan browser HP-mu.

1. Buka browsermu, selanjutnya buka https://www.instagram.com dan login menggunakan akunmu.

2. Masuk di menu profil, dan klik icon gerigi di samping profilmu, klik Privacy and Security.
Cara Menghapus Tag di Instagram

3. Selanjutnya, scroll ke bawah, di bawah menu Photos of You, centang Add Automatically.
Cara Menghapus Tag di Instagram


Dengan mengaktifkan menu ini, kamu bisa menyortir siapa saja yang dapat memberi tag pada akunmu. Memang, ketika ada yang menandai kamu dalam sebuah postingan, kamu masih mendapatkan notifikasi, tetapi tidak langsung muncul di profilmu, kamu harus mengambil tindakan terlebih dahulu, ingin ditampilkan, disembunyikan atau dihapus.

Caranya, buka aplikasi Instagram, masuk menu pengaturan Profil - Privasi - Tagar - Tap Edit, pilih postingan yang ingin kamu ambil tindakan, selanjutnya, tap tampilkan, jika kamu ingin menampilkan di profilmu, tap sembunyikan jika ingin menyembunyikan dari profilmu, atau tap hapus jika kamu tidak ingin menampilkan postingan tersebut di profilmu.

D. Kesimpulan

Kamu bisa memilih salah satu dari ketiga cara pada bab A. Pada dasarnya sama, sama-sama untuk menghilangkan atau menghapus tag di Instagrammu. Jika kamu memilih menyembunyikan, artinya kamu bisa memunculkannya kembali, jika kamu memilih untuk menghapus, kamu tidak dapat memunculkannya kembali akunmu.

Bagi kamu yang ingin menghapus tag yang sangat banyak, dan cepat, kamu bisa memilih cara pada poin ketiga di bab A. Instagram juga sudah menyediakan fitur untuk menyortir siapa saja yang bisa menandai kamu, jika kamu ingin menggunakan fiturnya, kamu bisa mempraktikkan bab 3. Intinya, semua sesuai kebutuhanmu.

Sekian tulisan Cara menghapus tag di Instagram. Selamat mencoba, dan bagikan pengalamanmu di kolom komenter, ya! Jangan lupa bagikan tulisan ini agar temanmu juga tau apa yang kamu tahu!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done