News Update
Loading...

Jumat, 01 Mei 2020

6+ Cara Menghemat Kuota Instagram

Pernah enggak sih kamu kepikiran berapa kuota yang kamu habiskan untuk berselancar di Instagram? Sebagai aplikasi sosial media yang berisi foto dan video, pastinya akan banyak menyedot kuota, kan? Terlebih bagi kamu yang sampai saat ini, tetap bertahan untuk di rumah aja.

Media sosial yang satu ini, memang termasuk media sosial yang populer dimainkan entah di pagi, siang, sore hari. Namun, karena isinya foto dan video, pastinya kuotamu akan banyak tersedot. Pada tulisan ini, akan kubagikan beberapa tips atau cara untuk menghemat kuota Instagram.

Cara Menghemat Kuota Instagram

Untuk menghemat kuota Instagram, kamu bisa mempraktikkan salah satu dari sekian cara yang kutawarkan ini. Jika hasilnya ingin lebih maksimal, gunakan beberapa tips di bawah ini.

1. Aktifkan Hemat Kuota dan Mengurangi Resolusi

Mungkin masih banyak dari kalian yang belum tahu resolusi postingan di Instagram bisa diperkecil. Fitur ini adalah fitur bawaan Instagram yang bisa kamu praktikkan untuk menghemat kuota Instagram.

1. Buka Instagram, lalu buka menu profilmu dengan tap ikon avatar di pojok kanan bawah.

2. Selanjutnya Tap garis tiga yang ada di pojok kanan atas, tap Pengaturan.
Cara Menghemat Kuota Instagram

3. Kamu akan melihat banyak menu untuk mengatur akunmu, selanjutnya tap Akun.
Cara Menghemat Kuota Instagram
Tap Akun

4. Cari dan pilih menu Penggunaan Data Seluler.
Cara Menghemat Kuota Instagram
Penggunaan Data Seluler

5. Kemudian aktifkan atau centang Penghemat Data.
Cara Menghemat Kuota Instagram
centang Penghemat Data

6. Untuk hasil yang optimal, perkecil resolusi postingan di Instagram dengan tap Media Beresolusi Tinggi, pilih Wi-Fi Saja.
Cara Menghemat Kuota Instagram
Pilih Wi-Fi saja, atau Tidak Pernah

Keterangan dari beberapa menu tersebut:
a. Tidak pernah artinya Instagram tidak akan menampilkan postingan dengan resolusi tinggi.
b. Wi-Fi saja berarti Instagram hanya menampilkan postingan dengan resolusi tinggi ketika kamu membuka Instagram dengan koneksi Wi-Fi.
c. Seluler + Wi-Fi berarti Instagram akan menampilkan postingan dengan resolusi tinggi, entah kamu menggunakan paket data maupun Wi-Fi.

Sebagai catatan, dengan mengaktifkan kedua fitur ini (baik Penghemat Kuota, maupun Resolusi Tinggi), kamu akan sedikit terganggu dengan tampilan postingan temanmu yang sedikit buram atau banyak noise. Maklum saja, dengan mengaktifkan kedua fitur ini, Instagram otomatis akan mengurangi resolusi foto/video postingan.

Kamu tak perlu khawatir, jika tak puas dengan tampilan yang lebih banyak noise-nya, kamu bisa berselancar di Instagram menggunakan Wi-Fi atau menonaktifkan lagi menu Penghemat Data.

2. Lakukan Pembatasan Penggunaan Instagram

Fitur baru yang belum lama dikeluarkan oleh Instagram ini juga bisa kita manfaatkan untuk menghemat kuota Instagram. Fitur ini berfungsi untuk membatasi penggunaan Instagram dalam sehari, untuk membatasi penggunaan Instagram kamu bisa menggunakan fitur Aktivitas Anda atau Your Activity.

Apa hubungannya pembatasan penggunaan Instagram dengan menghemat kuota? Ketika kamu membuka Instagram, pasti akan memuat atau menampilkan banyak sekali foto atau video, coba kamu pergi ke explore, berapa video yang otomatis terputar? Atau ketika kamu menjelajah halaman beranda, berapa postingan yang kamu lihat?

Semakin lama kamu membuka Instagram, melihat-lihat beranda, atau menjelajahi explore, pastinya akan semakin banyak foto/video yang kamu tonton, otomatis, kuota yang digunakan pasti semakin banyak. Jadi, dengan membatasi penggunaan Instagram, kuota yang kamu gunakan untuk melihat-lihat gambar atau video akan berkurang.

Selain membatasi penggunaan Instagram, fitur Aktivitas Anda memungkinkan kamu untuk melihat rata-rata penggunaan aplikasi Instagram per hari. Untuk menghemat kuota Instagram menggunakan menu Aktivitas Anda, kamu bisa mempraktikkan cara di bawah ini.

1. Buka Instagram, lalu masuk ke halaman profilmu, lalu tap icon garis tiga yang ada di pojok kanan atas.

2. Selanjutnya Tap Aktivitas Anda atau Your Activity.
Cara Menghemat Kuota Instagram
Tap Aktivitas Anda

3. Instagram akan menampilkan data berbentuk diagram batang yang berisi durasi berapa lama kamu berselancar di Instagram menggunakan akunmu.

4. Selanjutnya, tap menu Setel Pengingat Harian, pilih durasi yang ingin kamu gunakan untuk bermain Instagram dalam sehari.


5. Jika sudah yakin, tap Atur Pengingat.
Cara Menghemat Kuota Instagram
Pilih durasi, dan tap Atur Pengingat

Seperti yang sudah kujelaskan sebelumnya, durasi waktu ini per hari ya. Misalnya kamu membatasi selama 15 menit, ketika kamu sudah bermain Instagram selama 15 menit dalam sehari, kamu akan mendapatkan notifikasi yang menyatakan kamu sudah bermain Instagram selama 15 menit dalam sehari, contohnya seperti di bawah ini.
Cara Menghemat Kuota Instagram
Contoh Pengingat Pembatasan Penggunaan Instagram

3. Cara Menghemat Kuota Instagram dengan Ekstrem

Kupikir dengan mempraktikkan kedua cara pada bab di atas sudah akan manjur atau setidaknya kamu sudah menghemat kuota Instagram. Namun, jika kamu merasa dua cara itu belum cukup manjur, kamu bisa mempraktikkan cara-cara ekstrem yang aku tawarkan. 

a. Matikan Data Latar Belakang

Selain menyedot kuota ketika kamu membuka-buka Instagram, Instagram juga menyedot kuotamu ketika kamu tidak membukanya. Maka dari itu, kamu bisa mematikan penggunaan kuota di latar belakang melalui setting.

1. Buka aplikasi Pengaturan atau Setting.

2. Pilih Aplikasi, kemudian pilih Instagram, lalu tap penggunaan Data.
Cara Menghemat Kuota Instagram
Tap Penggunaan Data

3. Nonaktifkan Data Latar Belakang dengan tap menu tersebut.
Cara Menghemat Kuota Instagram
Non Aktifkan Data Latar Belakang

Ketika kamu menonaktifkan data latar belakang, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi-notifikasi seperti Direct Message, followers baru, komentar baru, dan lain sebagainya. Kamu akan mendapatkan beberapa notifikasi tersebut ketika kamu membuka aplikasi Instagram. Meskipun terdengar ribet, tapi cara ini efektif untuk menghemat kuota Instagram.

b. Matikan Notifikasi Instagram

Cara kerjanya kurang lebih sama dengan cara sebelumnya, dengan menonaktifkan notifikasi Instagram, sudah pasti kamu tidak akan mendapatkan notifikasi. Untuk menonaktifkkan notifikasi Instagram, buka aplikasi Instagram - masuk ke halaman profil Instagram - Pengaturan - Notifikasi - Postingan, Komentar, dan Likes - pilih Nonaktifkan, tulisan lengkapnya bisa kamu baca di tulisan mengenai notifikasi Instagram melalui tautan berikut ini.

c. Buka Instagram dari Google Chrome

Cara yang terakhir adalah cara yang bagiku sangat ekstrem, kamu bisa mempraktikkan cara ini jika kamu merasa cara-cara di atas sudah tidak manjur. Namun, menurut beberapa temanku, cara ini sukses untuk menghemat kuota Instagram.

Coba buka Instagram menggunakan browser bawaanmu, dan uninstall aplikasi Instagram. Ketika kamu membuka aplikasi Instagram, mungkin kamu diberi kenyamanan, baik dari tampilan, fitur, bahkan kecepatan dalam memproses gambar atau video.

Namun, kamu akan merasakan perbedaan jika kamu berselancar di Instagram menggunakan browser bawaanmu. Uninstall-lah aplikasi Instagram-mu, jika kamu ingin membuka akun Instagram, gunakanlah browser HP-mu, di sini aku menyarankan Google Chrome. Mungkin berbagai ketidaknyamanan akan kamu rasakan, dan aku berharap, dengan ketidaknyamanan itu, kamu bisa mengurangi bermain Instagram, akhirnya kamu bisa menghemat kuota Instagram.


4. Pertanyaan Seputar Menghemat Kuota Instagram

Tanya:  Apakah Instagram menyediakan versi Lite yang ampuh untuk menghemat kuota Instagram?
Jawab: Sampai saat ini, belum ada aplikasi Instagram Lite.


Tanya: Apakah Instagram dapat diakses secara offline atau tanpa kuota?
Jawab: Tidak, kamu tidak bisa mengakses Instagram secara offline atau tanpa kuota.

Tanya: Apakah ada paket data khusus kuota Instagram?
Jawab: Beberapa provider menyediakan kuota khusus Instagram, yang perlu kamu ketahui, kuota khusus Instagram ini tidak bisa digunakan untuk Googling, atau browsing. Salah satu provider yang menyediakan kuota khusus Instagram adalah Telkomsel dengan produk yang bernama InstaLoop

Tanya: Dari mana Instagaram mendapatkan data menganai durasi membuka Instagram?
Jawab: Instagram mencatat penggunaan fitur yang kamu gunakan, tindakan yang kamu ambil; orang-orang atau akun yang kamu tuju dalam interaksimu; beserta waktu, frekuensi, dan durasi aktivitasmu, seperti yang tertulis dalam laman Bantuan Mengenai Kebijakan Data.

Kesimpulan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghemat kuota Instagram, kamu bisa mempraktikkan fitur-fitur yang sudah disediakan seperti fitur Pembatasaan Penggunaan Instagram, Mengurangi Resolusi Instagram, Mematikan Notifikasi dan Data Layar Belakang, sampai membuka Instagram melalui Browser Bawaan HP-mu. Kamu bisa mempraktikkan salah satu cara yang sudah kusebutkan atau kombinasikan tips di atas agar memperoleh hasil yang optimal.

Bagi kamu yang memiliki tips untuk menghemat kuota Instagram versimu, bagikan di kolom komentar, ya! Bagikan tulisan ini ke teman-temanmu agar mereka mendapat pengetahuan apa yang kamu tahu! 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done