News Update
Loading...

Sabtu, 02 Mei 2020

Mengatasi Lupa Password Instagram

Siapa yang tidak pernah lupa? Mungkin tak ada satu orang pun yang tidak pernah lupa. Semua orang pasti mengalami yang namanya lupa. Tak terkecuali, lupa password Instagram atau sosial media yang lainnya, seperti Facebook, Twitter, atau Line.

Terkadang, berbagai alasan muncul ketika lupa password Instagram, mulai dari lupa mencatat, perasasaan waktu itu ga ganti, sudah lama tidak dibuka, dan berbagai alasan lainnya. Akibatnya? Terkadang kita merasa emosi, sebel, atau geregetan sendiri. Yang paling menyebalkan ketika sedang asyik-asyiknya bermain Instagran, tak sengaja terlogout, dan kamu lupa password Instagrammu. Rasanya tidak enak kan?

Lupa Password Instagram (1)

Sebenarnya kamu tidak perlu panik ketika kamu mengalami lupa password karena Instagram sudah menyediakan fitur lupa password atau forget Password. Seperti namanya, fitur ini memudahkan kamu untuk login ulang ke akun Instagrammu, meskipun kamu lupa passwordmu.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kamu mengecek aplikasi Instagram atau browser. Siapa tahu keberuntungan ada di tanganmu, kamu sempat menyimpan data-data yang dibutuhkan untuk login Instagram di browser kesayanganmu. Bagi kamu yang berhasil "menyelamatkan" akun Instagrammu, selamat, kamu tidak perlu bersusah-susah ria untuk mereset password.

Lupa Password Instagram (1)
Contoh username dan password yang tersimpan di browser

Bagi kamu yang belum beruntung, jangan patah semangat. Mari kita praktikkan cara-cara di bawah ini untuk reset Password Instagram.

1. Cara Lupa Password Instagram dengan Email

Jika email yang kamu gunakan untuk mendaftar dan terhubung dengan akunmu masih login di HP, cara ini adalah cara yang paling mudah untuk lupa password Instagram. Langsung saja praktikkan menggunakan aplikasi Android, browser HP, atau browser Laptop/PC-mu, simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi Instagram, jika kamu tidak menginstall aplikasi Instagram, buka https://www.instagram.com/ melalui browser-mu.

2. Tap Forget Password?
Lupa Password Instagram (2)
Klik Forget

3. Selanjutnya masukkan username atau email yang tertaut Instagrammu di kolom yang sudah disediakan, kemudian klik Send Login Link.
Lupa Password Instagram (3)

4. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul notifikasi bahwa link untuk login sudah dikirimkan ke email yang kamu tautkan dengan akun Instagrammu.

5. Sekarang buka Kotak masuk emailmu, lalu cari email terbaru dari Instagram. Jika tidak ada atau belum ada, coba cek di folder spam dengan tap garis tiga di pojok kiri atas, lalu pilih spam. Masih tidak ketemu? Pastikan email yang kamu buka sama dengan email yang tertaut di Instagram.

6. Buka email dari Instagram, lalu tap Reset Password.
Lupa Password Instagram (3)

7. Kamu akan diminta untuk memasukkan password baru kamu, masukkan 2x di kolom yang sudah disediakan, lalu tap Atur Ulang Kata Sandi.
Lupa Password Instagram (4)

Selesai, sekarang kamu sudah masuk lagi ke akun Instagrammu, bagi kamu yang masih belum menemukan titik terang, mari kita coba cara berikutnya.

2. Cara Lupa Password Instagram dengan Nomor HP

Saat pertama kali kamu mendaftar Instagram, kamu diberi 3 pilihan untuk mendaftar di Instagram, menggunakan email, nomor HP, atau Facebook. Cara ini cocok bagi kamu yang waktu mendaftar Instagram menggunakan nomor HP yang sampai saat ini masih aktif, dan akun Facebook masih tertaut dengan akun Instagrammu. Kamu juga bisa menghubungkan Facebook ke Instagram dengan mudah, kamu bisa membaca tulisan lengkapnya melalui link berikut ini.

1. Buka Instagram, bisa menggunakan aplikasi, maupun browser.

2. Selanjutnya tap Forget Password.

3. Sekarang masukkan nomor HP-mu, lalu tap Kirim Tautan Masuk. Tunggu beberapa saat, jika nomor HP yang kamu masukkan sudah benar, sudah terkonfirmasi, dan masih memiliki masa aktif, kamu akan mendapatkan SMS dari Facebook yang berisi link untuk mereset password Instagram.
Lupa Password Instagram (5)
masukkan nomor, lalu tap Kirim Tautan Masuk

4. Tap link yang kamu terima, otomatis akan membuka browser di HP-mu, masukkan password baru sebanyak 2x, lalu tap atur ulang password.
Lupa Password Instagram (6)
Contoh link lupa password Instagram dari nomor HP

5. Selesai, kamu sudah mendapatkan akunmu lagi, dan kamu bisa berselancar di Instagram lagi.

Oiya, untuk mempraktikkan cara di atas, pastikan nomormu sudah pernah kamu konfirmasi, ya. Maksudnya konfirmasi adalah kamu pernah diminta untuk memasukkan kode yang dikirimkan Facebook untuk mengonfirmasi bahwa nomor yang kamu masukkan benar-benar nomormu.

3. Cara Lupa Password Instagram dengan Facebook

Pastikan kamu sudah pernah menghubungkan akun Instagram dengan akun Facebook-mu, jika belum pernah, mungkin kamu akan mengalami kesulitan untuk mereset password Instagram. Sebelum kita lanjut, aku beranggapan bahwa akun Instagrammu sudah pernah kamu tautkan di Facebook. Oke, sekarang waktunya mengeksekusi.

1. Buka Instagram, lalu pada halaman pertama, tap Login With Facebook

2. Kamu akan diminta memasukkan email dan password Facebook, jika sudah berhasil login, tap izinkan akses.

3. Tunggu beberapa saat, kamu sudah mendapatkan akunmu lagi.

4. Cara Lupa Password Instagram jika Lupa Password Email, Nomor Hangus, Belum Pernah Menautkan Intagram dengan Facebook

Kamu sudah mencoba 3 cara di atas, tetapi hasilnya tetap sama saja? Jika kamu masih semangat untuk mereset password Instagram, coba kamu usahakan untuk mendapatkan akses untuk masuk emailmu lagi, kamu bisa menggunakan fitur lupa password di layanan email kamu. Misalnya kamu menggunakan Gmail, kamu bisa lupa password akun Gmail, akun Yahoo lupa pasword di Yahoo, dan sebagainya.

Bagi kamu yang pertama kali mendaftar Instagram menggunakan nomor telepon, tetapi sekarang nomormu telah hangus, coba hubungi provider nomormu dengan datang ke kantor provider. Jika kamu ingin mengaktifkan nomormu lagi di kantor provider, mungkin kamu memerlukan KTP sebagai tanda pengenal bahwa itu nomor yang pernah kamu gunakan. Semoga saja nomormu belum diproduksi ulang, dan belum dipasarkan kembali.

Intinya, usahakan untuk mendapatkan akses yang tertaut dengan akun Instagrammu, bisa Facebook, email, ataupun nomor HP. Dalam laman bantuannya, pihak Instagram juga sudah menjelaskan hal serupa. Kamu perlu mendapatkan akses dari salah satu cara login itu agar bisa mereset password Instagram. Kamu bisa membaca artikel versi lengkapnya di Laman Bantuan Instagram mengenai Pemecahan Masalah dan Tidak bisa Login melalui tautan ini.

5. Tips Untuk Menghindari Lupa Password Instagram

Pepatah kuno mengatakan lebih baik tinta pucat daripada memori terbaik. Pepatah ini memang betul adanya, kita tidak bisa dipisahkan dengan kata lupa. Jadi, tips yang pertama adalah mencatat password-mu, biasanya aku menuliskan password di selembar kertas yang kumasukkan dompet, untuk berjaga-jaga. Jika kamu malas mencatat, kamu bisa mengirimkan password itu ke emailmu sendiri agar kamu bisa sewaktu-waktu mengeceknya. 

Kamu juga bisa mengaktifkan fitur ingat informasi saya ketika pertama kali login Instagram di perangkat baru. Hal ini bisa mengantisipasi kamu mengalami lupa password. Namun, kamu harus tetap berhati-hati menjaga privasimu. Jadi, pastikan kamu menyimpan informasi login Instagram di perangkatmu sendiri, atau perangkat yang kamu percaya, ya.

Tips kedua yang bisa kuberikan, menjaga masa aktif nomormu. Oiya, nomor yang kumaksud di sini, nomor yang sudah tertaut di Instagram, ya. Bagi kamu yang masih bisa membuka akun Instagrammu, tambahkan nomor telepon-mu, untuk menghindari kehilangan akun Instagram karena lupa password.

Masih berhubungan mengenai keaktifan, pastikan emailmu juga selalu aktif agar sewaktu-waktu jika memang dibutuhkan, kamu bisa mereset password Instagrammu. Pastikan juga email yang kamu buka ini, sudah tertaut di akun Instagram.

Untuk mengganti atau menambahkan email di Instagram, buka Profilmu - tap Edit Profil - Scroll ke bawah - dan isikan email yang dapat kamu akses di kolom email - selanjutnya buka email, lalu klik tautan yang ada di email tersebut

Untuk menambahkan nomor telepon, isikan nomor HP yang masih aktif  dan bisa menerima SMS di kolom tepat di bawah email - lalu tap simpan. kamu akan dibawa ke halaman profil lagi, tap Edit Profil, scroll ke bawah maka kamu akan melihat sebuah menu konfirmasi nomor di bawah kolom nomor - tap menu tersebut - tunggu beberapa saat, kamu akan mendapatkan SMS untuk verifikasi, selanjutnya, masukkan kode yang kamu terima melalui SMS di kolom konfirmasi.

Bagaimana? Cukup mudah kan? Apakah kamu punya solusi lain untuk lupa password Instagram yang lebih manjur? Atau kamu punya tips untuk mencegah lupa password? Bagikan di kolom komentar, ya! Jangan lupa bagikan tulisan ini ke teman-temanmu!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done