News Update
Loading...

Selasa, 02 Februari 2021

Cara Meng-Copy Chat Whatsapp Tak Sampai Satu Menit

Whatsapp memanglah salah satu aplikasi chatting yang sangat populer. Kamu bisa saling berbalas pesan sepuasnya tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Selain berbalas pesan, kamu juga bisa mengirimkan foto/video ke teman-temanmu, bisa secara personal, atau di grup Whatsapp.

Dengan berbalas pesan secara teks, tidak jarang kamu menemukan beberapa pesan dari orang lain yang kamu anggap penting, entah karena informasi tersebut berharga, atau karena kamu sekadar membutuhkan informasi tersebut. Dengan rasa perasaan yang seperti itu, rasa-rasanya kamu harus men-copy chat Whatsapp temanmu.

Copy Chat Whatsapp

Dengan meng-copy chat Whatsapp, kamu tidak perlu repot-repot untuk menulis ulang apa yang disampaikan temanmu baik di grup Whatsapp maupun  di personal chat dengan temanmu. Tentu hal ini meringankan pekerjaanmu dan lebih menghemat waktu, tidak hanya itu, risiko salah informasi pun juga dapat diminimalisir. 

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara copy chat Whatsapp dengan cepat, tak sampai 1 menit, kamu sudah bisa menyalin chat temanmu.

1. Cara Meng-copy Chat Whatsapp

Tak perlu repot-repot menginstall aplikasi tambahan karena Whatsapp memang sudah menyiapkan fitur copy chat ini di aplikasinya. Jadi, pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Whatsapp versi terbaru.

1. Buka aplikasi Whatsapp, lalu masuk ke grup atau personal chat yang ingin kamu salin.

2. Selanjutnya, pilih pesan yang ingin kamu copy. Tap dan tahan selama 2-4 detik pesan yang ingin kamu salin, maka akan muncul menu tambahan di bagian atas.

Kamu bisa memilih lebih dari satu pesan untuk dicopy. Namun, ketika kamu memilih lebih dari satu pesan, ketika kamu menempel atau paste pesan tersebut, akan muncul keterangan tambahan mengenai siapa dan kapan pesan tersebut dikirim.

3. Jika kamu sudah memilih pesan tersebut, tap ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas, lalu tap salin.
Cara copy Chat Whatsapp 1
Setelah memilih pesan, tap titik tiga di pojok kanan atas, lalu tap salin

Setelah meng-copy chat, tentunya kamu harus mempaste atau menempel chat tersebut agar kamu juga bisa mengirimkan pesan/informasi tersebut ke orang lain.

4. Tap dan tahan kurang lebih 3 detik di kolom menulis pesan Whatsapp, maka akan muncul menu tambahan di kolom menulis pesan tersebut, selanjutnya tap tempel.
Cara copy Chat Whatsapp 2
Tap dan tahan kolom chat, lalu tap tempel

5. Tunggu beberapa saat sampai Whatsapp selesai untuk menempel pesan yang sudah kamu copy sebelumnya.

6. Jika sudah, kirimkan pesan tersebut ke grup atau kontak teman-temanmu.

2. Perbedaan Meng-copy dengan Meneruskan Chat Whatsapp

Seperti yang telah kita ketahui, Whatspap juga memiliki fitur untuk meneruskan chat Whatsapp. Fitur ini kurang lebih sama dengan meng-copy pesan Whatsapp. Namun, dengan meneruskan chat Whatsapp, kamu tak perlu untuk menuliskan kembali di kolom tulis pesan di Whatsapp.

Dari segi tampilan, pesan yang diteruskan memiliki ikon "forward" atau "teruskan" di bagian pesan yang diteruskan. Sedangkan jika kamu meng-copy chat, tentu saja ikon forward atau teruskan ini tidak muncul di pesan yang sudah kamu kirimkan.
Cara copy Chat Whatsapp 3
Perbedaan mengcopy chat WA dengan meneruskan WA

Keterangan gambar, di samping angkat 1 tampilan pesan ketika kamu hanya meng-copy 1 pesan.
Di samping angka 2, tampilan pesan ketika kamu meng-copy lebih dari satu pesan.
Di samping angka 3 tampilan pesan ketika kamu meneruskan pesan WA

Meskipun fitur meng-copy dan meneruskan sama-sama untuk menyebarluaskan informasi, tentu saja, kamu harus berhati-hati dalam membagikan informasi. Bisa saja informasi yang kamu terima adalah hoaks, atau belum tentu benar. Jadi, pastikan informasi yang hendak kamu bagikan adalah informasi yang valid. 

Cara ini memang simpel, tetapi sekali lagi untuk menyebarluaskan informasi, jangan lupa untuk mengecek kevalidan informasi yang kamu copy dan paste, ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done