News Update
Loading...

Senin, 28 Juni 2021

Cara Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Dihapus

Seperti yang kita tahu, Whatsapp tidak hanya digunakan untuk berbalas pesan, Whatsapp memiliki berbagai fitur lainnya, seperti memudahkan kita untuk mengirimkan file berupa foto, video, pesan suara, bahkan kita juga mengirimkan folder melalui Whatsapp. Tidak hanya itu, Whatsapp juga dilengkapi dengan fitur melakukan panggilan, baik itu panggilan video maupun panggilan suara. 

Sadar maupun tidak sadar, ketika kita melakukan panggilan suara, ataupun panggilan video, Whatsapp merekam log atau riwayat panggilan Whatsapp kita di aplikasi kita. Ini bukan berarti pihak Whatsapp merekam percakapan kita ya, karena Whatsapp sudah memasang enkripsi end-to-end yang memastikan hanya kita dan yang menerima pesan, file, atau panggilan yang dapat membaca, membuka, dan mendengar percakapan (dari laman Pusat Bantuan Whatsapp).

Cara Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Dihapus Thmb

Tidak jarang kita ingin melihat kembali siapa, dan kapan yang menghubungi kita dekat-dekat ini. Namun, entah sengaja maupun tidak sengaja, terkadang kita menghapus riwayat panggilan atau log panggilan Whatsapp. Bagi kamu yang mengalami hal serupa, aku coba tawarkan dua cara untuk melihat log panggilan Whatsapp yang sudah terhapus.

A. Penyebab Log Panggilan Whatsapp Terhapus

Ada beberapa penyebab log panggilan Whatsapp terhapus, bisa jadi kamu dengan sengaja menghapus log panggilan Whatsapp. Maklum saja, untuk menghapus log panggilan di Whatsapp tidaklah sulit. Bisa jadi, kamu tidak sengaja memencet fitur untuk menghapus riwayat panggilan Whatsapp.

Setelah install ulang Whatsapp, kamu bisa kehilangan pesan, media yang terunduh dari Whatsapp, tidak terkecuali log panggilan Whatsapp. Bisa jadi, ini menjadi penyebab hilangnya log panggilan Whatspp-mu. Yang kumaksud install ulang aplikasi Whatsapp bukan update ya, tetapi uninstall aplikasi Whatsapp, lalu mengunduh ulang dari Google Playstore.

Memori internal HP terlalu penuh. Jika HP teman-teman terlalu penuh, biasanya beberapa fungsi dari HP tidak berjalan dengan optimal. Aku juga pernah mengalami hal ini, HP-ku sampai nge-hang, sampai-sampai chat, dan log panggilan di Whatsapp hilang entah kemana.

B. Cara Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Dihapus tanpa Aplikasi Tambahan

Cara yang satu ini adalah cara yang paling simpel karena tidak perlu mengintall aplikasi tambahan, tetapi sedikit merepotkan dalam praktiknya.

1. Buka aplikasi Whatsapp.

2. Pilih kontak, gulir percakapanmu, sampai kamu menemukan ada panggilan tidak terjawab.
Cara Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Dihapus 4
Contoh Log Whatsapp yang tersimpan di Chat

Gitu doang, sih, hehe. Dengan cara ini, memang simpel-simpel ribet. Simpel karena tak perlu mengunduh aplikasi tambahan, tetapi ribetnya harus mencari satu per satu, dan harus gulir di chat. Setelah ribet-ribet, ternyata hasil yang ditemukan tidak selengkap yang ada di log panggilan, karena yang tercantum hanyalah catatan panggilan tidak terjawab, tidak ada panggilan keluar, dan masuk.

C. Cara Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Dihapus dengan Aplikasi Tambahan

Cara selanjutnya, dengan menggunakan aplikasi tambahan. Pada tulisan ini aku tawarkan aplikasi Recent Notification. Penggunaannya pun cukup mudah, dan gratis. 

1. Unduh Recent Notification dari Google Play Store.

2. Buka aplikasinya, tap Get Started.
Cara Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Dihapus 1
Tap Get Started

3. Izinkan membaca notifikasi.
Cara Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Dihapus 2
Aktifkan Recent Notification

4. Untuk melihat log panggilan Whatsapp, kamu cukup buka aplikasi Recent Notification.
Cara Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Dihapus 3
Log Panggilan Whatsapp yang ada di aplikasi Recent Notification

Sama dengan cara sebelumnya, dengan aplikasi Recent Notification, kamu sekadar melihat panggilan suara yang tidak terjawab. Prinsipinya, Recent Notification hanya membaca notifikasi yang ada di kolom notifikasi. Tidak hanya itu, jika log panggilan Whatsapp sudah terhapus sebelum kamu menginstall Recent Notification, tidak ada log panggilan Whatsapp yang terbaca pada aplikasi ini.

Dari pengalamanku, untuk benar-benar melihat log panggilan Whatsapp yang sudah terhapus, tidak ada yang 100% berhasil. Dengan melihat dari chat, yang terbaca hanya panggilan tidak terjawab. Begitu pula dengan Recent Notification, yang terbaca hanyalah panggilan yang tidak terjawab, tidak selengkap yang ada di log panggilan Whatsapp. 

Bagi kamu yang memiliki cara lain untuk melihat log panggilan Whatsapp yang sudah dihapus, bagikan di kolom komentar ya! Agar teman-teman yang lain juga bisa mengatasi masalah yang sama! 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done