News Update
Loading...

Senin, 13 April 2020

Cara Mengirim Folder lewat Whatsapp

Daftar Isi

  1. Cara Kirim Folder Lewat WA
  2. Cara Kirim Folder Lewat WA (Alternatif)
Siapa yang tidak mengenal Whatsapp? Hampir semua pengguna telepon pintar mengenal apa itu Whatsapp. Tidak hanya mengenal, hampir dapat dipastikan semua pengguna telepon pintar menggunakan aplikasi chatting Whatsapp.

Aplikasi chatting yang mudah, dengan berbagai fiturnya memudahkan setiap penggunanya untuk menghubungi orang lain. Hanya dengan satu aplikasi, kamu dapat berbagai media, seperti foto, video, dokumen, pesan suara, mp3, kontak orang lain, sampai lokasi di mana kamu berada.

Selain itu, kamu juga bisa membaca pesan WA temanmu tanpa membuka WA, menyembunyikan last seenmumengubah tampilan gelembung Whatsapp, dan lain-lain.



Cara Mengirim folder lewat Whatsapp

Namun, bagaimana jadinya jika temanmu meminta banyak file sekaligus dalam satu folder? Kamu harus tetap tenang karena kamu bisa mengirimkan banyak file sekaligus lewat Whatsapp hanya dalam satu kali pengiriman. Caranya pun cukup mudah nan simpel. Simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Cara Kirim Folder lewat WA

Cara mengirim folder lewat Whatsapp ini sangat mudah, cara yang pertama menggunakan File Manager bawaan HP-mu. Dengan file manager, kamu bisa mengeksplore penyimpananmu. Selain itu, kamu juga mengompress beberapa file bahkan beberapa folder menjadi satu file.

Hasil kompress tersebut, bisa kamu gunakan untuk mengirim folder lewat Whatsapp tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Selain itu, isi dari folder yang sudah kamu kompress tidak akan hilang satupun. Sudah penasaran? Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka File Manager, pindahkan file-file yang ingin kamu kirimkan menjadi satu folder, kamu bisa membuat folder baru untuk menjadikan file-file tersebut menjadi satu folder..

2. Selanjutnya, tap dan tahan folder tersebut 2 sampai 4 detik, maka akan muncul menu tambahan baru, selanjutnya tap Compress untuk menjadikan satu foldermu menjadi satu file saja, yaitu file berformat .zip.
Cara Mengirim Folder lewat Whatsapp
Pilih Kompress

3. Pada tulisan ini, aku memberi contoh folder yang kutekan dan tahan bernama SinauSe.id, setelah memilih menu Compress, tak lama kemudian muncul satu file dengan forma .zip, namanya file tersebut SinauSe.Zip. Biasanya nama file dengan akhiran .zip ini akan menyesuaikan nama folder yang kamu pilih.
Cara Mengirim Folder lewat Whatsapp
File baru berekstensi .zip

4. Sekarang waktunya mengirim "folder" tersebut. Aku memberi tanda kutip pada folder karena pada dasarnya kamu hanya mengirimkan satu file saja, tetapi ketika temanmu membukanya, temanmu bisa melihat berbagai file dalam satu file tersebut.

Tap dan tahan file yang baru saja kamu buat, misalnya hasilnya menjadi SinauSe.zip, nah, pilih dan tahan SinauSe.zip selama 2-4 detik sampai muncul menu baru lagi, lalu tap bagikan, pilih Whatsapp.
Cara Mengirim Folder lewat Whatsapp
Pilih Whatsapp

5. Pilih kontak yang ingin kamu kirimi Folder lewat Whatapp, dan selesai. Kamu sudah berhasil mengirimkan Folder lewat Whatsapp

2. Cara Mengirim Folder lewat Whatsapp (CARA II)

Mungkin beberapa merk, dan seri HP belum support tand mengenai mengomress satu folder menjadi satu file. Pada bab ini, aku akan membagikan cara untuk berjaga-jaga, atau mengantisipasi jika aplikasi File Manager-mu tidak dapat membuat satu folder menjadi satu file.

Tidak seperti cara I, menggunakan cara ini kamu harus menginstall aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mengompress folder menjadi satu file. Pada tulisan ini, aku menggunakan aplikasi RAR. Kamu bisa menggunakan aplikasi serupa andalanmu untuk mempraktikkan cara ini.

1. Pindahkan file-file yang ingin kamu kirim menjadi satu folder.

2. Unduh dan install aplikasi RAR melaui Google Play Store jika kamu merasa kurang cocok dengan apliasi RAR, kamu bisa mengguakan aplikasi yang serupa, misalnya AndroZip, ZArchiver, ES File Explorer, WinZip, atau lainnya.

3. Buka aplikasi RAR, pilih folder yang ingin kamu kirimkan. Lagi-lagi aku menggunakan folder SinauSe.id, lalu centang foldermu.

4. Centang folder tersebut dengan cara tap kotak yang ada di samping folder, selanjutnya tap icon tambah di bagian atas tampilan layar.
Cara Mengirim Folder lewat Whatsapp
Membuat file berekstensi .zip

5. Tunggu beberapa saat, maka kamu akan melihat ada satu file baru, untuk mengirimkannya, centang file dengan format.zip yang baru saja dibuat.

6. Tap titik 3 di pojok kanan atas, tap Send
Cara Mengirim Folder lewat Whatsapp
Pilih centang, pilih tiga titik di pojok kanan atas

7. Setelanjutnya pilih Whatsapp.
Cara Mengirim Folder lewat Whatsapp
Bagikan via whatsapp

7. Tunggu beberapa saat, kamu akan dibawa ke menu Whatsapp, pilih kontak yang ingin kamu beri folder tersebut.

8. Selesai.

Cukup mudah bukan? Jika ada yang memintamu mengirimkan banyak file sekaligus, kamu tidak perlu repot-repot untuk mengirimkan satu-satu. Praktikkan cara-cara di atas. Semoga tulisan berjudul cara mengirim folder lewat Whatsapp ini bermanfaat.

Kamu punya cara lain? Bagikan di kolom komentar, ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done