News Update
Loading...

Jumat, 18 Juni 2021

Cara Video Call Whatsapp lewat Laptop/Komputer

Seperti yang kita tahu, Whatsapp tidak hanya digunakan di telepon pintar, tetapi juga bisa digunakan melalui laptop atau komputer kita. Pada versi-versi sebelumnya, Whatsapp di laptop hanya dapat digunakan untuk berbalas pesan, dan mengirim file-file ke orang lain. Namun, setelah mengalami beberapa pembaharuan, akhirnya kita bisa menikmati fitur video call atau panggilan video Whatsapp menggunakan laptop.

Meski pada versi sebelumnya kita bisa "mengakali" video call Whatsapp lewat laptop dengan menggunakan emulator, kini kita tak perlu menginstall emulator untuk menikmati fitur ini. Yang dibutuhkan adalah aplikasi Whatsapp versi terbaru, kamu dapat mengunduhnya melalui laman resmi Whatsapp
Cara Video Call Whatsapp lewat Laptop

Selain mengunduh dari laman resminya, kamu juga bisa mengunduh Whatsapp for Windows dari Microsoft Store yang ada pada menu Windows.

Cara Video Call Whatsapp melalui Laptop

Seperti yang sudah kusebutkan sebelumnya, kamu harus aplikasi Whatsapp terlebih dahulu. Sampai saat ini, kuanggap kamu sudah mengunduh dan menginstall aplikasi Whatsapp di laptop/komputer kamu. Jika sudah

1. Buka aplikasi Whatsapp Desktop.
Cara Video Call Whatsapp lewat Laptop
Buka Aplikasi Whatsapp Desktop

2. Pilih kontak yang ingin kamu video call.

3. Di atas kolom chat, kamu akan menemukan ikon kamera, tap ikon kamera tersebut.
Cara Video Call Whatsapp lewat Laptop 2
Tap ikon kamera di bagian atas

4. Tunggu temanmu menjawab panggilan videomu. Oiya, pastikan kamu memiliki internet yang stabil untuk melakukan panggilan video ini.

5. Selesai, kamu sudah bisa Video Call melalui laptop atau komputermu.

Hal yang Mungkin Kamu Temui ketika Video Call WA dari Laptop

Bagi kamu yang masih kebingungan dan belum berhasil untuk video call Whatsapp dari laptop, perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Aplikasi Whatsapp kurang update.
Untuk panggilan video menggunakan laptop, kamu perlu menginstall aplikasi Whatsapp yang terbaru. Oiya, sebagai tambahan, yang dimaksud aplikasi Whatsapp bukanlah Whatsapp Web yang mungkin sering kamu akses melalui browser, ya! Melainkan aplikasi Whatsapp yang harus kamu install terlebih dahulu.

2. Pastikan device/hardware yang kamu gunakan sesuai.
Bagi kamu yang tidak dapat mendengar suara lawan bicaramu, suaramu tidak terdengar oleh kawanmu, atau wajahmu tidak tampak di tampilan laptop, kamu harus memastikan pengaturan di Whatsapp Desktop sudah sesuai. Setelah terhubung dengan temanmu, tap ikon titik tiga yang ada di bagian bawah jendela Video Call Whatsapp.

Sesuaikan device yang ingin kamu gunakan untuk mendukung video call ini. Pada bawah menu camera, pilih device yang ingin kamu gunakan, misalnya Webcam bawaan atau webcam USB. Pada bagian microphone, jangan lupa sesuaikan dengan nama device-mu, misalnya Microphone Realtek. Begitu juga pada speaker, pastikan kamu sudah menggantinya dengan device yang ingin kamu gunakan.
Cara Video Call Whatsapp lewat Laptop 3
Sesuaikan device/hardware yang ingin kamu gunakan.

3. Fitur Always on Top
Seperti namanya, fitur ini memungkinkan kita untuk menyeting agar tampilan jendela video call selalu di atas. Artinya, tampilan jendela video call selalu nampak di layar laptop kita, meski kita berganti-ganti jendela aplikasi. Secara bawaan, fitur ini otomatis aktif, jika kamu ingin mematikan fitur Always on Top ini, klik titik tiga yang ada di jendela Video Call, lalu hilangkan centang di kiri Always on Top.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Kini kamu sudah bisa video call Whatsapp dengan laptop. Jadi, sembari mengerjakan tugas-tugas di laptop atau komputer, kamu bisa memandang doi dengan leluasa. Ada yang sudah mencoba? Bagaimana rasanya? Bagikan di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done