News Update
Loading...

Minggu, 25 Juli 2021

Cara Merekam Panggilan Video Whatsapp secara Otomatis

Panggilan video atau biasa kita sebut video call adalah salah satu fitur Whatsapp yang dapat kita gunakan untuk saling menyapa antar pengguna Whatsapp. Dengan panggilan video ini, kita bisa melihat muka teman kita, dan saling bercakap-cakap.

Bagi sebagian orang, momen seperti ini adalah momen yang dirindukan, apalagi jika terpisah jarak dan intensitas untuk bertemu langsung. Salah satu cara untuk mengabadikan momen tersebut dengan merekam panggilan video Whatsapp. 

Cara Merekam Panggilan Video Whatsapp secara Otomatis thumb

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara merekam panggilan video Whatsapp secara otomatis. Yang kumaksud otomatis di sini, kamu tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga, ya. Jadi, menggunakan fitur perekam layar bawaan HP untuk merekam panggilan video.

Cara Merekam Panggilan Video Whatsapp secara Otomatis

Untuk mengakses aplikasi bawaan perekam layar bawaan ini, terkadang masing-masing merk, dan tipe HP memiliki caranya masing-masing, tergantung pada merk dan tipe HP. Pada tulisan ini, aku menggunakan HP Xiaomi seri Redmi Note 5 Pro.

1. Sebelum melakukan panggilan video, buka bar notifikasi terlebih dahulu dengan gulir ke bawah dari bar notifikasi.

2. Kemudian, pada ikon-ikon pintasan, tap Rekam Layar. Kamu bisa mencarinya dengan gulir ke kanan atau kiri pada tampilan ikon-ikon pintasan di notifikasi.
Cara Merekam Panggilan Video Whatsapp secara Otomatis 1
Tap rekam layar

3. Otomatis, akan muncul tampilan penghitung durasi di bagian bawah layar. Artinya, HP-mu sedang merekam seluruh tampilan layar.

4. Selanjutnya, buka aplikasi Whatsapp.

5. Pilih kontak yang ingin kamu ajak video call atau panggilan video.

6. Lalu tap ikon kamera di untuk memulai panggilan video.
Cara Merekam Panggilan Video Whatsapp secara Otomatis 2
Tap ikon kamera

7. Jika kamu rasa sudah puas untuk merekam panggilan video Whatsapp, tap ikon kotak di samping durasi perekaman layar untuk mengakhiri perekaman panggilan video Whatsapp.
Cara Merekam Panggilan Video Whatsapp secara Otomatis 3
Tap ikon kotak di samping tombol durasi

Selesai. Untuk mengecek rekaman penangkap layar tadi, buka menu galeri, pilih bagian video. 

Cara Merekam Video Call Whatsapp dengan Suara

Untuk merekam video call Whatsapp dengan suara sebenarnya tidaklah sulit. Kita bisa menggunakan aplikasi bernama Screen Recorder. Kita harus mengunduh aplikasi tersebut tersebut sebelum dapat menggunakanya. 

1. Unduh dan install aplikasi Screen Recorder dari tautan APKMirror. Selanjutnya, install aplikasi tersebut. Apabila terjadi eror saat akan menginstall aplikasi, buka pengaturan terlebih dahulu, lalu nyalakan fitur Izinkan Install Aplikasi dari Pihak Ketiga.

2. Buka aplikasi Screen Recorder yang sudah berhasil diinstall.

3. Kemudian, tap ikon gear yang ada di bawah halaman.

4. Tap menu Rekam Audio.

5. Ubah Pengaturan Sumber suara menjadi "Tanpa Terproses (RAW)".

6. Selanjutnya, aktifkan togle pada Fix Audio/video in async.

7. Kembali ke halaman pengaturan awal dengan tap ikon kembali.

8. Waktunya uji coba. Untuk merekam, kamu bisa langsung tap ikon kamera di pojok kiri bawah.

9. Aktifkan beragam izin yang dibutuhkan agar aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halman menu HP-mu.

10. Tap ikon kamera untuk memulai rekam panggilan video Whatsapp.

11. Selamat merekam panggilan video Whatsapp-mu. 

Pertanyaan selanjutnya, kalau sudah selesai, bagaimana cara mematikan aplikasi Screen Recorder? Caranya dengan buka notifikasi pada HP. Kemudian, tap Berhenti. 

12. Hasil rekaman biasanya otomatis ke galeri. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu harus membuka file manager untuk menyimpan video tersebut di folder yang kamu inginkan.

Gimana? Gampanag banget kan? Jika kamu masih kesulitan, kamu bisa langsung mempraktikkannnya langsung cara-cara tersebut.

Pertanyaan Seputar Merekam Panggilan Video Whatsapp

Apakah dengan cara ini bisa merekam suara ketika panggilan video? Sayangnya, fitur perekam layar bawaan ini belum mendukung untuk merekam suara saat panggilan video berlangsung. Aku sudah mengubah pengaturan suara yang direkam (dari microphone ke suara sistem lalu kurekam, dan dari suara sistem ke microphone), tapi hasilnya sama saja, tidak bisa untuk merekam suara dari video call Whatsapp.

Dengan aplikasi pihak ketiga, apakah dapat mengatasi masalah suara video call yang tidak terekam? Sebelum mem-publish tulisan ini, aku sudah mencoba menggunakan 3 aplikasi perekam layar lainnya, Call Recorder - Cube ACR, Mobizen, dan DU Recorder, ternyata ketiga aplikasi tersebut juga belum support merekam suara dari panggilan video Whatsapp. Jadi, aku belum menuliskan tutorial menggunakan ketiga aplikasi tersebut. Namun, ketika aplikasi-aplikasi perekam layar itu sudah bisa merekam suara ketika VC, aku akan memperbarui tulisan ini. 

Oiya, bisa jadi HP-ku yang belum support dengan ketiga aplikasi tersebut, bagi kamu yang penasaran, kamu bisa mencoba aplikasi perekam layar tersebut, atau unduh dari Google Play Store. Siapa tau dengan menggunakan HP beda merk, dan seri bisa merekam suara ketika video call. Bagi kamu yang memiliki rekomendasi aplikasi perekam layar sekaligus perekam suara ketika video call Whatsapp, bisa tuliskan di kolom komentar ya!

Apakah ada cara untuk mengatasi suara tidak terekam ketika panggilan video? Dari pendapatku pribadi, cara paling mudah untuk merekam suara ketika panggilan video di Whatsapp dengan menggunakan dua HP. Satu HP untuk melakukan panggilan video, satu HP untuk merekam suara dengan aplikasi voice recorder. Dengan begitu, kamu bisa mendengarkan ulang percakapan dengan temanmu.

Bagaimana? Cukup mudah 'kan? Kini kamu bisa merekam panggilan video Whatsapp-mu secara otomatis. Meski dibilang sangat mudah, tetapi tiada gading yang tak retak, cara ini memiliki satu kelemahan, tidak bisa merekam suara ketika video call Whatsapp. Akhir kata, selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done