News Update
Loading...

Jumat, 20 Agustus 2021

Cara Report Akun Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang dapat kita gunakan secara cuma-cuma. Selain penggunaanya cuma-cuma, untuk mendaftarkan diri di Instagram pun tidak perlu repot-repot. Cukup sediakan email, nama pengguna, dan bio yang dapat kamu ubah kapan pun, kamu sudah bisa membuat akun di Instagram.

Dengan kemudahan yang diberikan Instagram, tidak jarang orang-orang yang kurang bertanggung jawab memanfaatkan kemudahan tersebut untuk membagikan foto atau video yang melanggar syarat dan ketentuan, bisa juga melakukan spam komentar di postinganmu.

Cara Report Akun Instagram

Jika kamu menemukan hal-hal seperti ini, kamu dapat melaporkan atau report akun Instagram. Meski tidak ada jaminan akun yang kamu report hilang dari peredaran Instagram, tapi setidaknya sudah ada usaha untuk menghilangkan orang-orang yang mengganggumu di dunia maya.

Untuk report akun Instagram orang lain, kamu dapat mempraktikkan cara di bawah ini.

Apa itu Report Akun Instagram?

Report akun Instagram adalah salah satu fitur yang dikeluarkan oleh Instagram untuk melaporkan akun-akun Instagram yang melanggar kebijakan Instagram. 

Dengan melaporkan akun Instagram, nantinya Instagram akan meninjau aktivitas akun Instagram yang kamu laporkan. Jika laporan yang kamu buat dianggap benar oleh Instagram, akun yang kamu laporkan bisa mendapat peringatan (tidak bisa post atau komentar, dibekukan, sampai dihapus oleh pihak Instagram).

Cara Report Akun Instagram

Cara pertama yang akan kita bahas adalah cara report akun Instagram seseorang. Cara ini dapat kamu gunakan ketika orang lain mengatasnamakan dirimu untuk membuat akun Instagram. Yang kamu perlukan adalah username akun Instagram yang ingin kamu laporkan.

1. Buka profil akun Instagram yang ingin kamu laporkan.

2. Selanjutnya, tap ikon titik tiga di pojok kanan atas.

3. Kemudian, tap opsi Laporkan.
Cara Report Akun Instagram1

4. Jika memang akun IG tersebut palsu atau mengatasnamakan namamu, tap Laporkan Akun, selanjutnya, tap Profil Ini Berpura-pura menjadi orang lain.

Cara Report Akun Instagram2

Cara Report Akun Instagram 2

5. Jika akun IG mengatasnamakan dirimu, pilih Saya. Kamu dapat menyesuaikan pilihanmu, jika yang akun yang kamu laporkan mengatasnamkaan orang lain.
Cara Report Akun Instagram 2

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, meski tidak ada jaminan akun Instagram yang telah kamu laporkan akan hilang dari Instagram, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba melaporkan akun tersebut.

Cara Report Akun Instagram yang Spam

Yang dimaksud akun Instagram spam di sini adalah akun-akun yang mengomentari akun Instagrammu. Bisa mempromosikan jasa atau produk mereka, tidak hanya satu atau dua kali, tetapi berkali-kali. Tentu saja akan mengganggumu kan? 

Untuk itu, kamu dapat melaporkan akun Instagram yang kamu anggap spam tadi. Caranya juga sangat mudah, ikuti langkah berikut ini.

1. Buka postinganmu yang memuat komentar spam dari orang lain.

2. Selanjutnya, tap 2-4 detik komentar yang akan kamu laporkan.
Cara Report Akun Instagram 2-1

Cara Report Akun Instagram 2-2

3. Kemudian, tap tanda seru yang berada di bagian kanan atas.

4. Lalu, tap Spam.

5. Jika komentar yang kamu laporkan terbukti sebagai spam dan melanggar kebijakan Instagram, Instagram akan menghapus komentar yang kamu laporkan tadi.

Cara Report Postingan Akun Instagram

Selain melaporkan akun Instagram yang memalsukan informasi, dan melakukan spam komentar, kamu juga dapat melaporkan postingan akun Instagram tertentu agar postingan orang tersebut dihapus oleh Instagram. 

1. Buka postingan akun Instagram yang akan kamu laporkan.
Cara Report Akun Instagram 2-3

2. Selanjutnya, tap ikon titik tiga di pojok kanan atas postingan IG.

3. Kemudian tap Laporkan.

4. Jika kamu rasa postingan yang hendak kamu laporkan memiliki unsur spam, tap Ini Spam. Namun, jika kamu rasa postingan ini tidak mengandung unsur spam, kamu bisa memilih opsi lain yang disediakan oleh Instagram seperti bullying, informasi palsu dan lain sebagainya.

Akun-akun yang layak untuk di-report

Meski kamu bisa melaporkan akun Instagram kapan pun, tetapi ada baiknya, kamu tidak sembarangan untuk report akun Instagram orang lain. Jika kamu sembarangan me-report akun Instagram orang lain, yang ditakutkan adalah Instagrammu yang terkena teguran oleh Instagram.

Bagiku, terdapat beberapa jenis akun yang layak untuk dilaporkan ke pihak Instagram.

1. Akun yang menggunakan data dirimu. Akun Instagram yang seperti ini tidak usah berpikiri dua kali, langsung saja kamu laporkan. Hal ini berguna agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan mengatasnamakan dirimu.

2. Akun  yang spam atau terlalu banyak mengomentari postinganmu atau postingan orang lain sehingga mengganggumu ataupun pengguna Instagram yang lain.

3. Akun yang membagikan foto atau video palsu. Tidak perlu pikir panjang lagi, laporkan akun-akun yang membagikan hal-hal seperti ini karena mengganggu pengguna Instagram yang lain. Selain itu, akun-akun tersebut juga melanggar pedoman komunitas Instagram.

Bagaimana? Cukup mudah kan? Kamu bisa report akun Instagram dengan sangat mudah. Namun, ingat, jangan sembarangan untuk melaporkan akun Instagram. Pastikan akun yang kamu laporkan, memang menyalahi pedoman komunitas Instagram.

Gunakan cara ini dengan bijak ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done