News Update
Loading...

Minggu, 05 September 2021

Cara Menghilangkan Sering Dihubungi di Whatsapp

Whatsapp dengan segudang fiturnya tentu akan memanjakan penggunanya. Salah satu fitur yang dimiliki Whatsapp adalah fitur sering dihubungi atau Frequently Contacted. Fitur ini seperti koin yang bermuka dua, di satu sisi memudahkan untuk menghubungi orang yang sering kita hubungi. 

Namun, di sisi lain, orang lain yang sengaja maupun tak sengaja membuka Whatsapp kita akan menemukan orang yang sering kita hubungi. Dengan terbongkarnya jejeran kontak yang sering dihubungi, pastinya akan membuatmu risih.

Cara Menghilangkan Sering Dihubungi di Whatsapp

Untuk menjaga privasi mengenai kontak yang sering kamu hubugi, sebenarnya kamu bisa menghilangkan kontak tersebut dari jajaran orang yang sering kamu hubungi. Pada tulisan ini, kita akan membahas sedikit mengenai fitur Sering Dihubungi, dan cara menghilangkan kontak yang sering dihubungi melalui Whatsapp.

Kontak yang Muncul Kok Beda?

Sebelum masuk pada pembahasan inti, kita bahas sedikit fitur Sering Dihubungi ini. Di laman Pusat Bantuan Whatsapp, aku tidak menemukan tulisan lebih lanjut mengenai fitur yang ada di aplikasi Whatsapp ini. Jadi, serba-serbi Sering Dihubungi ini kubahas berdasarkan pengalaman pribadiku ya.

Ketika kita hendak meneruskan pesan ke orang lain, kita akan melihat deretan kontak yang sering dihubungi. Sadar maupun tidak sadar, daftar kontak itu selalu berganti tergantung "pesan" jenis apa yang hendak kita teruskan. 

Maksudnya bagaimana? 

Selain untuk berbalas pesan berupa teks, kita tahu Whatsapp dapat mengirimkan file berupa foto, video, pesan suara, bahkan dokumen. Sepertinya, Whatsapp memunculkan nama kontak yang Sering Dihubungi berdasarkan aktivitas "terus-meneruskan" file.

Sebagai contoh, kamu memiliki 2 teman yang sama-sama sering berkontak denganmu, kontak A, dan kontak B. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sering meneruskan foto kepada kontak A, tetapi tidak pernah meneruskan dokumen kepada kontak A. 

Kepada kontak B, kamu lebih sering meneruskan dokumen daripada mengirimkan foto. Setiap kali kamu meneruskan foto kepada kontak A, kamu juga meneruskan dokumen kepada kontak B. Artinya jumlah pesan yang kamu kirim ke kontak A sama dengan kontak B.
Cara Menghilangkan Sering Dihubungi di Whatsapp
Kontak yang Sering Dihubungi ketika hendak berbagi foto

Suatu saat ketika kamu hendak meneruskan foto, kamu akan melihat kontak A di daftar kontak yang sering dihubungi. Namun, belum tentu nama kontak A muncul ketika kamu hendak meneruskan dokumen. Begitu juga sebaliknya.
Cara Menghilangkan Sering Dihubungi di Whatsapp 2
Kontak yang sering dihubungi ketika hendak berbagi dokumen 

Artinya, kontak yang muncul di Sering Dihubungi tergantung pada "jenis pesan" apa yang hendak kita kirimkan. Jadi, jangan heran jika nama-nama kontak yang muncul di Fruently Contacted selalu berubah setiap kali meneruskan atau mengirimkan pesan.

Selain dari fitur "terus-meneruskan" Whatsapp, kamu juga bisa menggunakan fitur ekspor chat untuk mengetahui siapa-siapa saja deretan kontak yang sering dihubungi. Untuk mengekspor chat, kamu cukup tap titik tiga di halaman beranda Whatsapp, lalu tap Setelan. Selanjutnya, tap Chat - Riwayat Chat - kemudian tap Ekspor Chat. Kamu akan melihat nama-nama kontak yang sering kamu hubungi pada menu tersebut.

Pertanyaaan selanjutnya, bagaiman kita bisa tahu pasti kontak tersebut memang yang sering kita hubungi? Aku sendiri juga tidak tahu bagaimana cara kerja Whatsapp dibalik itu semua sehingga memunculkan kontak-kontak di deretan Sering Dihubungi.

Jika pertanyaanmu bagaimana menghilangkan kontak yang sering dihubungi di Whatsapp, kita akan membahas pada bab selanjutnya.

Menghilangkan Sering Dihubungi di Whatsapp

Selanjutnya, kita akan menjawab pertanyaan inti dari tulisan ini, bagaimana cara menghilangkan sering dihubungi di Whatsapp? Cara yang paling simpel dengan membersihkan seluruh chat dari kontak yang sering dihubungi.

Dengan menghapus chat kontak yang sering kamu hubungi, otomatis namanya akan terhapus dari kontak sering dihubungi. Namun, bagi sebagian dari kamu pasti merasa sayang jika harus merelakan chat yang sudah sejak lama disimpan baik-baik.

Jika kamu salah satunya, kamu bisa menggunakan alternatif dengan mengaktifkan fitur passcode atau mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mengamankan privasimu. Dengan demikian, hanya kamu dan orang-orang yang tahu passcode HP-mu yang dapat melihat kontak sering dihubungi di Whatsapp-mu.

Kesimpulan

Bagaimana? Sangat mudah kan? Jadi, untuk mengecek siapa yang menjadi kontak sering dihubungi, kamu bisa menggunakan fitur Teruskan Pesan, tetapi yang perlu diingat, setiap jenis pesan yang kamu kirimkan akan menampilkan kontak sering dihubungi yang berbeda pula. Itu tergantung pada aktivitasmu dalam berbalas pesan

Selain menggunakan fitur teruskan pesan, kamu bisa menggunakan fitur Ekspor Chat untuk melihat kontak yang sering dihubungi.

Utuk menghapus kontak tersebut dari jajaran kontak sering dihubungi, kamu harus merelakannya dengan menghapus seluruh chat dari orang yang bersangkutan. Sebagai alternatif untuk menjaga privasimu, gunakan passcode dan atau aplikasi pihak ketiga untuk mengamankan Whatsapp-mu.

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done