News Update
Loading...

Jumat, 10 Desember 2021

Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Biasa Tanpa Arsip

Menyembunyikan chat Whatsapp bagi kebanyakan orang ada hal yang wajar. Bagaimanapun, Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang menyimpan berbagai pesan penting, tak terkecuali menyimpan privasi kita. 

Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Biasa Tanpa Arsip

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan chat Whatsapp-mu ini. Dengan menyembunyikan chat WhatsApp, tentu saja, privasimu menjadi lebih aman.


Menyembunyikan Chat WA dengan Arsip

WhatsApp sudah memiliki fitur untuk mengarsipkan chat WhatsApp. Sebenarnya fitur bawaan ini bisa kamu jadikan solusi untuk menyembunyikan chat.  Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyembunyikan chat WhatsApp melalui arsip. 

1. Buka WhatsApp

2. Tap dan tahan nama-nama kontak yang ingin kamu arsipkan. 
Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Biasa Tanpa Arsip 1
Tap dan tahan kontak, lalu tap ikon arsipkan

3. Selanjutnya, tap ikon kotak yang ada tanda panahnya di bagian atas kanan. 

4. Chat yang tadi kamu pilih sudah berhasil kamu sembunyikan. 

Meskipun sudah kamu sembunyikan dengan Mengarsipkannya, tetapi ketika kamu menerima pesan dari orang tersebut, chatnya akan otomatis muncul di beranda WhatsApp alias tidak terasip lagi. Bisa dibilang, cara ini hanya bersifat sementara.

Selain itu, kamu atau temanmu juga bisa melihat chat yang kamu arsipkan dengan menggunakan fitur cari kontak. Dengan fitur tersebut, hasil pencariannya akan menampilkan kontak yang kamu arsipkan. 
Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Biasa Tanpa Arsip 2
Setelah diarsipkan, akan muncul menu baru yaitu "Diarsipkan"

Jika seseorang menggulirkan chat WhatsApp-mu sampai di paling bawah, akan melihat informasi pesan atau kontak yang diarsipkan. Cukup memencet menu tersebut, otomatis chat yang kamu sembunyikan terbongkar sudah.

Dapat disimpulkan, cara pertama ini adalah cara yang paling mudah untuk menemukan chat yang sudah kamu sembunyikan.

Menyembunyikan Chat WhatsApp dengan Menguncinya

Bagi kamu yang ingin lebih menutup rapat chat WhatsApp-mu, kamu bisa menggunakan fitur kunci WhatsApp. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa membaca tulisan yang berjudul Cara Mengunci WhatsApp. Di tulisan ini, aku hanya akan menyinggungnya sedikit. 

Oiya, fitur ini adalah fitur bawaan WhatsApp ya, jadu kamu tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga lagi. Untuk mengunci WhatsApp-mu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Tap titik tiga di pojok kanan atas. 

3. Selanjutnya, tap Setelan. 

4. Kemudian, tap Privasi

5. Gulir ke bawah, lalu tap kunci sidik jari
Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Biasa Tanpa Arsip 4
Tap Kunci Sidik Jari

6. Jika kamu belum mengaktifkan kunci layar denga sidik jarimu, kamu akan diminta membuat kode keamanan HP-mu. Selanjutnya, pindai atau scan sidik jarimu pada sensor fingerprint HP-mu. 

Meskipun tidak benar-benar menyembunyikan chat WhatsApp, tapi orang lain membutuhkan kode akses ke WhatsApp-mu. Secara tidak langsung, kamu sudah berhasil menyembunyikan chat WhatsApp-mu.

Menyembunyikan Chat WhatsApp dengan WhatsApp Mod

Namanya saja WhatsApp versi Mod, mod yang berasal dari kata modify. Artinya WhatsApp mod adalah WhatsApp yang sudah dimodifikasi oleh pengembang tertentu untuk menambahkan beberapa fitur tambahan. 

Meskipun memiliki fitur tambahan, tetapi tidak menjamin seberapa aman aplikasi versi mod. Jadi, gunakan aplikasi WhatsApp Mod ini sesuai kebutuhanmu saja, ya. Oiya, di sini aku menggunakan Whatsapp Mod by Funda.

Bicara mengenai WhatsApp Mod, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menyembunyikan chat dengan temanmu. Menurutku, cara ini benar-benar dikatakan menyembunyikan chat WhatsApp. Kenapa? Jawabannya akan kita bahas setelah membahas cara menyembunyikan chat dengan GB Whatsapp APK

Untuk menyembunyikan chat GB Whatsapp APK, kamu bisa mempraktikkan cara berikut ini. 

1. Unduh dan install aplikasi GB Whatsapp APK

2. Selanjutnya, buka GB Whatsapp APK

3. Tap dan tahan 2-4 detik pada chat yang ingin kamu sembunyikan

4. Tap titik tiga di pojok kanan atas

5. Kemudian, tap Sembunyikan Chat
Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Biasa Tanpa Arsip 5
Tap Sembunyikan

6. Kamu akan diminta untuk memilih PIN, Pola, atau Fingerprint, kamu bisa memilih yang menurutmu paling nyaman digunakan. Lalu, buatlah kode keamanan yang ingin kamu gunakan. 

7. Selesai, chat WhatsApp tadi sudah berhasil kamu sembunyikan. 

Dengan fitur yang satu ini, chat WhatsApp yang sudah kamu sembunyikan akan sulit sekali untuk dilacak. Kamu tidak akan menemukan nama kontak yang kamu sembunyikan jika kamu menggunakan fitur pencarian.

Tak hanya itu, ketika akan memulai chat baru, nama kontak WA yang kamu sembunyikan tidak akan muncul di daftar kontakmu. Kamu juga tidak bisa menerima notifikasi dari kontak yang kamu sembunyikan. Jadi, kamu harus manual mengecek apakah ada pesan masuk dari kontak yang kamu sembunyikan atau tidak. 

Fitur ini juga berbeda dengan fitur mengarsipkan pada WhatsApp versi asli. Pada fitur menyembunyikan chat versi WhatsApp Mod tidak ada menu yang menyatakan ada berapa kontak yang diarsipkan. Kemungkinan, orang yang belum pernah menggunakan WhatsApp Mod ini akan kesulitan untuk menemukan chat yamg kamu sembunyikan. 

Untuk melihat pesan dengan kontak yang kamu sembunyikan, tap Namamu yang ada di beranda WhatsApp Mod. Selanjutnya, masukkan kode keamanan (PIN atau Pola atau Fingerprint) yang kamu buat sewaktu menyeting.
Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Biasa Tanpa Arsip 5


Jadi... 

Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan fitur mengarsipkan chat, chat yang kita sembunyikan sangat mudah untuk ditemukan, tetapi cukup efektif untuk sementara waktu. 

Dengan fitur mengunci WhatsApp, tidak bisa dikatakan murni menyembunyikan karena tidak ada yang disembunyikan. Kita hanya memberi kode keamanan untuk membuka aplikasi WhatsApp. 

Dengan fitur WhatsApp Mod atau GB Whatsapp APK, memang semua benar-benar tersembunyi, tapi kita harus merelakan WhatsApp original kita untuk menginstal versi mod. Artinya, jika versi aslinya memiliki update terbaru, pengguna WhatsApp mod harus menunggu sampai pengembangnya juga memperbarui WhatsApp mod tersebut. 

Bagaimana? Gampang kan? Kamu bisa memilih salah satu dari ketiga cara menyembunyikan chat WhatsApp sesuai yang kamu inginkan. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan, tanyakan pada kolom komentar, ya.  Selamat mencoba! 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done