News Update
Loading...

Selasa, 04 Januari 2022

Cara Mengaktifkan Insight Instagram

Salah satu fitur Instagram yang berguna bagi para pencari cuan adalah Insight Instagram. Di zaman serba digital ini, kita dapat memanfaatkan Instagram sebagai ladang untuk mencari tambahan uang jajan bahkan sumber utama mencari pundi-pundi kehidupan.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencari pundi-pundi kehidupan melalui Instagram dengan sistem endorse atau mempromosikan produk melalui akun Instagrammu. Sebagai calon pengguna jasa, tentunya mereka ingin mengetahui performa akun Instagrammu.

Cara Mengaktifkan Insight Instagram - 0

Nah, fitur yang dapat kamu gunakan secara gratis nan praktis adalah Insight Instagram. Pada tulisan ini, kita akan membahas ara mengaktifkan insight Instagram. Selanjutnya, kita akan menyinggung fitur-fitur yang ada pada Insight Instagram.

Oiya, yang perlu digarisbawahi, fitur insight Instagram ini hanya dapat digunakan bagi pengguna akun Instagram versi bisnis atau bussiness account. Jadi, pastikan akun Instagrammu sudah berada pada versi bisnis atau akun Kreator Instagram. 

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca tutorial tersebut pada tulisan yang pernah kutulis dengan judul Cara Membuat Akun Bisnis Instagram.

Cara Mengaktifkan Insight Instagram

Seperti yang sudah kusinggung sebelumnya, untuk menggunakan fitur insight Instagram, kamu harus beralih ke akun bisnis Instagram. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini

1. Buka aplikasi Instagram, selanjutnya login menggunakan akun Instagrammu.

2. Buka menu profil dengan tap foto profilmu di pojok kanan bawah.

3. Pada menu profil, tap ikon garis tiga di pojok kanan atas.

4. Gulir ke bawah, lalu tap Ubah Menjadi Akun Bisnis.

5. Di sini, kamu harus menghubungkan Instagram dengan Facebook atau Fans Page Facebook. Agar prosesnya lebih mudah, aku menyarankan untuk menggunakan aplikasi Facebook. Namun, bukan menjadi masalah jika kamu tidak menginstall aplikasi Facebook terlebih dahulu.

6. Untuk membuka Insight Instagrammu, buka halaman profilmu. Selanjutnya, tap ikon garis tiga dip pojok kanan atas.
Cara Mengaktifkan Insight Instagram - 2
Tap Insight

7. Kemudian, tap Insight.

8. Kamu akan melihat tampilan sinopsis insight akunmu selama 7 hari terakhir.

Selain mengaksesnya dari menu profil, kamu juga bisa mengakses insight setiap foto atau video yang sudah kamu unggah. Dengan demikian, kamu bisa melihat jenis postingan yang seperti apa yang disukai oleh followersmu.

Untuk melihat performa dari masing-masing postinganmu, kamu bisa membuka insight postinganmu dari halaman profil, lalu buka postinganmu.

Penjelasan Singkat Mengenai Insight Instagram

Saat pertama kali mengaktifkan fitur Insight Instagram ini, mungkin kamu tidak akan menemukan informasi apapun di menu insight Instagram. Oleh karena itu, kamu cukup menunggu satu atau dua hari agar Instagram dapat menampilkan informasi mengenai performa akun Instagrammu.

Jika Instagram sudah membuat rekapitulasi performa akunmu, kamu akan melihat jumlah akun yang dijangkau, akun interaksi, dan total pengikut pada jangka waktu tertentu. Tampaknya secara bawaan, Instagram akan menampilkan jangka waktu 7 hari.

a. Akun yang dijangkau
Akun yang dijangkau adalah jumlah akun unik dalam waktu 7 hari yang sudah melihat Instastory, postingan, reels, video siaran langsung yang kamu unggah di akun Instagrammu.

b. Akun Interaksi
Akun interaksi adalah jumlah interaksi yang terjadi pada Instastory, postingan, reels, video siaran langsung-mu dalam periode tertentu, 7 hari misalnya. Interaksi ini meliputi suka, komentar, bagikan, atau balasan.

c. Total Pengikut
Yang ini tentu kamu juga sudah tahu. Total pengikut adalah total followers akun Instagrammu.

Pada setiap ringkasan tersebut, terdapat persentase. Persentase ini menunjukkan perubahan pada periode tertentu. Periode ini sudah ditentukan oleh Instagram. Misalnya periode 7 hari yang pertama, dimulai dari 1 sampai 7 Januari. Periode 7 hari yang kedua, sejak 8 sampai 15 Januari. Periode 7 hari yang ketiga 16 sampai 22 Januari, dan seterusnya.
Cara Mengaktifkan Insight Instagram - 1
Contoh Insight Instagram

Sebagai contoh, pada tangkapan layar insight akun Instagramkuu. Dari screenshot tersebut, kita bisa tahu terjadi peningkatan akun yang dijangkau sebanyak 20% pada periode 16-22 Januari. Artinya sejak 16 sampai 22 Januari, akunku menjangkau 20% lebih banyak dibandingkan periode 8 sampai 15 Januari.

Cara Melihat Insight Instagram

Setelah berhasil mengaktifkan akun profesional ataupun bisnis, kamu bisa melihat Insight Instagram. Seperti yang sudah kutulis sebelumnya, insight Instagram akan bermanfaat untuk melihat bagaimana interaksi pengguna Instagram dengan konten yang kamu buat.

Langkah-langkahnya adalah

1. Buka menu profil Instagram dengan tap ikon titik tiga di pojok kanan bawah.

2. Kemudian tap tiga garis di pojok kanan atas.

3. Tap Insight.

4. Kamu bisa melihat-lihat grafik dan angka yang menunjukkan beragam interaksi terhadap kontenmu.

5. Kamu bisa melihat sorotan terbaru, total pengikut, interaksi akun dan konten, hingga akun yang dijangkau dari konten yang kamu buat.

Cara Melihat Insight Instagram Story

Selain konten berupa post, kamu juga bisa melihat insight Instagram story dengan langkah-langkah berikut ini

1. Buka beranda Instagram.

2. Selanjutnya, tap Story Instagram yang kamu buat.

3. Kamu akan melihat berapa orang yang telah menonton Instagram story-mu.

4. Selain itu, kamu juga bisa mengecek siapa saja yang telah menonton Instagram Story-mu.

Gampang banget kan? Meski tampaknya mudah, terkadang ada satu atau dua orang yang kesulitan untuk mengakses Insight Instagram. Berikut ini maslah-masalah yang kerap muncul ketika Insight Instagram tidak muncul

Penyebab Insight Instagram Tidak Muncul

Selanjutnya, kita akan membahas beberapa penyebab insight Instagram tidak muncul yang paling sering dialami pengguna Instagram.

Yang pertama adalah kamu belum beralih ke akun bisnis Instagram. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, untuk menggunakan insight Instagram, kita harus beralih ke akun bisnis Instagram. Selain itu, kita juga harus menghubungkan akun Instagram dengan Halaman di Facebook.

Untuk solusi yang pertama, tentu saja beralihlah dari akun biasa Instagram ke akun bisnis Instagram. Caranya sudah kita bahas pada bab sebelumnya. Jika masih memiliki kebingungan, kamu bisa tinggalkan di kolom komentar.

Yang kedua, kamu menggunakan aplikasi Instagram Lite. Selain tidak muncul di Instagram Lite, Fitur Insight Instagram ini juga tidak dapat digunakan ketika kamu menggunakan komputer atau browser biasa (yang dimaksud browser seperti Chrome, Mozila, Edge, dll). Jadi, pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Instagram terbaru, ya!

Gimana? Gampang banget kan? Kamu bisa mengaktifkan insight Instagrammu dengan sangat mudah. Selain dapat digunakan untuk menlihat performa akun Instagrammu, fitur insight ini juga bisa digunakan untuk menambah kredibilitas calon pengguna jasa endorsemu. 

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done