News Update
Loading...

Rabu, 02 Februari 2022

Cara Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Web

Hadirnya Whatsapp Web tidak bisa terlepas dari notifikasi Whatsapp Web yang berbunyi “WhatsApp web is currently active." Di satu sisi, notifikasi ini menjadi suatu tanda Whatsapp kita sedang dibuka, di lain pihak mungkin ada yang merasa risih dengan hadirnya notifikasi ini.

Namanya juga Whatsapp yang diversi desktop-kan, tentu saja fungsi Whatsapp Web sama dengan versi mobile. Yang menjadi perbedaan, ketika membuka Whatsapp Web melalui browser tidak terdapat fitur panggilan suara maupun panggilan video. Sisanya, fitur yang dihadirkan hampir seluruhnya sama dengan versi mobile-nya.

Cara Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Web

Bagiku, Whatsapp Web sangatlah bermanfaat. Bagaiman tidak? Ketika sedang fokus menyelesaikan pekerjaan menggunakan laptop atau PC, kita tak perlu repot-repot bolak-balik melihat HP. Selain itu, Whatsapp Web juga nyaman digunakan karena tampilan papan ketik untuk berbagi pesan tentunya lebih besar.

Namun, ada kalanya muncul notifikasi yang sulit dihilangkan yang berbunyi “WhatsApp web is currently active"  membuat mata risih dan jari gatal ingin menghapusnya. Pada tulisan ini, kita akan membahas cara menghilangkan notifikasi Whatsapp Web tersebut.

Oiya, di sini, aku menggunakan HP Vivo Y21 untuk mempraktikkan cara-caranya. Bisa jadi, terdapat perbedaan langkah. Itu semua tergantung seri dan merk HP yang kamu gunakan.

Menghilangkan Notifikasi WA Web melalui Pengaturan

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah menggunakan aplikasi pengaturan atau setelan. Pada dasarnya, kita akan memblokir notifikasi dari aplikasi Whatsapp. Caranya pun sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Selanjutnya, tap menu Status bar dan pemberitahuan.

3. Gulir ke bawah lalu tap Kelola pemberitahuan, selanjutnya pilih aplikasi Whatsapp.

4. Matikan izin notifikasi dengan tap atau geser toggle Izinkan notifikasi. Sehingga, tombol tersebut berpindah dari kanan ke kiri dan warnanya berubah dari biru menjadi abu-abu.
Cara Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Web

5. Selesai, kamu sudah berhasil menghilangkan notifikasi Whatsapp Web dari layar HP-mu.

Melalui Panel Notifikasi

Selain dari aplikasi Pengaturan atau Setelan, kamu juga bisa menghilangkan notifikasi Whatsapp Web dari panel notifikasi HP-mu.

1. Buka panel notifikasi HP-mu dengan gulir ke bawah layar HP-mu.

2. Selanjutnya, tekan dan tahan notifikasi Whatsapp Web yang bertuliskan WhatsApp Web saat ini sedang aktif.

3. Muncul dua pilihan yakni Blokir dan Administrasi.

4. Selanjutnya, tap Blokir.

6. Selesai, kamu berhasil menghilangkan notifikasi Whatsapp Web dari pandanganmu.

Dapat dikatakan kedua cara tersebut efektif untuk menonaktifkan notifikasi Whatsapp Web. Namun, mungkin ada yang merasa kurang efektif. Maklum saja, terkadang kedua cara tersebut juga memaksa HP-mu untuk memblokir notifkasi Whatsapp. 

Artinya bisa saja kamu tidak mendapatkan notifikasi ketika ada pesan Whatsapp masuk. Yang paling parah, bisa saja kamu tidak melihat notifikasi di HP-mu ketika ada panggilan Whatsapp masuk di HP-mu.

Keluar dari Whatsapp Web

Cara selanjutnya, ya bisa dibilang menyelesaikan masalah untuk menghilangkan notifkasi Whatsapp Web, tetapi kamu tidak bisa menikmati fitur Whatsapp Web. Dengan cara keluar atau logout Whatsapp Web, otomatis notifikasi Whatsapp Web-mu akan hilang. Untuk logout dari Whatsapp Web, terdapat dua cara yang tak kalah mudah.

Melalui HP

Untuk logout Whatsapp Web melalui HP-mu, kamu bisa mempraktikkan cara berikut ini.

1. Buka aplikasi Whatsapp di HP-mu.

2. Klik titik tiga di pojok kanan atas.

3. Selanjutnya, tap link devices atau perangkat tertaut.

4. Tap Logout atau Keluar.

Setelah kamu berhasil logout Whatsapp Web kamu tidak lagi melihat notifikasi Whatsapp Web sedang aktif. Namun, kamu juga tidak bisa berbalas pesan Whatsapp dari laptop atau PC-mu.

Melalui PC atau Laptop

Cara logout Whatsapp Web yang selanjutnya melalui PC atau laptop, keuntungan dan kerugiannya sama seperti yang sudah kujelaskan pada sub bab sebelumnya. Perbedaannya pada langkah yang dilakukan. Cara ini membantumu mengeluarkan Whatsapp Web melalui desktop atau PC-mu.

1. Buka tampilan Whatsapp Web yang sedang aktif di PC.

2. Selanjutnya, klik titik tiga di sebelah kanan atas obrolan.

3. Lalu, klik keluar.

4. Tunggu beberapa saat, notifikasi Whatsapp Web-mu akan hilang secara otomatis.

Setelah logout dari Whatsapp Web, artinya Whatsapp-mu sudah tidak terhubung dengan Whatsapp Web di laptop atau PC-mu. Untuk menggunakan Whatsapp Web di PC atau laptopmu lagi, kamu harus menghubungkan ulang Whatsapp HP dengan Whatsapp Web di PC-mu. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca tulisan yang berjudul Cara membuka Whatsapp di Laptop.

Apabila notifikasi WhatsApp Web dihilangkan, maka kita tidak akan pernah tahu jika tiba-tiba ada orang lain yang membuka akun Whatsapp kita tanpa sepengetahuan. 

Mendaftar WhatsApp Beta

Aku menaruh alternatif ini menjadi yang terakhir karena mendaftar peserta WhatsApp Beta tidak dibuka setiap saat. Hanya waktu-waktu tertentu, itu pun dibatasi tidak semua orang bisa mencicipi fitur-fitur baru yang (mungkin) akan dirilis di pembaharuan selanjutnya.

Jadi, jangan heran jika kamu tidak dapat melihat langkah-langkah ini, dan tidak bisa bergabung dengan WhatsApp Beta. Untuk mendaftar WhatsApp Beta, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Unduh dan instal aplikasi WhatsApp terbaru melalui Google Play Store.

2. Selanjutnya, tap titik tiga di pojok kanan atas.

3. Kemudian, tap Perangkat Tertaut.

4. Tap Beta Multiperangkat.
Cara menghilangkan notifikasi WhatsApp Web 2


Jika muncul notifikasi pop up, tinggal oke saja. 

Dengan bergabung WhatsApp versi Beta, kamu bisa login pada 4 device berbeda dengan metode scan barcode WhatsApp Web, tidak muncul notifikasi WhatsApp Web, dan hebatnya lagi HP-mu tak perlu terhubung ke internet ketika menggunakan WhatsApp Web versi Beta.

Gimana? Gampang banget kan? Dari 4 cara tersebut, aku lebih condong ke cara ke-4, meskipun tidak selalu mendapat kesempatan. Namun, ada baiknya dicoba karena lebih praktis daam penggunaan WhatsApp Web.

Dengan menghilangkan notifikasi WhatsApp Web ini, tentu saja ada plus minusnya. Notifikasi memiliki fungsi untuk menjaga keamanan akun WhatsApp kita. Jika dihilangkan, kita tak tahu di mana saja WhatsApp Web kita telah dibuka. Itu semua tergantung dari pertimbanganmu, ya.

Selamat mencoba!

Kontributor: Rima Sekar

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done