News Update
Loading...

Minggu, 19 Juni 2022

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp lewat Email

Apakah saat ini kamu sedang mencari informasi mengenai cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email? Hal ini biasanya ditanyakan oleh banyak orang yang sedang berada di luar negeri, di mana mereka tidak bisa login kembali ke akun WhatsApp menggunakan nomor sebelumnya yang berbeda kode negaranya.

Sebagai pengguna WhatsApp, pasti kamu juga sudah tahu kalau kode verifikasi digunakan sebagai kode untuk memastikan bahwa kamulah pemilik WhatsApp tersebut. Kepemilikan nomor ini dibuktikan dengan SMS yang kamu terima apabila kamu mendaftarkan nomor tersebut ke WhatsApp.

Biasanya, jika kamu melakukan login di WhatsApp, maka kamu hanya bisa menemukan satu metode login yaitu menggunakan nomor telepon. Pada umumnya, di beberapa aplikasi media sosial menyediakan beberapa opsi untuk melakukan login, salah satunya dengan menggunakan alamat email.

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp lewat Email 1

Pertanyaan selanjutnya, apakah Whatsapp juga menyediakan fitur tersebut? Bagaimana cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email dan tanpa nomor telepon? Sebelum menyimpulkan, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu untuk mengetahui jawabannya.

Bagaimana Cara Melewati Kode Verifikasi Whatsapp dengan Mudah dan Tanpa Nomor Telepon

Menurut halaman resmi dari WhatsApp, satu-satunya cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kode verifikasi akun whatsapp yaitu melalui nomor telepon, baik dengan metode SMS maupun panggilan telepon. Sehingga, para pengguna whatsapp tidak bisa memverifikasi akun WhatsApp lewat alamat email.

Oleh karena itu, para pengguna whatsapp diharuskan untuk memastikan nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar WhatsApp masih dalam keadaan aktif. Kamu baru bisa menggunakan alamat email untuk mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp

Fitur verifikasi dua langkah atau dikenal juga dengan istilah autentikasi dua langkah di WhatsApp merupakan sebuah fitur yang bisa kamu tambahkan sebagai keamanan tambahan di akun whatsapp. Hal itu dilakukan dengan cara memasang 6 digit nomor PIN yang akan melindungi akun WhatsApp jika ada seseorang yang ingin meretas akun WhatsApp-mu.

Nah untuk mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah WhatsApp, kamu memerlukan alamat email untuk disambungkan ke akun WhatsApp. Alamat email ini berfungsi untuk menyetel ulang PIN verifikasi dua langkah apabila suatu hari kamu lupa PIN. Perlu kamu tahu, PIN verifikasi dua langkah berbeda dengan kode verifikasi OTP 6 digit yang kamu terima melalui SMS atau panggilan telepon.

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp Lewat SMS

Seperti yang sudah kusinggung di awal, cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp hanya bisa kamu lakukan melalui nomor telepon, baik via SMS maupun panggilan telepon. Untuk mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat SMS, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah berikut ini

Buka aplikasi WhatsApp yang sudah kamu download melalui Play Store maupun App Store sesuai jenis perangkat kamu.

Pilih kode negara yang sesuai di kolom sebelah kiri, dilanjutkan dengan mengisi nomor telepon tanpa angka 0 di bagian depan nomor.

Pastikan kode negara dan nomor telepon sudah benar, kemudian klik tombol lanjut untuk meminta kode verifikasi dikirimkan.

Nantinya, kamu akan diarahkan ke menu kode verifikasi OTP, dan secara otomatis SMS berisi kode verifikasi akan masuk.

Apabila kamu tidak mendapatkan kode verifikasi lewat SMS, apakah kamu bisa memanfaatkan opsi panggil saya.

Jika sudah mendapatkan kode verifikasi, masukkan 6 digit kode tersebut ke kolom yang sudah tersedia.
Nantinya secara otomatis kamu akan langsung masuk ke akun Whatsapp milikmu setelah menunggu beberapa saat.

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Whatsapp Lewat Email dengan Fitur Verifikasi Dua Langkah

Kamu bisa mendapatkan kode verifikasi Whatsapp  lewat Email apabila kamu telah mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di pengaturan keamanan WhatsApp. Selain itu, kamu juga harus menyambungkan alamat email ke fitur verifikasi dua langkah. 

Alamat email yang kamu masukkan dapat kamu gunakan untuk menyetel ulang PIN saat lupa PIN verifikasi dua langkah. Berikut ini adalah tutorial mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat email apabila kamu mengalami lupa PIN untuk verifikasi dua langkah.

Saat login ke akun Whatsapp, biasanya kamu akan otomatis diarahkan ke menu verifikasi dua langkah.

Pada menu tersebut, pilih opsi lupa PIN untuk mendapatkan kode verifikasi.

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan notifikasi dari WhatsApp, lalu klik opsi kirim email.

Nantinya, WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi berupa link tautan ke alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya.

Buka aplikasi email, dan klik tautan tersebut, lalu klik konfirmasi.

Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp dan klik pada opsi lupa pin.

Terakhir, setel ulang PIN verifikasi dua langkah dengan PIN yang mudah kamu ingat, namun sulit ditebak oleh orang lain.

Gimana? Gampang banget kan? Sekali lagi kutegaskan, sampai tulisan ini dibuat, Whatsapp belum memiliki fitur mengirimkan kode verifikasi lewat email. Jadi, untuk mendaftar atau login ke Whatsapp, kamu memerlukan nomor telepon yang bisa menerima SMS atau telepon.

Kalau kamu sudah mengaktifkan verifikasi dua langkah Whatsapp, sudah menyetel PIN-mu, di tengah perjalanan kamu lupa PIN-mu, kamu bisa menyetel ulang lewat Email. Jadi, kode verifikasi lewat email hanya dapat dilakukan untuk menyetel ulang PIN verifikasi dua langkah.

Kalau kamu masih bingung, atau punya pertanyaan lain, kamu bisa tanyakan di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done