News Update
Loading...

Senin, 01 Agustus 2022

Cara Membalas WA Otomatis

Membalas Whatsapp otomatis adalah salah satu cara agar kamu tetap dianggap fast respon oleh teman-temanmu. Jika kamu adalah pelaku bisnis, kecepatan membalas ini tentu akan membuat pelangganmu lebih senang.

Sebenarnya, fitur membalas WA secara otomatis ini baru tersedia di Whatsap Bisnis. Jadi, pemilik usaha bisa lebih fast respon terhadap customer maupun calon customer.

Cara Membalas WA Otomatis

Bagi pengguna Whatsapp biasa, jangan khawatir karena kamu juga tetap bisa menikmati fitur balas WA otomatis menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan secara gratis dari Google Play Store.

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara membalas WA otomatis menggunakan dua cara, cara pertama menggunakan Whatsapp Bisnis. Cara kedua, menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Balas Otomatis menggunakan Whatsapp Bisnis

Kita akan membahas balas otomatis WA menggunakan Whatsapp Bisnis. Seperti yang telah kutuliskan sebelumnya, Whatsapp Bisnis mendukung fitur balasan otomatis. Jadi, fitur ini sebagai salah satu keunggulan yang dimiliki Whatsapp Bisnis. Untuk menggunakannya pun tidaklah sulit.

1. Buka Whatsapp Bisnis. Kamu harus mendaftar ke Whatsapp Bisnis terlebih dahulu.

2. Ketuk tiga titik di kanan atas aplikasi WhatsApp Bisnis. 

3. Tap Pengaturan, lalu tap Fitur Bisnis, dan terakhir pada Salam. 

4. Nyalakan tombol toggle Kirim Salam.
Salam berarti customermu akan mendapatkan balasan dari nomor Whatsapp-mu secara otomatis pertama kali menghubungimu. Dengan demikian, siapa pun akan mendapatkan balasan secara otomatis.

5. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur Pesan di luar jam kerja. Cukup aktifkan menu Kirim Pesan di luar jam kerja.

6. Kemudian ubah pesan yang ingin kamu kiri pada menu Pesan di luar jam kerja.

7. Tentukan kapan balasan otomatis itu akan terkirim. Kamu bisa memilih selalu kirim, jadwal khusus, atau di luar jam kerja. Untuk memudahkanmu, aku menyarankan pilih saja selalu kirim.

8. Atur siapa saja penerima pesan balasan otomatismu. Kamu bisa memilih semua orang, semua orang yang tidak ada di kontak, semua orang, kecuali, atau hanya kirim ke kontak-kontak tertentu saja. Di sini, aku menyarankan Semua Orang. Namun, kamu bisa menyesuaikan kebutuhanmu.

9. Kalau sudah, tap Simpan di pojok kanan atas.

10. Selesai.. Kamu sudah bisa mengirim balasan WA secara otomatis kalau-kalau ada yang menghubungimu/

Membalas Whatsapp Otomatis menggunakan Aplikasi

Sedikit berbeda dengan cara sebelumnya, kalau tadi kita menggunakan fitur bawaan Whatsapp, sekarang kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sebenarnya, banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan. Di sini aku menggunakan Auto Reply karya Pransulnc.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store. Selain itu, fitur yang digunakan sudah cukup lengkap untuk sekadar memberikan balasan otomatis di Whatsapp.

1. Install aplikasi Auto Reply.

2. Selanjutnya, buka dan beri izin Auto Reply untuk membaca Notifikasi Whatsapp.

3. Kemudian, tap ikon + untuk membuat pesan apa yang hendak kamu jadikan balasan otomatis.

4. Pilih aplikasi Whatsapp yang kamu gunakan, Whatsapp Official adalah WA yang kamu unduh dari Google Playstore, WA GB dan WA DG adalah contoh dari Whatsapp Modded.

5. Masukkan keyword atau kata kunci untuk memicu Whatsapp memberikan balasan otomatis.
Misalnya, aku menggunakan kata kunci "Ready?" dengan opsi "Exact match". Setiap orang yang mengirimkan pesan dengan kata "Ready?" akan mendapat balasan otomatis.

Kamu bisa mengatur perintah atau kondisi tertentu sesuai dengan kebutuhanmu.

6. Selanjutnya, tap ikon centang yang ada di kanan bawah.

Aku sudah mencoba menggunakan aplikasi Auto Reply di Xiaomi Poco M3. Hasilnya cukup memuaskan. Namun, ada kalanya balasan otomatis itu tidak berfungsi karena Auto Reply ikut tertutup ketika membersihkan recent apps.

Kalau aplikasi Auto Reply tidak berfungsi, kamu bisa buka aplikasi tersebut, lalu ikuti perintah yang aplikasi tersebut. Cara ini mirip dengan membuat Bot Whatsapp. Pada tulisan tersebut, aku sudah menuliskan aplikasi lain dengan bahasan yang lebih lengkap.

Gimana? Gampang banget kan? Kamu bisa memilih salah satu untuk membalas Whatsapp secara otomatis. Kalau kamu sudah menggunakan Whatsapp Bisnis, kamu bisa memanfaatkan fitur Balas otomatis.

Jika kamu tidak ada niatan untuk aberalih ke Whatsapp Bisnis, aplikasi pihak ketiga seperti Auto Reply bisa menjadi pilihan.

Masih punya aplikasi atau cara lain? Cantumkan di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done