News Update
Loading...

Senin, 05 September 2022

Cara Mengatasi Status WA Error

Sebagai salah satu aplikasi berbalas pesan yang paling banyak digunakan di dunia, Whatsapp tidak berhenti untuk mengupdate fitur-fitur yang membuat penggunanya makin betah. Salah satu fitur yang semakin menarik hati adalah Status Whatsapp.

Dengan status WA, penggunanya dapat membuat story yang dapat dilihat oleh orang yang sama-sama menyimpan kontak. Namun, terkadang harapan tidak seindah ekspetasi. Ada kalanya status WA eror karena satu dua hal.

Cara Mengatasi Status WA Error 1

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara mengatasi status WA eror. Namun, sebelum membahas inti permasalahan, kita juga akan membahas penyebab status WA eror. Masalah yang paling umum adalah d memori penyimpanan internal yang sudah penuh, atau koneksi internet yang kurang stabil. 

Untuk lebih lengkapnya, kita akan bahas pada tulisan berikut ini.

Penyebab Status WA Tidak Muncul atau Eror

Seperti yang kutuliskan sebelumnya, terdapat beberapa faktor yang bisa saja membuat status WA tidak muncul atau eror. Bisa jadi, beberapa alasan ini yang membuat status WA tidak muncul di HP kita.

1. Koneksi Internet yang kurang stabil. Permasalahan yang paling umum tidak munculnya status WA karena masalah koneksi internet yang kurang stabil. Akibatnya, Whatsapp tidak bisa mengunduh status Whatsapp yang hendak kita tonton.

2. Memori internal yang penuh. Karena status Whatsapp disimpan di server Whatsapp, untuk mengaksesnya, kita memerlukan ruang penyimpanan yang cukup agar status tersebut bisa kita tonton. 

Beberapa status yang pernah kita tonton nyatanya juga tersimpan untuk sementara waktu di memori internal HP kita. Hal ini pernah kutulis di tulisan berjudul Cara Menyimpan Status WA.

3. Belum saling menyimpan nomor. Status Whatsapp baru bisa dinikmati ketika penggunanya saling menyimpan kontak. Artinya, ketika kamu sudah menyimpan nomor orang tersebut, tetapi orang tersebut belum menyimpan nomormu, kamu tidak akan bisa melihat status orang tersebut.

4. Pengaturan privasi pembuat status. Selain harus saling menyimpan kontak, privasi untuk status Whatsapp juga bisa diatur sehingga pembuat status bisa memilih siapa-siapa saja yanng bisa menonton status yang mereka buat. Bisa jadi, kamu memang tidak dimasukkan dalam list yang bisa melihat status orang tersebut.

5. Whatsapp sedang mengalami gangguan. Kalau sekiranya beberapa alasan umum tersebut sudah kamu atasi, tetapi status Whatsapp masih eror, bisa jadi Whatsapp sedang mengalami gangguan. Seperti beberapa waktu lalu, Whatsapp tidak bisa digunakan untuk mengirim atau pun menerima foto atau video. Jadi, harus bersabar untuk melewati gangguan tersebut.

Cara Mengatasi Status Whatsapp Eror

Setelah tahu penyebab umum kenapa status Whatspap eror, kita akan lanjutkan cara mengatasi atau mengantisipasi hal-hal tersebut. Di tulisan ini, aku menggunakan HP Poco M3, jadi kalau ada perbedaan pada letak fitur harap maklum, karena beda merk dan seri HP berbeda pula letak fiturnya.

1. Mencari koneksi internet yang stabil

Karena Whatsapp adalah aplikasi berbalas pesan yang memerlukan internet, kamu harus memastikan HP atau laptopmu memiliki koneksi internet yang stabil. Dengan koneksi internet yang stabil, akan membantu Whatsapp mengunduh status WA hingga bisa kamu lihat.

Jika kamu tidak yakin dengan masalah koneksi internetmu, masuk ke mode pesawat (airplane mode) terlebih dahulu, lalu nyalakan koneksi internetnya. Hal ini diyakini bermanfaat untuk merefresh koneksi internet di HP-mu. Jika menggunakan Wifi, matikan lalu nyalakan lagi Wifi di HP-mu.

2. Pastikan Whatsapp sudah versi Terbaru

Meski terkadang Whatsapp memaksa penggunanya untuk memperbarui aplikasi, tetapi terkadang ada beberapa fitur yang sudah tidak bekerja walau Whatsapp belum memaksa update. Jadi, pastikan kamu sudah memperbarui Whatsapp ke versi terbaru.

Untuk memperbarui Whatsapp, kamu bisa buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi Whatsapp. Kemudian, tap Update jika ada update terbaru.

Cara Mengatasi Status WA Error

3. Bersihkan Cache

Kalau ternyata tidak ada update atau pembaruan di Google Play Store, kamu bisa menghapus cache aplikasi Whatsapp yang ada di HP-mu. Hal ini juga diyakini bisa merefresh kinerja Whatsapp, dan membantu dalam membersihkan memori internal HP-mu. 

Untuk membersihkan cache, buka aplikasi Setting, lalu buka Aplikasi. Kemudian, pilih Whatsapp, lalu tap clear cache.

Cara Mengatasi Status WA Error 2

4. Cek Apakah Sudah Saling Menyimpan Kontak

Sedikit berbeda dengan Instagram yang masih sama-sama anak perusahaan. Untuk melihat status Whatsapp, kamu dan orang yang ingin kamu lihat statusnya harus sama-sama menyimpan kontak. Kalau hanya salah satu yang menyimpan kontak, kamu tidak akan bisa melihat status mereka. 

Begitu juga dengan mereka. Kalau kamu tidak menyimpan kontak mereka, mereka tidak akan melihat status Whatsapp-mu. Jadi, pastikan kamu sudah saling menyimpan kontak Whatsapp dengan orang tersebut.

5. Besarkan Hati jika Ternyata Sengaja Disembunyikan dari Kamu

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, pembuat status Whatsapp bisa memilih dan memilah siapa-siapa yang bisa melihat status Whatsapp kita. Nah, kamu harus bersabar kalau ternyata kamu tidak termasuk ke orang yang bisa melihat status si doi. 

Kalau kamu mau, kamu bisa meminta doi untuk memasukkan namamu di list orang yang bisa melihat status Whatsapp orang tersebut. Namun, semua juga perlu prvasi, jadi jangan terlalu memaksa untuk melakukan hal tersebut.

Gimana? Gampang banget kan? Untuk cara yang kerap dilakukan untuk mengatasi status WA eror, sebenarnya hanyalah memastikan kamu punya ruang kosong di HP-mu, memastikan koneksi internet stabil dan lancar, terakhir menunggu. Menunggu nomormu disimpan orang tersebut, atau menunggu Whatsapp pulih kembali setelah mengalami gangguan.

Kalau kamu masih punya pertanyaaan atau punya cara yang lebih manjur, kamu bisa cantumkan di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done