News Update
Loading...

Selasa, 06 September 2022

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang di HP Xiaomi

Setelah beberapa waktu lalu, kita membahas cara menghapus kontak Whatsapp yang tidak bisa dihapus, pada tulisan ini, kita akan membahas cara mengembalikan kontak WA yang hilang di HP Xiaomi.

Seperti yang kita tahu, Xiaomi menawarkan beragam keunggulan dibanding dengan merk HP lain. Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah harganya yang terjangkau dengan spesifikasi HP yang dibilang cukup untuk aktivitas sehari-hari. 

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang di HP Xiaomi

Dari segi tampilan, Xiaomi juga tidak kalah menarik dengan HP-HP lainnya. Tak hanya itu, performa yang disuguhkan pun dapat bersaing dengan merk HP yang lain. Sebagai salah satu merk telepon pintar, pengguna Xiaomi tentu tidak asing dengan Whatsapp.

Terkadang, pengguna Xiaomi dihadapkan pada masalah kecil yang cukup mengganggu penggunanya.  Salah satunya kontak WA yang tiba-tiba hilang dari HP Xiaomi. Terkesan sepele, tetapi kalau di saat-saat genting, biasanya hal ini akan menambah kepanikan atau bahkan membuat penggunanya lupa diri. 

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara mengembalikan kontak WA yang hilang di HP Xiaomi. Di sini, aku menggunakan Xiaomi Poco M3. Mungkin satu atau dua konfigurasi akan berbeda letak dengan seri HP yang lain. Meski demikian, perbedaan itu tidak akan terlalu jauh.

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang di HP Xiaomi

Sadar maupun tidak sadar, Whatsapp memerlukan izin untuk mengakses kontak yang ada di HP kita. Dengan mengizinkan akses tersebut, Whatsapp akan otomatis menyinkronkan kontak yang ada di HP dengan aplikasi Whatsapp. 

Kalau masalahnya tidak ada nama kontak satu pun di Whatsapp, bisa jadi kamu belum mengizinkan Whatsapp untuk mengakses kontak HP-mu. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memberi izin Whatsapp untuk mengakses kontak HP-mu. Praktikkan langkah-langkah berikut ini

1. Buka Aplikasi Setting.

2. Kemudian tap Aplikasi.

3. Pilih menu Perizinan.

4. Selanjutnya, tap aplikasi Whatsapp.

5. Buka pengaturan Kontak

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang di HP Xiaomi 2

6. Gulir ke bawah, lalu tap Whatsapp.

7. Aktfikan perizinan pada baca kontak dengan tap toggle Izinkan.

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang di HP Xiaomi 2

Tunggu beberapa saat hingga Whatsapp menyinkronkan kontak HP-mu. Jika sudah ditunggu tetapi masih tidak ada perubahan, kamu bisa coba restart HP-mu. Sesuai pengalamanku, dengan restart HP bisa menyinkronkan kontak Whatsapp dengan kontak HP.

Sebenarnya gitu doang sih, heheehe.

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Tak Sengaja Terhapus di HP Xiaomi

Kalau kamu tidak sengaja menghapus kontak HP-mu, kamu masih punya harapan untuk mengembalikan kontak tersebut. Harapan yang dimaksud adalah, kamu sekadar menghapus kontak yang ada di memori internal HP-mu, bukan kontak yang sudah kamu simpan di akun Google.

Untuk mengecek di mana kamu menyimpan kontakmu (di memori internal HP atau kontak Google), kamu bisa membuka Google Kontak lewat browser kesayanganmu. Namun, untuk lebih singkat, kamu juga bisa langsung menyinkronkan data-data yang ada di memori internal dengan data-data yang ada akun Google. Langsung saja praktikkan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi Setelan.

2. Kemudian, tap menu Akun dan Sinkronkan.

3. Tap Google. 

4. Pilih akun Google yang kerap kamu gunakan. Kalau kamu bingung, kamu bisa menggunakan cara ini terhadap semua akun Googlemu.

5. Selanjutnya, tap sinkronisasi Kontak.

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang di HP Xiaomi 3

Tunggu sampai prosesnya selesai. Untuk cara ini, pastikan HP-mu sudah terhubung dengan internet yang stabil dan lancar ya. Karena menyinkronkan kontak Google harus mengunduh data-data tersebut dari server Google.

Meski bisa dicoba, tetapi aku tidak menjamin kedua cara tersebut akan berhasil 100%. Misalnya saja, kontak yang benar-benar sudah terhapus (baik dari Google Kontak, maupun memori internal) tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Bisa juga, sebenarnya kamu belum menyimpan kontak tersebut, tetapi sudah merasa menyimpan kontak tersebut. Hal tersebut juga bisa membuat cara ini berhasil 100%. Bukankah lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali?

Gimaana? Gampang banget kan? Kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah tersebut untuk mencoba mengembalikan kontak WA yang hilang di HP Xiaomi. Kalau kamu masih punya pertanyaan atau punya cara yang kamu rasa lebih manjur, cantumkan di kolom komentar ya!

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done