News Update
Loading...

Jumat, 18 November 2022

Cara Merekam Telepon WA Tanpa Aplikasi

Cara merekam telepon WA tanpa aplikasi adalah cara yang dapat kamu gunakan untuk menjadikan suara orang lain sebagai bukti percakapan. Dengan merekam telepon WA, kita bisa mengingat-ingat lagi apa yang kita bahas dengan orang di ujung telepon WA kita.

Seperti yang kita tahu, sebenarnya, Whatsapp memiliki beragam fitur. Namun, untuk yang satu ini, tampaknya Whatsapp belum memberikan perhatian lebih. Ringkasnya, kita belum bisa merekam telepon WA langsung dari aplikasi Whatsapp.

Cara Merekam Telepon WA Tanpa Aplikasi

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara merekam telepon WA tanpa aplikasi. Terdapat dua cara yang paling sederhana yang bisa kamu gunakan. Cara pertama menggunakan dua HP, cara kedua dari fitur rekam layar di HP Android.

Cara Merekam Telepon WA tanpa Aplikasi

Menggunakan Dua HP

Kamu bisa menggunakan dua HP untuk merekam telepon WA. Satu HP untuk menerima telepon, satu HP lagi untuk mulai merekam percakapan yang terjadi saat menelpon. Untuk lebih lengkapnya, praktikkan langkah berikut ini. 

1. Telepon Whatsapp seperti biasa menggunakan HP PERTAMA.

2. Selanjutnya, buka aplikasi perekam suara di HP KEDUA.

3. Di HP KEDUA, tap mulai rekam suara menggunakan aplikasi bawaan HP-mu.

4 Pastikan jarak HP PERTAMA, kamu ngomong, dan HP KEDUA stabil agar hasil rekamannya pun sedikit lebih baik.

5. Kemudian, tap stop jika sudah selesai merekam panggilan telepon WA.

Satu tips agar hasil suara yang dihasilkan lebih optimal, loudspeaker saja panggilan telepon WA-mu. Dengan me-loudspeaker panggilan Whatsapp, akan mengubah suara panggilan HP PERTAMA yang awalnya kecil, menjadi sedikit lebih lantang.

Menggunakan Fitur Bawaan

Jika kamu kesulitan menemukan dua HP, kamu bisa menggunakan fitur bawaan berupa aplikasi rekam layar. Pada tulisan ini, aku menggunakan fitur rekam layar yang ada di HP Xiaomi Poco M3. 

Mungkin tidak semua device tidak mendukung merekam panggilan ketika sedang merekam tangkapan layar. Kamu bisa coba praktikkan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka notifikasi bar dengan gulir bagian atas layar ke bawah.

2. Selanjutnya, tap ikon kamera recorder untuk merekam tangkapan layar Android.

3. Akan muncul pop untuk mengaktifkan fitur tersebut. 

4. Sebelum merekam tangkapan layar HP-mu, seting aplikasinya menjadi menggunakan mic dan audio internal. Caranya buka pengaturan rekam layarmu, lalu ubah pengaturan Sumber Suara menjadi Mikrofon.
Cara Merekam Telepon WA Tanpa Aplikasi 2


5. Jika setingannya sudah sesuai, silakan tap ikon rekam di bagian bawah.

6. Apabila sudah selesai, lihat video hasil tangkapan layarmu di galeri.

7. Selesai, silakan dicoba.

Seperti yang sudah kuungkapkan sebelumnya, mungkin tidak semua perangkat mendukung fitur ini. Karena ada seri HP yang tidak bisa merekam percakapan telepon Whatsapp dengan cara tersebut. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mempraktikan langkah-langkah tersebut.

Gimana? Gampanag banget kan? Kamu bisa merekam telepon WA tanpa aplikasi menggunakan dua cara. Cara pertama dengan meminjam HP atau mengusahakan ada dua HP. Cara kedua adalah menggunakan fitur rekam tampilan layar.

Sekali lagi, meski tidak semua fitur rekam layar dapat merekam suara telepon Whatsapp, kamu bisa coba praktikkan lebih dahulu.

Jika kamu masih punya pertanyaan tentang merekam telepon WA tanpa aplikasi, cantumkan di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done