News Update
Loading...

Rabu, 21 Desember 2022

Cara Mematikan Suara Kamera WhatsApp Mudah dan Praktis

Cara mematikan suara kamera WhatsApp belakangan ini dicari oleh banyak orang, khususnya para pengguna aplikasi pesan instan tersebut. Bagaimana tidak, suara kamera WhatsApp dianggap mengganggu karena muncul ketika pengguna mengambil gambar menggunakan fitur kamera WhatsApp.

Sebagai informasi, aplikasi WhatsApp didukung oleh fitur kamera dan video yang bisa digunakan untuk mengirimkan foto secara langsung ke kontak, grup, maupun status. Hal ini tentunya memudahkan penggunanya, sehingga para pengguna tidak perlu repot keluar dari aplikasi dan membuka aplikasi kamera bawaan di hp.
Cara Mematikan Suara Kamera WhatsApp

Namun, suara kamera yang muncul saat mengambil gambar dan video cukup mengganggu bagi sebagian besar orang. Oleh karena itu, berikut akan kami bagikan informasi bermanfaat untuk kamu mengenai cara mematikan suara kamera WhatsApp Xiaomi dan berbagai merk smartphone lainnya.

Cara Mematikan Suara Kamera WhatsApp dengan Berbagai Cara

Perlu kamu tahu, untuk dapat mematikan suara yang muncul saat mengambil gambar menggunakan kamera WhatsApp, kamu bisa menggunakan beberapa cara. Berikut ini adalah cara mematikan suara kamera WhatsApp Xiaomi dan merk lainnya, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

1. Cara Mematikan Suara Kamera di WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara mematikan suara kamera WhatsApp yang pertama bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi apapun. Cukup dengan menggunakan menu pengaturan, kamu bisa mengambil foto atau video tanpa terganggu suara kamera.

1. Pertama, buka aplikasi pengaturan pada ponsel kamu, lalu cari menu "Suara dan Getar".

2. Setelah itu, klik menu suara dan getar, lalu akan ada tiga opsi yaitu suara, getar, dan juga hening/diam.

3. Untuk mematikan suara kamera WhatsApp, kamu bisa memilih opsi getar atau diam yang fungsinya sama-sama bisa mematikan suara kamera.

4. Selesai.

Selain menggunakan metode di atas, kamu bisa menggunakan cara yang lebih mudah dan simple yaitu dengan menggunakan panel notifikasi. Panel ini bisa kamu gulir dari atas ke bawah, dan nantinya akan muncul beberapa opsi pengaturan yang bisa diakses dengan cepat tanpa perlu masuk ke aplikasi pengaturan.

2. Mematikan Volume Sistem

Pada beberapa merk smartphone seperti Samsung, cara mematikan suara kamera WhatsApp bisa dilakukan hanya dengan mematikan volume sistem. Sebagai informasi, pada smartphone terdapat beberapa jenis audio, mulai dari notifikasi, nada dering telepon, alarm, media, dan sebagainya.

Pada beberapa jenis smartphone seperti Samsung, terdapat satu jenis audio yang fungsinya untuk mengatur volume aplikasi sistem, termasuk kamera. 

Nah, fitur ini dapat diakses dengan menekan tombol volume satu kali, dan klik titik tiga pada volume yang muncul. Jika sudah muncul opsi volume audio, kecilkan  volume sistem hingga volume sistem nonaktif total.

3. Cara Mematikan Suara Kamera di WhatsApp Dengan Bantuan Aplikasi

Selain tanpa menggunakan aplikasi, cara mematikan suara kamera WhatsApp Xiaomi dan merk lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hal ini dilakukan apabila tidak ada pengaturan yang mendukung untuk mematikan suara kamera langsung di smartphone.

Bagi kamu yang ingin mematikan suara kamera di WhatsApp, maka aplikasi yang bisa kamu gunakan bernama "Silent Camera" yang diklaim dapat membantu mematikan suara kamera, termasuk di aplikasi WhatsApp. Aplikasi yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan mudah yaitu tinggal download di Google Play Store.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, dimana kamu tinggal menginstal aplikasinya di Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasinya dan pilih opsi silent camera untuk mematikan suara kamera. Dengan begitu, seluruh suara kamera akan mati saat mengambil foto, termasuk di aplikasi WhatsApp.

4. Mematikan Suara Shutter pada Kamera

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mematikan suara kamera WhatsApp yaitu dengan mematikan suara shutter pada pengaturan kamera. 

Pada beberapa merk smartphone, mematikan suara kamera bisa dilakukan dengan mematikan suara shutter kamera secara langsung tanpa bantuan aplikasi apapun.

Fitur ini bisa kamu temukan pada pengaturan yang ada di aplikasi kamera, biasanya fiturnya ada di bagian pojok kanan atas atau pojok kiri atas sesuai dengan setting di hp masing-masing. 

Setelah itu, akan ada opsi suara shutter pada kamera, lalu ubah posisi switch menjadi "off", dengan begitu suara kamera tidak akan muncul lagi.

Akhir kata, itulah informasi yang bermanfaat untuk kamu mengenai cara mematikan suara kamera WhatsApp yang bisa dilakukan tanpa aplikasi, maupun tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

Kamu dapat memilih metode di atas yang sesuai dengan tipe hp yang kamu gunakan saat ini. Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done