News Update
Loading...

Sabtu, 15 April 2023

Cara Membuat Notes atau Catatan di Instagram

Belum lama ini, Instagram merilis fitur baru yang bisa kita gunakan untuk membagikan tulisan singkat kepada mutual friend (kamu dan pengguna lain sama-sama mengikuti) atau sekadar close friends. 

Fitur baru ini bernama Notes atau Catatan. Kurang lebih fitur ini seperti status Whatsapp yang hanya berupa teks. Jadi, dalam waktu 24 jam, notes atau catatan yang kita buat akan otomatis hilang.

Cara Membuat Notes atau Catatan di Instagram

Notes hanya menampung maksimal 60 karakter. Jadi, benar-benar seperti catatan singkat, padat, dan jelas. Fitur ini dapat kita nikmati ketika kita membuka halaman Direct Message atau DM Instagram.

Apa bedanya Notes dengan Stories Instagram?

Kalau dilihat dari durasi ditampilkan di Instagram, notes memiliki kesamaan dengan Insatastory Instagram, sama-sama berdurasi 24 jam. 

Perbedaan yang paling mencolok, apa yang bisa dibagikan ke Instagram. Di Stories Instagram, kita bisa lebih leluasa mengunggah foto, video, teks, musik, stiker, dsb. Di catatan, kita hanya bisa membagikan tulisan, itu pun dibatasi 60 karakter. Selain perbedaan tersebut, terdapat beberapa perbedaan lain

1. Dari segi jumlah konten yang dibagikan. Notes hanya bisa membagikan 1 catatan saja dalam 24 jam, sedangkan dengan Instagram story, kamu bisa membagikan lebih dari satu Instagram Stories. Jika kamu maksa membuat catatan, maka catatanmu yang sebelumnya akan hilang.

2. Fitur Notes terkesan lebih tersembunyi. Maklum saja, fitur ini bisa kita lihat di halaman direct message. Berbeda dengan Instagram story yang langsung muncul di bernda Instagram bagian atas.

3. Kita bisa mengubah settingan Instastory kepada siapapun yang hendak melihat (publik), mutual friends, Facebook, atau close friend. Untuk notes, hanya bisa dilihat oleh mutual friend (followers-mu yang kamu follback), atau close friend Instagrammu.

Bagaimana cara membuat Notes atau catatan di Instagram?

Untuk membuat notes atau catatan di Instagram, kamu dapat mempraktikkan langkah-langkah berikut ini 

1. Buka aplikasi  Instagram, lalu login menggunakan akunmu.

2. Selanjutnya, masuk ke halaman DM. Untuk masuk ke halaman DM, kamu bisa tap ikon pesawat yang ada di pojok kanan atas halaman beranda Instagram.

3. Selanjutnya, tap foto profil sekaligus ikon  plus yang ada di bagian pojok kiri atas halaman Direct Message.

4. Tulis apa yang ingin kamu bagikan di Catatan, maksimal 60 karakter ya!

5. Ubah kepada siapa yang ingin kamu bagikan, apakah mutual friend-mu, atau teman dekatmu.

6. Jika sudah, tap Bagikan.

Selain membuatnya dengan mudah, kamu juga bisa membalas catatan orang lain dengan sangat mudah. Caranya, kamu tinggal tap catatan atau notes yang ingin kamu balas, kemudian tulis balasan yang ingin kamu kirim ke pemilik notes tersebut.

Selesai.

Gimana? Gampaang banget kan? Kamu sudah melihat fitur notes atau catatan yang ada di Instagram. Dengan hadirnya fitur ini, semoga bisa memulai obrolan yang lebih intens dan dalam, ya!

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done