News Update
Loading...

Jumat, 17 April 2020

Cara Memblokir Instagram Orang agar Tidak Bisa Dibuka Lagi

Cara Memblokir Instagram Orang agar Tidak Bisa Dibuka Lagi

Instagram adalah salah satu media sosial yang sifatnya sangat terbuka. Artinya hampir semua orang dapat melihat apa yang kita bagikan posting. Maklum saja, lebih dari 1 miliar penggunanya aktif di media sosial ini (sumber: https://business.instagram.com/).

Dengan pengguna sebanyak itu, akan sulit bagi pihak Instagram untuk mengecek satu per satu aktivitas penggunanya. Dari celah ini, ada beberapa oknum yang kurang bertanggung jawab yang mungkin akan mengganggu privasi kita. Contohnya dengan mengomentari postingan kita dengan kata-kata yang kasar, melecehkan kita, atau berisi spam promosi yang berulang-ulang.

Beberapa dari kita mungkin mendapatkan Direct Message (DM) yang bersifat melecehkan, mencemarkan nama baik, atau mendapatkan konten yang kurang pantas dari orang yang tidak kita kenal. Hal ini pasti akan mengganggu kenyamanan kita saat bermain Instagram.

Jika kamu ingin menjauhkan diri dari akun-akun tersebut, kamu bisa memblokir akun orang tersebut secara permanen. Kamu bisa menyimak tulisan di bawah ini.


A. Cara Memblokir Instagram Orang agar Tidak Bisa Dibuka Lagi melalui HP

1. Buka aplikasi Instagram dan login menggunakan akunmu.

2. Selanjutnya buka akun Instagram yang ingin kamu blokir, kamu bisa memasukkan username di kolom pencarian atau tap profil dari DM orang tersebut.

3. Pada halaman profil akun Instagram yang ingin kamu blokir, tap icon titik tiga di pojok kanan atas.
Cara Memblokir Instagram Orang agar Tidak Bisa Dibuka Lagi
Tap titik tiga, lalu klik block

4. Jika muncul pop up konfirmasi, tap Block atau Blokir.
Cara Memblokir Instagram Orang agar Tidak Bisa Dibuka Lagi 2
Tap Block

5. Selesai, kamu sudah memblokir Instagram orang sehingga profilmu tidak bisa dibuka lagi oleh orang yang sudah kamu blokir.

Dengan cara ini, sebenarnya kamu juga masih bisa membuka akun orang itu agar di kemudian hari, dia bisa melihat profilmu lagi, tetapi jika kamu tidak mengizinkan, kamu tidak perlu unblock orang tersebut. Untuk Unblock, kamu bisa membuka profilmu - pilih setting - privasi - Tap akun yang diblokir - pilih akun yang hendak kamu Unblock - tap Unblock atau ada beragam alternatif lain yang dapat kamu baca di tulisan cara membuka blokir Instagram yang saling Memblokir melalui tautan ini.

B. Cara Memblokir Instagram Orang lewat Laptop

Bagi kamu yang lebih suka membuka Instagram dari laptop, kamu tidak perlu khawatir jika tidak bisa memblokir orang sampai tidak bisa dibuka lagi. Kamu bisa mempraktikkannya dengan mengikuti langkah di bawah ini.

1. Buka laman https://www.instagram.com/ lalu login dengan akun Instagrammu.

2. Selanjutnya buka profil Instagram orang yang ingin kamu blokir, kamu bisa membukanya dari menu pencarian atau search.

3. Klik titik tiga di samping tombol follow.
Cara Memblokir Instagram Orang agar Tidak Bisa Dibuka Lagi laptop

4. Pilih Block this User.
Cara Memblokir Instagram Orang agar Tidak Bisa Dibuka Lagi laptop 3


5. Akan muncul pop up konfirmasi, klik Block.
Cara Memblokir Instagram Orang agar Tidak Bisa Dibuka Lagi laptop 4


Sekarang kamu sudah berhasil memblokir Instagram orang tanpa ribet-ribet lagi. 

C. Jika akun orang tersebut sudah kamu blokir, apa yang akan terjadi pada akun orang tersebut?

Seperti yang sudah dijelaskan pihak Instagram di laman Help Instagram mengenai memblokir orang, sesudah kamu memblokir Instagram orang tersebut, kamu tidak bisa melihat jumlah followers, following, dan posting orang tersebut. Sama halnya bagi orang yang kamu blokir, dia tidak bisa melihat jumlah followers, following, dan posting mu di Instagram. Selain itu, dia juga tidak bisa menemukan halaman profilmu ketika mengetikkan usernamemu di fitur pencarian.

Apa jadinya jika orang yang kamu blokir sudah pernah menyukai dan mengomentari posting-mu?Tanda suka (likes) atau komentar dari dia akan hilang dari post-mu. Ketika kamu unblock orang tersebut, tanda suka atau komentar tidak akan muncul lagi di post-mu, untuk cara unblock sudah dijelaskan di akhir sub judul pertama.

Bagi kamu yang dikirimi DM oleh oknum kurang bertanggung jawab, setelah memblokir oknum tersebut, DM dari orang tersebut tidak hilang, termasuk pesan di dalamnya tidak hilang. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu dan oknum tersebut tidak bisa saling berbalas DM, kamu tidak bisa mengirim DM kepadanya, dan dia juga tidak bisa mengirim DM kepadamu.

D. Cara Alternatif untuk Memblokir Instagram Orang


Sebagai tindakan pencegahan, dan menjaga privasimu tetap aman, kamu bisa menggunakan fitur akun private Instagram. Kamu bisa membaca tulisan tentang memprivate akun Instagram beserta keuntungannya melalui tautan ini.

Jika kamu tidak tega untuk memblokir orang tersebut karena satu dua hal alasan, kamu bisa menggunakan fitur membatasi akun. Seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk membatasi orang tersebut berinteraksi denganmu di dunia Instagram.

Cara kerja dari membatasi orang mirip dengan memblokir orang di Instagram, tetapi dengan cara ini kamu masih bisa melihat postingan orang tersebut, dan orang itu masih bisa melihat-lihat postinganmu. Tidak hanya itu, orang tersebut masih bisa mengomentari postinganmu, tetapi hanya kamu dan orang yang kamu batasi yang dapat membaca komentar tersebut alias komentarnya di akunmu tidaklah bersifat publik.

Selain dua hal di atas, kamu dan orang yang bersangkutan masih bisa saling bertukar Direct Message, tetapi dia tidak mendapatkan indikator kamu sudah membaca pesannya atau belum. Jika kamu berubah pikiran dan lebih tertarik untuk membatasi orang di Instagram, kamu bisa mempraktikkan cara di bawah ini.

1. Buka aplikasi Instagram dan login menggunakan akunmu.

2. Selanjutnya cari akun Instagram yang ingin kamu batasi, dan buka halaman profilnya dengan tap hasil pencarian.

3. Pada halaman profil akun Instagram tersebut, tap icon titik tiga di pojok kanan atas.

4. Tap Batasi Akun.
Cara Memblokir Instagram Orang agar Tidak Bisa Dibuka Lagi 5
Tap titik tiga, lalu tap batasi.

5. Jika muncul Pop Up konfirmasi, Tap Batasi Akun.
Cara Memblokir Instagram Orang agar Tidak Bisa Dibuka Lagi 3

Bagimana cukup mudah bukan? Kamu bisa memblokir orang lain agar profilmu tidak bisa dibuka lagi oleh orang tersebut. Bagikan tulisan ini agar temanmu juga terhindar dari oknum-oknum yang mengganggumu.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done