News Update
Loading...

Selasa, 14 April 2020

Cara Membuka DM IG di Chrome Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Membuka DM IG di Chrome Android

Instagram memliki fitur Direct Message atau biasa kita sebut dengan DM. Fitur ini adalah fitur bawaan dari Instagram bagi para penggunanya untuk mengirimkan pesan antar pengguna secara pribadi. Karena sifatnya pribadi, tak perlu khawatir pesan yang kamu kirimkan ke pengguna lain dapat dibaca bukan orang yang bersangkutan.

Kamu juga bisa menjaga privasimu dengan membatasi orang-orang yang dapat melihat akun Instagrammu dengan fitur memprivate akun Instagram. Kamu bisa membaca tulisan tersebut dengan judul Cara Memprivate Akun Instagram dengan Mudah.

Fitur ini mirip dengan fitur Messanger di Facebook, atau Direct Message di Twitter, tetapi, banyak yang mengeluhkan fitur DM Instagram karena fitur ini memiliki kelemahan yang cukup merepotkan yaitu DM Instagram tidak dapat diakses jika tidak dari aplikasi, baik itu aplikasi Instagram Android maupun Windows 8 ke atas.

Beberapa waktu yang lalu,  ada yang bertanya padaku apakah bisa membuka DM Instagram melalui Chrome di Android? Jawabannya bisa. Temanku ini sempat tak percaya jika sekarang DM IG dapat kita lihat atau akses cukup melalui browser, aku menyarankan dengan Chrome, tetapi ketika kutunjukkan padanya, ia mendadak percaya.

Beberapa waktu lalu, kita tahu untuk membuka DM Instagram, kita harus membukanya dari aplikasi Instagram, kita tidak bisa melihat DM di Chrome. Namun, itu dulu, beberapa kali aku mencoba login dengan chorme android, fitur DM itu sudah tampak tanpa harus menginstall aplikasi Instagram.

Mungkin Instagram sudah memperbarui fitur dan sistemnya karena membaca kebutuhan penggunanya untuk melihat DM tanpa aplikasi Instagram, bisa juga fitur ini untuk meniru fitur Facebook dengan Messangernya. Yang jelas, sekarang para pengguna Instagram dapat berkirim Direct Message menggunakan aplikasi browser tanpa harus menyeting apapun atau mendownload aplikasi tambahan.

Bagi kamu yang masih bingung, kamu bisa mencobanya sendiri. Mari simak tulisan di bawah ini.

A. Cara Membuka DM Instagram di Chrome Android

1. Buka aplikasi Chrome di android kesayangan kamu.

2. Masuk ke halaman Instagram dengan tautan https://www.instagram.com/.
Cara Membuka DM IG di Chrome Android 1
Login dnegan Akun Instagrammu

3. Masukkan username dan password akun Instagrammu.

4. Tap icon Segitiga di pojok kanan atas.
Cara Membuka DM IG di Chrome Android 2
Tap icon segitiga di pojok kanan atas

5. Sekarang kamu sudah bisa berkirim DM menggunakan Chrome, dan tanpa aplikasi Instagram.
Cara Membuka DM IG di Chrome Android 3
DM temanmu dengan chrome di Android

Dengan munculnya fitur ini, bagiku pribadi sangat dimudahkan karena kita tidak perlu mendownload dan menginstal aplikasi Instagram untuk melihat, dan mengirim DM. Dengan begitu kita lebih mempunyai ruang kosong di memory internal kita. 

Dari segi kepraktisan, fitur untuk mengirimkan DM Instagram dengan Chrome ini menambah kepraktisan penggunanya. Tak perlu mendownload aplikasi, cukup membuka aplikasi Chrome yang biasanya sudah terinstall sebagai aplikasi bawaan pabrik, dan kita bisa mengakses dm kita.

Tidak hanya itu, fitur Instagram yang terbaru bisa mengirimkan posting Instagram teman kita cukup menggunakan Chrome, tanpa harus menggunakan aplikasi Instagram. Namun, beberapa kali aku mencoba mengirimkan postingan temanku, aku harus merefresh halaman Instagram untuk melihat posting teman yang sudah kita kirim masuk di DM temanmu.


Selain mengirimkan postingan, kamu juga bisa mengirimkan foto dari galeri atau memory internalmu dengan tap icon gunung di samping icon love. Otomatis, kamu akan dibawa ke galeri, kamu cukup memilih foto yang ingin kamu kirim dan tap Done.
Cara Membuka DM IG di Chrome Android 6
Fitur ini memungkinkan kita mengirimkan gambar dari memory internal

Meskipun begitu, dengan membaca DM Instagram dari Chrome, kamu belum bisa mengirimkan voice note atau pesan suara. Hal ini terlihat dari tidak ada menu mengirimkan Voice Note atau pesan suara. Kita berharap saja, semoga pembaharuan selanjutnya, Instagram sudah menyediakan fitur voice note di DM keitka kita mengakses dari Chrome. Namun, kamu tak perlu khawatir, ketika temanmu mengirimkan voice note, kamu masih bisa mendengarkan, layaknya di fitur DM yang ada di aplikasi Instagram.
Cara Membuka DM IG di Chrome Android 4
Fitur ini memungkinkan kita untuk mendengarkan pesan suara, tetapi belum mendukung kirim pesan suara

Berbicara mengenai audio, dengan adanya fitur DM Instagram di Chrome ini, kita juga belum bisa menerima video chat. Ketika temanmu menghubungimu untuk video chat, otomatis akan muncul pesan "Use the Instagram app to see this type of message." Jadi, kita belum bisa menerima video chat melalui aplikasi Chrome.
Cara Membuka DM IG di Chrome Android 5
Kita perlu aplikasi Instagram

Selain itu, secara bawaan, kita tidak mendapatkan notifikasi ketika mendapatkan DM dari teman kita. Jika kamu tak ingin dianggap slow respon, rajin-rajinlah merefresh halaman Direct Message-mu, hehe.

B. Cara Membuka DM Instagram di Chrome Laptop

Tidak sampai di situ, ketika aku iseng untuk membuka Instagram di Chrome melalui laptop, ternyata tampilan Instagram di laptop sudah berbeda. Pada tampilan laptop yang sekarang, kita sudah bisa melihat icon khas Direct Message di pojok kanan atas. Dari segi tampilan, di laptop dan HP mirip, akhirnya sekarang kita bisa mengirimkan DM Instagram tanpa aplikasi Instagram ataupun aplikasi pihak ketiga di PC/Laptop kita.

Kamu cukup buka https://www.instagram.com di Chrome, masuk ke akunmu, dan kamu sudah bisa menemukan fitur DM dengan icon segitiga di pojok kanan atas layar.
Cara Membuka DM IG di Chrome Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Membuka DM IG di Chrome Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan


Dengan munculnya fitur DM melalui Chrome ini, mungkin pihak Instagram ingin menambah kenyamanan dan kepraktisan penggunanya dalam berselancar dalam dunia Instagram. Mungkin, harapannya penggunanya tetap setia mengakses dan menggunakan sosial media Instagram.

Bagaimana tanggapanmu mengenai fitur baru Instagram ini? Kalau dari aku, katakan selamat tinggal pada aplikasi pihak ketiga atau ekstensi web lainnya, dan selamat datang kepraktisan. Bagikan pendapatmu di kolom komentar, dan bagikan tulisan ini supaya temanmu juga tahu, ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done