News Update
Loading...

Rabu, 15 April 2020

Cara Memunculkan, Menghilangkan Notifikasi Popup WA

Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang memudahkan kita untuk saling berkomunikasi. Kita bisa saling berkomunikasi melalui aplikasi Chatting ini. Pastinya melalui aplikasi Whatsapp, kamu juga sering menghubungi doi, dan tak ingin kena semprot karena dicap slow respon kan? Untuk mengatasi slow respon tersebut, sebenarnya Whtasapp sudah memiliki fitur notifikasi Pop Up Whatsapp.

Cara Memunculkan dan Menghilangkan Notifikasi Popup Whatsapp


Apa Itu Pop Up Whatsapp dan Fungsinya?

Sebelum aku menjawab, apakah kamu pernah ketika sedang bermain game, atau sedang browsing, tiba-tiba ada pesan Whatsapp masuk dan tampilan layarmu berubah, dipenuhi pesan Whatsapp yang baru saja kamu terima. Yap, itulah notifikasi pop up Whatsapp.

Dari laman FAQ Whatsapp, pop up ini akan muncul dan memenuhi layar, dan fitur ini dapat kita gunakan di Android 9 atau Android yang lebih lama. Bagi pengguna Android 5 ke atas, fitur pop up notifikasi ini memungkinkan Whatsapp menampilkan pratinjau pesan di bagian atas layar, tanpa memenuhi layar.

Jika masih bingung, arti dari pop up Whatsapp yang paling gampang adalah menu yang memenuhi layar utama HP kita untuk menampilkan pesan yang kita terima pada aplikasi Whatsapp di layar utama, contohnya seperti gambar di bawah ini.
Apa itu Pop WA, Contoh Popup Wa
Contoh Popup WA

Jadi, notifikasi popup Whataspp ini berfungsi untuk memunculkan atau menampilkan pesan Whatsapp yang kita terima, dengan harapan kita bisa membalasnya dengan cepat.

Bagi kamu yang yang merasa terganggu dengan fitur pop up ini karena ingin menyembunyikan privasi, atau sekadar risih karena tampilannya terlalu besar, dan mengganggu aktivitasmu, kamu bisa menghilangkan pop Whatsapp dengan mudah.

Kamu tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi tambahan atau bahkan root HP-mu karena Whatsapp sudah memiliki fitur bawaan untuk menghilangkan notifikasi pop up ini.


1. Cara Memunculkan Popup Whatsapp


1. Buka aplikasi Whatsapp.

2. Lalu tap icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas, selanjutnya pilih Setelan.
Cara Menghilangkan dan Memunculkan Pop Up Whatsapp
Tap titik tiga, lalu tap setelan

3. Selanjutnya Tap Menu Notifikasi.
Cara Menghilangkan Pop Up Whatsapp 2
Tap menu notifikasi

4. Maka, tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.
Cara Menghilangkan dan Memunculkan Pop Up Whatsapp
Menu di setting Notifikasi WA

Sebagai informasi tambahan, pada menu tersebut, dibagi menjadi dua bagian besar, notifikasi pesan pribadi dan notifikasi pesan dari grup. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menghilangkan atau memunculkan notifikasi Popup Whatsapp, seperti opsinya, kita bisa menghilangkan atau memunculkan notifikasi pop up Whatsapp ketika mendapat pesan dari teman kita (private chat) atau dari Whatsapp Group Chat.

5. Untuk memunculkan Popup Whatsapp, pilih notifkasi Popup, akan muncul beberapa pilihan.
Cara memunculkan notifikasi popup WA 4
Ada 4 Pilihan
Keterangan dari masing-masing menu tersebut:
A. Pilihan Tidak ada pop-up
Menu ini kita gunakan jika kamu tak ingin memunculkan pop-up notifikasi.

B. Pilihan ketika layar "hidup"
Jika kamu ingin mendapatkan pop up ketika layarnya hidup.

C. Hanya ketika layar "mati"
Kita akan mendapatkan pop up ketika layar kita mati.

D. Selalu tampilkan pop-up
Jika kamu selalu ingin mendapatkan pop up (baik ketika layar hidup maupun layar mati).

6. Pilih menu yang paling kamu suka (A - D) untuk memunculkan notifikasi Popup WA.

Kamu juga bisa mengubah notifikasi pop up Whatsapp dengan tampilan yang tidak harus memenuhi layar HP-mu, tetapi fitur ini hanya bisa dinikmati pengguna Android 5 ke atas. Contoh popupnya seperti gambar di bawah ini.
Contoh popup Whatsapp
Contoh notifikasi popup WA yang lain

Untuk mengaktifkan fitur ini, masih di menu notifikasi pada aplikasi Whatsapp, lalu centang atau aktifkan Gunakan Notifikasi Prioritas Tinggi.
Cara Memunculkan Notifikasi Popup Whatsapp
Pada menu setting notifikasi Whatsapp - pilih Gunakan Notifikasi Prioritas Tinggi

2. Mengapa Notifikasi Popup WA Tidak Muncul atau Tidak Tersedia?

Jika kamu sudah mengikuti langkah no 1-6, tetapi kamu masih belum mendapatkan notifikasi pop up WA, mungkin kamu belum mengizinkan Whatsapp untuk menampilkan notifikasi.

Kamu bisa coba cek setingan notifikasi WhatsApp di menu pengaturan, apakah sudah kamu beri izin atau belum. Caranya tak perlu ribet,

1. Buka aplikasi Setting atau setelan.

2. Buka menu Pengelolaan Aplikasi.

3. Pilih WhatsApp dan tap menu Notifikasi.
Cara memunculkan notifikasi popup WA
Tap Menu Notifikasi

4. Selain itu, centang pada tampil notifikasi, dan sub menu notifikasi mengambang.
Cara memunculkan notifikasi popup WA 3
Centang Tampil notifikasi, dan notifikasi mengambang

5. Jika sudah, beri izin juga di menu Perizinan Lainnya, lalu centang menampilkan jendela pop-up saat berjalan di latar belakang, dan notifikasi permanen.
Cara memunculkan notifikasi popup WA 4
Centang kedua menu tersebut

Jika kamu masih mengalami masalah berkaitan dengan notifikasi Whatsapp yang tidak muncul, kamu bisa menyimak tulisan Mengatasi Notifikasi Whatsapp tidak Bunyi di tautan ini.

Mengapa Notifikasi Pop UP WA tidak muncul/notifikasi pop up tidak tersedia lagi di versi android Anda?

Yang perlu menjadi catatan, menurut laman Pusat Bantuan Whatsapp, kini notifikasi pop up Whatsapp hanya tersedia bagi pengguna Android 9 atau lebih lama. Artinya, bagi kamu pengguna telepon pintar berbasis Androdi 10 atau lebih baru. Kalau kamu hendak mengaktifkan fitur popup ini, kamu akan menemukan peringatan "notifikasi pop up tidak tersedia lagi di versi android Anda". 

Mengapa notifikasi WA tidak muncul
Pemberitahuan yang muncul ketika hendak mengaktifkan notifikasi pop up WA di Android 10

Bagi kamu pengguna Android 10, kamu harus menerima kenyataan jika tidak dapat mengaktifkan fitur pop up yang memenuhi layar HP-mu. Semoga saja ke depannya fitur ini kembali dimunculkan di perangkat berbasis Android 10 atau yang lebih baru. Meski demikian, kamu masih dapat menggunakan notifikasi prioritas.

3. Cara Menghilangkan Notifikasi Popup Whatsapp

Cara ini sebenarnya juga cukup mudah, kamu tinggal mengulang langkah 1- 4 pada menu Memunculkan notifikasi popup Whatsapp, lalu pada langkah no 5, pilih tidak ada popup.
Cara menghilangkan Pop Up Whatsapp
Cara menghilangkan notifikasi pop-up WA, masuk Whatsapp-Pilih titik tiga-tap setelan-notifikasi-tap menu notifikasi pop-up, pilih tidak ada popup

Perbedaan yang paling tampak antara notifikasi prioritas tinggi dan Popup tampak dari segi tampilan, jika popup tampilannya akan memenuhi layar hpmu, dan secara otomatis, indikator membaca pesan (centang biru) akan langsung menyala di Whatsapp pengirim pesan ke kamu. 

Sedangkan notifikasi prioritas tinggi, meskipun kamu dapat melihat atau membaca pesan, tetapi indikator pesan telah dibaca tidak akan langsung aktif di HP pengirim pesan.
Cara memunculkan notifikasi popup WA 5
Contoh Notifikasi Pop Up WA

Cara memunculkan notifikasi popup WA 6

Contoh Notifikasi Prioritas Tinggi WA

Bagaimana? Cukup mudah dan mendetail bukan? Sebenarnya kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memunculkan notifikasi popup Whatsapp ini, jika kamu salah satu pengguna aplikasi pihak ketiga untuk memunculkan notifikasi popup Whatsapp, tinggalkan komentar, ya!

Share with your friends

This post have 4 comments

  1. Balasan
    1. Itu pake WA original.

      Untuk mengubah tampilan WA, kamu bisa cek di tautan
      https://www.sinause.id/2019/02/cara-ubah-gelembung-whatsapp.html 😊

      Hapus
  2. saat kita mau kirim wa, terkadang muncul pop up pada bagian text field,
    misalnya saat kita mau kirimkan http://bit.ly/ di bagian kalimat ini akan muncul messagebox lagi, bahwa Bitly | cutoms URL shortener, LINK, management & branded links

    apakah pop up tsb bisa di hilangkan, ? mhn pencerahannya kalo ada yg tau.
    terima kasih sebelum dan sesudahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya, maaf Mas. Saya kurang nangkep pertanyaan Mas-nya. Maaf kalau jawaban saya kurang nyambung.

      Untuk menghapus pop up (preview isi tautannya), bisa tap ikon silang di pojok kanan atas pop up yang muncul setelah paste tautan di text field.

      Hapus
Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done