News Update
Loading...

Jumat, 08 Mei 2020

Cara Membuat Akun Kreator Instagram

Akun Creator Instagram adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh pihak Instagram untuk membuat akunmu lebih terlihat profesional. Tidak hanya itu, dengan mengubah akun personal ke akun creator, kamu akan disuguhkan beberapa fitur yang tidak kamu temukan ketika kamu masih menggunakan akun personal.

Selain itu, dengan beralih ke akun Creator Instagram kamu lebih dimudahkan untuk menganalisis pertumbuhan followersmu. Dari laman bantuan Instagram, jika sudah ada kerjasama sebelumnya, pemilik akun bisnis dapat mengiklankan postingan para Kreator tentunya atas izin Kreator.

Cara Membuat Akun Kreator Instagram

Sebagai contoh, seorang teman memiliki akun dengan username @CiprutSangKreator sebagai akun kreator. Suatu saat temannya yang bernama Woli, dengan akun bisnisnya @WolikurBook, ingin mengajak kerjasama. Ciprut dan Woli akhirnya deal, Ciprut sebagai akun Kreator sudah membuat postingan untuk mengiklankan produk Woli. Nah, postingan si Ciprut ini dapat dijadikan iklan si Woli jika Woli menggunakan fitur Promosi, dan jika diizinkan si Ciprut. Kurang lebih begitu gambaranya.

Bagi kamu yang sudah memiliki akun dengan banyak followers, mungkin beralih ke akun Creator Instagram adalah pilihan yang cocok. Selain bisa menuangkan kreativitasmu, tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa menambah pundi-pundi uangmu. Tak hanya itu, akunmu akan lebih dipandang profesional oleh brand-brand tertentu.

A. Cara Beralih ke Akun Kreator Instagram

Jika kamu ingin mengubah akun Instagram ke akun kreator, kamu bisa menggunakan aplikasi Instagram di Android. Oiya, kamu tak perlu menginstall aplikasi tambahan apapun karena fitur ini adalah fitur bawaan Instagram yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma.

1. Buka Instagram, lalu buka menu profilmu dengan tap icon avatar di pojok kanan bawah.

2. Tap garis tiga yang ada di pojok kanan atas, kemudian tap Pengaturan.
Cara Membuat Akun Kreator Instagram
Masuk ke menu pengaturan

3. Akan muncul beberapa menu, pilih Akun.
Cara Membuat Akun Kreator Instagram
Tap Akun

4. Gulir ke bawah, kemudian tap Beralih ke Akun Profesional.
Cara Membuat Akun Kreator Instagram
Tap Beralih ke Akun Profesional

5. Pada halaman selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan, Kreator atau Bisnis. Sesuai dengan judulnya, pada tulisan ini, kita akan lebih fokus untuk pembuatan akun kreator jadi tap Kreator. Bagi kamu yang ingin mengubah akunmu menjadi akun bisnis Instagram, kamu bisa membacanya melalui tautan berikut ini.
Cara Membuat Akun Kreator Instagram
Tap Selanjutnya di bawah Kreator

6. Kamu akan disambut oleh tim Instagram, sekaligus mengenalkan secara singkat fitur-fitur akun creator Instagram, kamu bisa membacanya, lalu tap selanjutnya
Cara Membuat Akun Kreator Instagram
Tap Selanjutnya

7. Jika sudah, kamu akan diminta untuk mengisi kategori, pilih kategori yang sesuai dengan passion-mu saat ini.
Cara Membuat Akun Kreator Instagram
Pilih Kategori yang sesuai

8. Berbeda dengan akun Instagram Bisnis yang mewajibkan penggunanya menampilkan kategori, pada akun Kreator, kamu dapat memilih ingin ditampilkan atau tidak, jika tidak, tap Tampilkan Label Kategori, jangan ditandai.
Cara Membuat Akun Kreator Instagram
jika tak ingin menampilkan kategori, matikan Tampilkan Label Kategori

B. Keuntungan beralih ke Akun Kreator Instagram

Dengan beralih ke akun kreator Instagram, ada beberapa fitur gratis yang dapat kamu nikmati. Untuk lebih lengkapnya, simak tulisan di bawah ini.

1. Menjalin kerjasama dengan Pebisnis, jika jumlah followersmu banyak, dan kontenmu bagus, kamu bisa memanfaatkan akun Instagrammu untuk mencari ladang uang dengan mempromosikan produk orang lain. Tidak hanya, kamu juga bisa menambah relasi dengan orang lain.

2. Meningkatnya Trafik, jika kamu sudah memiliki kawan bisnis, dan kawanmu itu memintamu untuk membuat konten, dan pada akhirnya temanmu mengiklankannya menggunakan fitur promosi, akunmu akan lebih sering mendapatkan pengunjung atau mendapatkan trafik. Artinya kemungkinan kamu akan lebih dikenal di dunia Instagram.

3. Melihat Insight, tidak jauh berbeda dengan akun bisnis, kamu bisa melihat insight di aplikasi Instagram, mulai dari dari mana saja followersmu, rentang usia, sampai berapa kali postingan atau Instastorymu dilihat orang. Fitur ini bisa kamu gunakan dari menu Insight.

4. Tidak bisa mengedit atau Menghapus Konten, ketika kontemu sedang digunakan untuk beriklan, kamu tidak dapat mengubah, atau menghapus kontenmu. Namun, jika kamu tak ingin menampilkan postingamu, kamu bisa menggunakan fitur mengarsipkan cerita atau postingan.

Kesimpulan

Selain menjaring pertemanan, kamu juga bisa menggunakan Instagram untuk mencari pundi-pundi rupiah. Salah satunya dengan menjadi influencer atau konten kreator. Jika ingin lebih telihat profesional, kamu bisa beralih ke akun akun kreator. Tak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk menikmati fitur ini.

Nah, apakah ada yang pernah mencoba menjadi akun kreator? Coba bagikan pengalamanmu, ya! Dan, aku juga butuh masukanmu agar tulisan ini lebih lengkap, mohon dikoreksi juga jika ada yang salah. Selamat mencoba!

Kontributor: Yasinta Dian A. Bella

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done