b Cara Membuat Akun Bisnis Instagram - SINAUSE.ID
News Update
Loading...

Jumat, 08 Mei 2020

Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang sangat populer di masyarakat, tidak terkecuali para kawula muda. Fungsi utama dari Instagram adalah membagikan foto atau video kepada pengguna Instagram yang lain.

Karena sering dibuka dan dijelajahi oleh khalayak ramai, tidak jarang orang memanfaatkan Instagram untuk mencari pemasukan tambahan. Namun, tidak semua pengguna Instagram bisa percaya dengan penjual yang tampilan profilnya seperti pengguna Instagram yang lain. Maka dari itu, kebanyakan penjual memanfaatkan fitur akun Bisnis Instagram.

Akun Bisnis Instagram

Bagi kamu yang sedang merintis usahamu, kamu bisa mengubah akun pribadimu menjadi akun bisnis, atau kamu juga bisa membuat akun Instagram baru agar lebih fokus memamerkan produkmu. Jika kamu sudah memiliki atau menyiapkan akun Instagram untuk calon Instagram bisnismu, sekarang masuk pada pembahasan cara membuat akun bisnis di Instagram.

A. Apa itu Akun Bisnis Instagram?

Sebelum masuk pada cara membuat akun bisnis Instagram, ada baiknya kita membahas sedikit mengenai apa itu akun bisnis Instagram. Akun bisnis Instagram adalah fitur yang disediakan oleh Instagram untuk memulai bisnismu. Dengan beralih ke akun bisnis Instagram, kamu dapat menggunakan beberapa fitur yang tidak bisa dinikmati oleh pengguna dengan akun Instagram biasa.

Dengan beralih ke akun bisnis Instagram, kamu bisa melihat insight atau perilaku pengguna Instagram lain ke akunmu. Seperti kamu bisa melihat berapa kali profilmu dikunjungi pengguna lain dalam sehari, bagaimana interaksinya, dan lain sebagainya, kita akan membahas ini pada bab ketiga tulisan ini. Sudah tak sabar? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Mungkin beberapa di antara kamu juga bingung apa perbedaan pengguna akun biasa dengan pengguna akun bisnis Instagram. Jika kamu melihat dari beranda, kamu takkan melihat perbedaan mana yang akun bisnis, mana yang akun biasa. Namun, ketika kamu mengunjungi profil Instagramnya, kamu akan melihat perbedaannya.

Akun biasa tidak ada kategori, atau keterangan tambahan, tidak ada tombol telepon di halaman profil. Menu atau tombol ini akan muncul ketika kamu mengunjungi profil akun bisnis Instagram.

B. Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Setelah mengerti apa itu akun bisnis Instagram, sekarang waktunya membuat aku bisnis Instagram. Untuk membuat akun bisnis, kamu memerlukan satu akun Instagram yang sudah aktif. Kamu bisa menggunakan akun Instagrammu yang sedang kamu gunakan, atau kamu juga bisa membuat akun Instagram yang baru khusus untuk posting produk yang kamu jual. Jika kamu sudah menyiapkan satu akun Instagram aktif, sekarang simak dan praktikkan langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka aplikasi Instagram, lalu login menggunakan akun yang sudah kamu siapkan tadi.

2. Kemudian masuk ke halaman profil akunmu dengan tap ikon avatar di pojok kanan bawah, selanjutnya tap garis tiga yang ada di pojok kanan atas, lalu tap pengaturan.
Cara Membuat Akun Bisnis Instagram
Masuk halaman profil - Tap garis tiga - Tap pengaturan

3. Selanjutnya gulir ke bawah, lalu tap Akun.
Cara Membuat Akun Bisnis Instagram
Tap Akun

4. Jika sudah, tap Beralih ke Akun profesional.
Cara Membuat Akun Bisnis Instagram
Tap Beralih ke Akun Profesional

5. Pada menu ini akan muncul dua pilihan, akun profesional, atau akun bisnis. Pada tulisan ini kita akan membahas akun bisnis, maka tap Selanjutnya di bawah menu Bisnis.
Cara Membuat Akun Bisnis Instagram
Tap Selanjutnya di bawah menu bisnis

6. Kamu akan ditunjukkan beberapa fitur yang bisa kamu nikmati untuk menggunakan akun bisnis Instagram, kamu bisa membacanya sekilas, lalu tap Lanjutkan.
Cara Membuat Akun Bisnis Instagram
Tap Selanjutnya

7. Selanjutnya, kamu diminta untuk memilih salah satu kategori yang paling sesuai dengan bisnismu.
Akun Bisnis Instagram
Pilih kategori yang sesuai

8. Jika sudah yakin, tap Selanjutnya.

9. Langkah selanjutnya, kamu diminta untuk mengisi Email, Nomor Telepon, dan Alamat Bisnis. Pastikan kamu mengisi dengan data yang valid, ya. Ketiga data ini berfungsi untuk memudahkan pembelimu untuk menghubungimu, atau mengunjungi alamat tokomu.
Akun Bisnis Instagram
Isi data-data yang diminta, lalu tap Selanjutnya

10. Pada tahap selanjutnya, kamu akan diberi pilihan apakah bisnismu akan terhubung dengan halaman Facebook atau tidak, jika kamu ingin menghubungkannya, tap Pilih Halaman. Jika tidak, tap Jangan Hubungkan ke Facebook Sekarang.

Bagi kamu yang memilih untuk menautkan akun Instagram dengan halaman Facebook, kamu diminta untuk login ke Facebook, kemudian, tap halaman yang ingin kamu hubungkan dengan akun bisnis Instagrammu. Kemudian tap Selesai.
Akun Bisnis Instagram
Pilih halaman Facebook-mu lalu tap Selesai

(Bagi kamu yang tidak ingin menghubungkan akun Instagram bisnis dengan Halaman Facebook, atau sudah memiliki halaman Facebook, dan sudah menautkan dengan halaman Facebook, kamu bisa melewati langkah ini, dan silakan loncat ke poin 11).

- Jika kamu ingin menautkan dengan halaman Facebook, tetapi belum memiliki halaman Facebook, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu dengan tap Buat Halaman Facebook Baru.

- Selanjutnya, ketikan nama halaman Facebook di kolom Judul halaman.

- Pilih kategori yang sesuai atau yang paling mendekati dengan produkmu.

- Selain kategori, kamu juga diminta untuk memilih sub kategori yang paling sesuai.

Bagi kamu yang ingin memasang foto profil Instagram untuk foto profil halaman Facebookmu, kamu bisa mencentang impor Foto Profil dari Instagram.
Akun Bisnis Instagram
Membuat Halaman Facebook dari Instagram

Jika sudah tap Selesai. 

11. Tunggu beberapa saat, maka kamu akan dibawa ke halaman profil Instagrammu. Selamat! Kamu sudah berhasil membuat akun bisnis Instagram. Hal ini dapat kamu lihat dari sudah munculnya menu kontak, email, arah, dan menu kategori di bawah biomu.

C. Keuntungan dari Akun Bisnis Instagram

Dengan beralih ke akun Bisnis Instagram, pastinya ada beberapa fitur yang tidak dapat digunakan oleh pengguna biasa. Untuk lebih lengkapnya, simak tulisan di bawah ini.

1. Kunjungan Profil, dengan beralih ke akun bisnis, kamu bisa mengecek berapa orang yang mengunjungi profil Instagrammu. Oiya, ini mengenai kuantitas atau jumlah pengunjung di profilmu, ya, bukan siapa saja yang mengunjungi profilmu. Jika kamu ingin mengetahui siapa saja yang mengunjungi profilmu atau stalker, kamu bisa membaca tulisan mengenai cek stalker Instagram di tulisan ini.

2. Tidak hanya itu, dengan beralih ke Akun Bisnis, kamu juga bisa melihat siapa saja audiensmu (meskipun tidak dapat dilihat secara pasti nama-nama username yang berinteraksi dengan akunmu). Kamu bisa melihat rentang usia pengguna Instagram, daerah, sampai usia.

Untuk mengetahui kedua fitur tersebut, kamu bisa menggunakan fitur insights dengan cara buka halaman profilmu, tap garis tiga di pojok kanan atas, lalu tap Insights.

3. Lebih mudah dihubungi, pada Sub bab kedua (langkah membuat akun bisnis Instagram), kamu diminta untuk memasukkan nomor HP, email, dan alamat. Hal itu ada kaitannya dengan tampilan profil akun bisnismu. Kamu akan melihat menu kontak, jika calon pembelimu mengetuk menu kontak atau e-mail, otomatis, dia akan membuka nomor atau e-mail untuk menghubungimu.

4. Tanpa Halaman Facebook, beberapa waktu lalu Instagram mengharuskan setiap pengguna yang ingin beralih ke akun bisnis menautkan ke halaman Facebook. Namun, saat ini, menautkan ke halaman facebook adalah hal yang opsional.

5. Balas Cepat, mungkin beberapa orang akan penasaran dengan produk yang kamu tawarkan. Jika sudah begitu, tak jarang ada pertanyaan yang sama yang ditanyakan banyak konsumen, kamu bisa menggunakan fitur Balas Cepat untuk memudahkanmu membalas pertanyaan-pertanyaan yang bersifat umum.

6. Kategori, setelah berhasil membuat akun bisnis Instagram, nantinya di halaman profil akun bisnismu akan muncul kategori yang sudah kamu pilih di langkah sebelumnya.

7. Gratis, fitur ini adalah fitur gratis atau cuma-cuma. Jadi, kamu bisa melihat aktivitas follower terhadap akunmu dengan gratis. Namun, jika kamu ingin menjangkau lebih banyak audiens, kamu bisa menggunakan fitur Promotions.

8. Bersifat Publik, ketika akun bisnismu sudah aktif, otomatis kamu tidak akan bisa memprivate akunmu. Jadi setiap orang bisa melihat postinganmu. jika kamu ingin mengubah akunmu menjadi akun private, kamu bisa mengubahnya lagi ke akun personal.

9. Bisa Dikembalikan ke Akun Personal, tidak ada kontrak ketika kamu sudah mendaftarkan akun bisnis Instagram. Jadi, kapanpun kamu bisa mengubah akunmu menjadi akun personal lagi.

Kesimpulan

Akun Instagram Bisnis adalah layanan dari Instagram yang diberikan secara cuma-cuma untuk meningkatkan penjualanmu dari Instagram. Layanan gratis ini juga memungkinkan kamu untuk menganalisis perlakuan pelanggan terhadap halaman profilmu. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengatur strategi tempur untuk berjualan di Instagram. 

Ketika kamu ingin vakuum sejenak, kamu tetap bisa mengubah akun bisnis Instagrammu ke akun personal. Cara untuk akun bisnis Instagram sebenarnya tidaklah sulit, asalkan dipraktikkan secara perlahan-lahan, pasti sukses.

Bagi kamu yang sudah membuat akun bisnis Instagram, bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya. Seperti biasa, akhir kata, selamat mencoba!

Kontributor: Yasinta Dian A. Bella

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
SINAUSE.ID Mengucapkan Selamat Idulfitri 1441 H. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.🙏 🙏 🙏
Done