b Cara Membuat Barcode Whatsapp - SINAUSE.ID
News Update
Loading...

Senin, 04 Mei 2020

Cara Membuat Barcode Whatsapp

Siapa yang tak kenal Whatsapp? Aplikasi ini memang memiliki berbagai fitur yang membuat penggunanya betah menggunakan aplikasi ini. Pada tulisan ini, kita akan lebih fokus membahasa barcode Whatsapp. Tulisan ini bukan membahas cara melihat atau memindai barcode Whatsappmu sendiri, ya karena aku pernah membahasnya di tulisan berjudul Cara Melihat Barcode Whatsapp.

Memang Whatsapp memiliki barcode atau QR-Code yang kita gunakan untuk login di Whatsapp Web melalui Laptop atau PC. Namun, barcode atau QR Code Whatsapp yang akan kubahas di sini yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan orang lain untuk menghubungimu lewat Whatsapp.

Bagi kamu para pelaku bisnis yang memanfaatkan Whatsapp untuk membalas customer-mu, cara ini jelas memudahkan pelangganmu untuk menghubungimu. Kamu tidak perlu membagikan tautan yang panjang untuk ditemukan temanmu, cukup meminta pelangganmu untuk memindai barcodemu, otomatis pelangganmu masuk ke aplikasi Whatsapp dan siap mengirimkan pesan Whatsapp ke kamu.

Cara Membuat Barcode Whatsapp


Meskipun kamu bukan pelaku bisnis, cara ini pastinya juga memudahkanmu ketika hendak bertukar kontak dengan kenalan baru, tak perlu mendiktekan nomormu, cukup tunjukkan QR Whatsapp-mu, kenalanmu sudah siap untuk mengirimkan Whatsapp ke kamu.

Bagi kamu yang ingin membuat barcode Whatsappmu sendiri, ada 3 langkah utama mulai dari membuat link, membuat QR-Code dan kustomisasi, terakhir membagikannya. Untuk lebih detailnya, simak dan praktikkan cara di bawah ini.

A. Membuat Link Langsung ke Whatsapp

Sebelum membuat Barcode Whatsapp, ada hal penting yang perlu kamu siapkan, membuat link langsung menuju chat Whatsapp-mu. Whatsapp sudah memiliki fitur yang bernama click to chat kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut. Untuk menggunakan fitur tersebut, ikuti langkah berikut ini.

1. Salin tautan berikut ini https://wa.me/No-WA

2. Selanjutnya, ubah No-WA menjadi nomor Whatsapp-mu, misal saja nomor WA-ku +62822-2741-3828, cukup tuliskan angkanya saja, tanpa tanda baca apapun, sehingga contoh linknya menjadi https://wa.me/6282227413828

Selain itu, kamu juga bisa membuat default pesanmu, jadi ketika orang lain selesai memindai barcode Whatsapp-mu, dia tak perlu repot-repot untuk membuat basa-basi. Formatnya menjadi 
https://wa.me/No-WA?text=Isi%20Pesan

Sebagai contoh, nomor WA-ku 6282227413828, dan ingin membuat default pesanku menjadi "Halo Sinause! Saya ingin request tulisan tentang" maka link chat langsungnya menjadi https://wa.me/6282227413828?text=Halo%20Sinause!%20Saya%20ingin%20request%20tulisan%20tentang 

Sebagai catatan, link langsung Whatsapp tidak mengenal spasi, jadi ubah spasi menjadi %20, ya!

B. Cara Membuat Barcode Whatsapp atau QR Whatsapp

Setelah kamu membuat tautan click to chat, sekarang saatnya membuat barcode Whatsapp. Ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat barcode Whatsapp, yang pertama menggunakan aplikasi seperti Barcode Generator, atau Pembaca Kode QR. Cara kedua dengan tools online seperti qrcodegenerator.org, qr-code-generator.com, the-qrcode-generator.com.

Yang akan kita bahas pertama membuat barcode Whatsapp dengan aplikasi. Otomatis, kamu harus mengunduh aplikasi dari Google Play Store.

  • Barcode Generator
Kamu bisa mengunduh aplikasi Barcode Generator dari Google Play Store melalui tautan berikut ini. Jika sudah terunduh, kamu bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

1. Buka aplikasi Barcode Generator, selanjutya tap icon "+" di pojok kanan bawah, selanjutnya tap add code.

2. Kemudian akan muncul banyak jenis barcode, pilih QR Code.
Cara Membuat Barcode Whatsapp
Tap QR Code

3. Lalu, pilih URL.
Cara Membuat Barcode Whatsapp
Tap URL

4. Kamu akan dibawa ke menu selanjutnya, tempel atau paste tautan yang sudah kamu copy di kolom URL, dua kolom lainnya bisa kamu kosongkan, jika sudah tap ikon centang di pojok kanan atas.
Cara Membuat Barcode Whatsapp
Masukkan tautan WA, lalu tap centang

5. Tunggu beberapa saat maka QR Codemu sudah selesai dibuat.

6. Untuk membagikan QR Code Whatsapp, tap ikon seperti memory card, selanjutnya tap Export.
Cara Membuat Barcode Whatsapp

Selesai kamu sudah membuat Barcode Whatsappmu.

  • Pembaca Kode QR
Aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan bernama Pembaca Kode QR yang bisa kamu unduh secara cuma-cuma melalui Google Play Store dengan tautan berikut ini. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka aplikasi, lalu tap Hasilkan Kode QR.
Cara Membuat Barcode Whatsapp
Tap Hasilkan Kode QR

2. Pilih situs Web, selanjutnya paste atau tempel tautan  Whatsapp Link yang sudah kamu buat, lalu tap icon centang di pojok kanan bawah.

3. Selesai, kamu sudah memiliki barcode Whatsapp sendiri, untuk menyimpannya, tap Simpan Gambar.
Cara Membuat Barcode Whatsapp

Seperti yang sudah kujelaskan di awal, kika kamu tak ingin repot-repot mengunduh aplikasi pihak ketiga, kamu bisa menggunakan tools online yang ada di internet. Pada tulisan ini, aku mencontohkan 2 tools online yang bisa kamu gunakan.

  • QR-Code-Generator.com
1. Buka tautan https://id.qr-code-generator.com/

2. Selanjutnya, masukkan tautan Whatsapp yang sudah kamu buat.
Cara Membuat Barcode Whatsapp

3. Lalu, tap buat QR Code, tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

4. Untuk mengunduhnya, kamu bisa tap Unduh JPG.
Cara Membuat Barcode Whatsapp

Selesai, kamu sudah berhasil membuat barcode Whatsapp menggunakan QR-Code-Generator.com

  • Qrcodegenerator.org
Penggunaan tools online memungkinkan kamu untuk membuat barcode Whatsapp tanpa harus menyiapkan URL click to chat terlebih dahulu. Langsung saja praktikkan cara di bawah ini.

1. Buka situs https://www.qrcodegenerator.org/ selanjutnya pilih Whatsapp.

2. Masukkan kode negara Indonesia, isi nomormu, dan isi pesan defaultmu.

3. Selanjutnya tap Generate QR Code.
Cara Membuat Barcode Whatsapp

4. Selesai.

Sungguh praktis bukan? Selain praktis, kamu juga menggunakan cara ini dengan cuma-cuma alias gratis. Jadi, bagi kamu yang tak mau ribet, kamu bisa menggunakan QRcodeGenerator.org.

C. Cara Menggunakan Barcode Whatsapp

Tidak mungkin kan kamu hanya membuat QR-Code tanpa menggunakannya? Agar pelangganmu atau Secara garis besar, penggunaan QR Code ini cukup mudah, temanmu cukup memindai atau scan QR Code yang kita punya, otomatis temanmu akan membuka chat ke nomor Whatsappmu. Masih bingung? Coba praktikkan langkah-langkah berikut ini.

  • Barcode Generator
Selain membuat atau meng-generate QR Code, temanmu bisa menggunakan aplikasi ini untuk scan barcode Whatsapp yang sudah kamu buat. Caranya, buka aplikasi Barcode Generator, lalu tap icon plus, selanjutnya tap scan code. Arahkan HP temanmu ke barcode Whatsapp, tunggu beberapa detik, maka akan otomatis masuk ke aplikasi Whatsapp.

  • Pembaca Kode QR
Seperti namanya, aplikasi ini berfungsi untuk membaca Kode QR, kamu cukup mengunduhnya dari Google Play Store menggunakan tautan yang sudah kubagikan di atas. Arahkan HP-temanmu ke QR Whatsapp, tunggu beberapa saat, dan temanmu sudah bisa memulai percakapan Whatsapp denganmu.

4. Kelebihan dan Kekurangan

Sampai saat ini mungkin menggunakan QR Code untuk mengirimkan Whatsapp masih kurang populer akibatnya mungkin akan sedikit kesulitan untuk menggunakannya. Namun, seiring berjalannya waktu, menurutku akan populer karena cara ini sangat praktis, tidak perlu mengetik ini dan itu, pelanggan atau temanmu sudah bisa mengirimkan pesan Whatsapp ke akunmu.

Tak hanya praktis, dengan menggunakan QR Code ini, tokomu akan terlihat unik, karena masih jarang toko-toko online yang menggunakan QR Code sebagai alat penghubung customer dengan toko itu sendiri. Pastinya tokomu akan tampil beda. 

Namun, bagi pelangganmu akan kesulitan menggunakan barcode Whatsapp ketika ia hanya memiliki 1 gadget saja. Setidaknya pelangganmu memerlukan 2 perangkat agar bisa memindai QR Code milikmu atau sebaliknya. 

Alasannya sederhana, untuk memindai perlu gambar QR Code yang dipindai, dan alat pemindainya. Otomatis perlu 2 perangkat, satu untuk memindai, dan satu untuk dipindai. Beda cerita jika barcode Whatsappmu sudah dicantumkan di kemasan produkmu, pastinya orang akan lebih mudah untuk menemukanmu.

Sebagai catatan tambahan, mungkin dari tadi ada yang bertanya-tanya mengapa di tulisan ini aku menggunakan QR Code, tetapi kadang menggunakan barcode Whatsapp, sebenarnya kedua hal ini berbeda, tetapi karena masyarakat sudah terlanjur menganggapnya sama, ya mau bagaimana lagi, untuk lebih detailnya, kamu bisa membaca perbedaan antara QR Code dengan Barcode pada tulisan ini

Kesimpulan

Ada beragam cara untuk membuat barcode Whatsapp, kamu bisa memilih antara menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Semua fitur ini dapat kamu gunakan secara cuma-cuma alias gratis. Jadi tunggu apa lagi, buat barcode Whatsapp-mu!

Apakah kamu punya cara lain untuk membuat barcode Whatsapp? Bagikan caranya di kolom komentar, ya! Atau justru kamu sudah menggunakan cara ini? Bagikan juga pengalamanmu menggunakan QR Whatsapp untuk menjangkau customermu di kolom komentar!

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
SINAUSE.ID Mengucapkan Selamat Idulfitri 1441 H. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.🙏 🙏 🙏
Done