News Update
Loading...

Selasa, 26 Mei 2020

Cara Membuat Countdown Instagram

Instastory adalah salah satu fitur dari Instagram yang sangat digemari oleh masyarakat. Dengan fitur Instastory ini, kita bisa membagikan foto atau video kepada publik atau orang-orang tertentu (menggunakan fitur private akun Instagram).

Dari laman Tekno Kompas, pada tahun 2019, pengguna harian Instastory menembus angka 500juta per hari. Kalau ditulis sebagai angka, kira-kira angka nol-nya berapa, ya? hehe. Bagiku hal ini adalah hal yang wajar karena pihak Instagram selalu menambahkan fitur-fitur baru untuk membuat Instastory Instagram lebih bagus.

Berbagai fitur yang bisa dinikmati di Instastory seperti membuat tulisan warna-warni, filter wajah, membuat kuis, bahkan kamu juga bisa memainkan game bersama temanmu menggunakan fitur Instastory ini. Pada tulisan ini, kita akan membahas cara membuat countdown atau hitung mundur menggunakan Instastory Instagram.

cara membuat countdown Instagram - thumbnail



Dengan fitur ini, kita bisa membuat hitung mundur sebuah acara dengan menggunakan Instastory Instagram. Tampilan yang akan kita buat seperti screenshot di bawah ini. 
Cara Membuat Countdown Instagram 1
Contoh Countdown Instagram

Kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk membuat countdown ini karena countdown adalah salah satu stiker bawaan yang disediakan oleh Instagram. 

Cara Membuat Countdown Instagram

Sebelum mempraktikkan cara-cara di bawah ini, ada baiknya kamu sudah menginstall aplikasi Instagram dengan versi terbaru. Aplikasi Instagram yang terbaru bisa kamu unduh dari Google Play Store melalui link berikut ini. Jika kamu sudah menginstall aplikasi Instagram yang terbaru, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi Instagram lalu login menggunakan akun Instagrammu.

2. Selanjutnya tap ikon kamera di pojok kiri atas seperti membuat Instastory biasa.

3. Kamu bisa mengambil gambar atau video untuk dijadikan background, tetapi jika kamu tidak ingin menggunakan foto/video sebagai background, kamu bisa membuat Instastory dengan mode buat.

4. Kemudian tap ikon stiker yang ada di bagian atas.
Cara Membuat Countdown Instagram 2
Tap ikon stiker

5. Lalu, tap hitung mundur seperti yang ada pada gambar di bawah ini.
Cara Membuat Countdown Instagram 3
Tap hitung mundur

6. Atur judul dan kapan kamu akan mengakhiri hitung mundurmu, kamu bisa mengakhiri secara harian, maupun secara lebih detail.
Cara Membuat Countdown Instagram 4
Ubah judul, dan waktu kapan berakhirnya countdown

7. Selain itu, kamu juga bisa mengubah tampilan hitung mundur Instagram dengan tap ikon pelangi di atas, jika sudah sesuai harapanmu, tap centang di pojok kanan atas.

8. Selanjutnya, tap bagikan ke Instastory-mu.
Cara Memb 6uat Countdown Instagram 6
Bagikan ke teman-temanmu

9. Selesai

Bagi penonton Instastorymu, mereka bisa mengaktifkan notifikasi ketika waktu hitung mundurmu selesai. Cukup tap stiker hitung mundur punyamu, maka akan diberi dua pilihan, mengaktifkan notifikasi, atau membagikan ulang. Tap Ingatkan Saya.
Cara Membuat Countdown Instagram 7
Tap ingatkan saya untuk mendapatkan notifikasi

Selain mereka yang tap ingatkan saya yang akan mendapatkan notifikasi, kamu juga akan mendapatkan notifikasi ketika hitung mundurmu tepat seperti yang kamu jadwalkan.
Cara Membuat Countdown Instagram 8
notifikasi hitung mundur selesai

Aku yakin kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam membuat countdown atau hitung mundur ini. Namun, bagi kamu yang masih mengalami kesulitan, kamu bisa meninggalkan di kolom komentar. Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done