News Update
Loading...

Rabu, 20 Mei 2020

Cara Membuat Template Bingo di Instagram

Beberapa waktu lalu mungkin ketika kita melihat-lihat Instastory teman-teman yang lain, kamu akan sering menjumpai bingo challenge. Bingo Challange ini cukup mudah dimana ada seseorang yang membuat template Bingo yang berisi beberapa ceklist berbentuk kotak-kotak. Ceklist ini biasanya berisi beberapa aktivitas yang biasa dijalani dalam kegiatan tertentu.

Misalnya saja ketika menjadi siswa SMP di sekolah A. Nah, pembuat template Bingo memberikan beberapa alternatif kegiatan, misalnya pernah jajan di kantin, pernah tidur di UKS, pernah diajar oleh Pak Guru Favorit, kangen jajan di Warung Mas Bro, dan sebagainya.

Selanjutnya, template ini dibagikan ke teman-teman yang lain untuk diisi atau diberi tanda mana-mana saja yang sudah pernah dilakukan dalam suatu kegiatan tersebut. Begitu seterusnya sampai banyak yang membuat template ini.

Cara Membuat Template Bingo di Instagram - thumbnail

Nah, pada tulisan ini, kita akan membahas cara membuat template Bingo di Instagram. Ada dua cara yang bisa kamu gunakan, menggunakan tools online yang ada di Internet, dan menggunakan aplikasi Canva yang bisa kamu unduh di Google Play Store. Kedua cara ini sama-sama bisa kamu gunakan secara gratis.

1. Cara Membuat Template Bingo di Instagram

a. Tanpa Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu gunakan menggunakan tools online yang bertebaran di Internet, salah satu website yang bisa kamu gunakan adalah myfreebingocards.com. Sampai sini, aku menganggap bahwa kamu sudah menyiapkan ceklist kegiatan yang ingin kamu buat, ya. Jika kamu belum memiliki ceklist kegiatan, kamu bisa menyiapkan terlebih dahulu.

1. Buka laman https://myfreebingocards.com/ menggunakan browser HP-mu, di sini aku menggunakan aplikasi Google Chrome atau kamu bisa menggunakan browser yang lain.

2. Isi kolom-kolom yang sudah disediakan.
Cara Membuat Template Bingo di Instagram 1
Isi judul, dan alternatif kegiatan 

Keterangan
a. Choose a Title = Judul dari bingo Challane
b. Enter Words or Number = kegiatan-kegiatan alternatif yang bisa diberi ceklist.

3. Jika kamu ingin mengubah tema tampilan Bingo Cardmu, tap menu di bawah Theme, pilih tema yang sesuai keinginanmu.

4. Selanjutnya, tap dan tahan 2-4 detik pada preview Bingo Card, lalu tap download image.
Cara Membuat Template Bingo di Instagram 2
Tap dan tahan bagian preview hasil bingo, lalu tap download

5. Bagikan ke teman-temanmu, biarkan mereka memberi centang atau melingkari kegiatan-kegiatan yang sudah kamu tawarkan.

b. Melalui Aplikasi

Selain menggunakan website penyedia template bingo gratis, kamu bisa menggunakan aplikasi Canva untuk membuat template Bingo. Seperti judulnya, karena melalui aplikasi, kamu harus mengunduh aplikasi Canva terlebih dahulu di Google Play Store.

1. Buka aplikasi Canva.

2. Selanjutnya buat akun Canva terlebih dahulu menggunakan email, atau kamu bisa menggunakan akun Google, Facebook untuk login di Canva.

3. Jika kamu sudah berhasil, kamu akan dibawa ke halaman beranda Canva, pada kolom pencarian, ketikkan Cerita Instagram Bingo.
Cara Membuat Template Bingo di Instagram 3
Ketikkan Cerita Instagram Bingo di kolom pencarian

4. Kamu akan diberi banyak sekali template, jika kamu ingin membuat dari kreasimu sendiri, kamu bisa tap kosong, tetapi mungkin kamu akan sedikit kesulitan. Jadi, aku mengusulkan untuk menggunakan template-template yang sudah ada.
Cara Membuat Template Bingo di Instagram 4
Template Bingo yang bisa kamu gunakan

5. Kemudian tap Edit.
Cara Membuat Template Bingo di Instagram 5
Pilih template, lalu tap Edit

6. Kamu tinggal mengedit kalimat yang sudah tersedia dengan kalimatmu sendiri dengan tap satu per satu kalimat yang ada pada template.

7. Jika dirasa kamu sudah mantab dengan hasil editanmu, tap ikon bagikan di pojok kanan atas.
Cara Membuat Template Bingo di Instagram 7
Tap ikon bagikan

8. Selanjutnya, tap Simpan sebagai gambar, tunggu prosesnya selesai.
Cara Membuat Template Bingo di Instagram 6
Tap Simpan sebagai gambar

9. Selesai, kamu sudah bisa melihat template bingomu di galeri HP-mu, kamu tinggal membagikannya di Instastory, atau di media sosial yang lain.

2. Cara Mengikuti Bingo Challenge

Setelah membuat template Bingo Challenge, kamu bisa membagikan ke teman-temanmu, dan mereka juga bisa mulai menandai kegiatan-kegiatan yang pernah mereka lakukan di antara ceklist-ceklist yang sudah kamu tawarkan. 

1. Siapkan Bingo template terlebih dahulu, bisa menggunakan Instastory pembuat template, bisa juga dari media sosial yang lain. Jika dari media sosial yang lain, pastikan kamu sudah menyimpan bingo template di memory internalmu.

2. Selanjutnya bagikan di Instastorymu, namun, sebelum membagikan, berilah tanda centang sesuai pengalamanmu. Kamu bisa memanfaatkan fitur coret yang ada di Instastory dengan tap ikon seperti pensil.

3. Jika sudah, tap bagikan ke Instastory kamu.

Nah, bagi kamu yang tak ingin privasimu dilihat orang lain, kamu bisa memprivate akun Instagrammu terlebih dahulu atau bisa juga dengan memanfaatkan fitur close Friend di Instagram untuk membagikan hasil keikutsertaanmu dalam mengikuti Bingo Challenge.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done