News Update
Loading...

Senin, 18 Mei 2020

Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram

Sebagai anak perusahaan Facebook, Instagram sudah menyediakan fitur untuk menghubungkan Facebook ke Instagram. Dengan dihubungkannya akun Facebook ke Instagram, kamu bisa membuat postingan yang bisa kamu ungguh sekaligus ke dua media sosial, Instagram dan Facebook.

Untuk menghubungkan Facebook ke Instagram pun caranya tidaklah sulit. Hal yang perlu kamu siapkan, tentunya akun Facebook. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki akun Facebook yang bisa kamu akses, ya!

Cara menghubungkan FB ke IG - thumbnail

Jika kamu pertama kali mendaftar Instagram melalui Facebook, kamu tidak perlu menghubungkan Facebook dengan Instagram lagi karena sudah otomatis terhubung. Jadi, cara ini khusus bagi kamu yang akunnya belum terhubung dengan Facebook.

1. Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram

Sebagai catatan, cara menghubungkan Facebook ke Instagram ini hanya bisa dilakukan menggunakan aplikasi Instagram, bagi kamu yang belum memiliki aplikasi Instagram, kamu bisa meminjam HP temanmu, untuk login di Instagram. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Instagram di Google Play Store secara gratis. Jika kamu sudah memiliki alat dan bahan, waktunya menghubungkan akun Facebook ke Instagram.

1. Buka aplikasi Instagram, lalu login menggunakan aplikasi Instagram.

2. Masuk ke halaman profil Instagram dengan tapi icon avatar di pojok kanan bawah.

3. Tap garis tiga yang ada di pojok kanan atas, lalu tap pengaturan.
Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram 1
Masuk halaman profil - tap garis tiga - pilih pengaturan

4. Selanjutnya tap Akun.
Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram 2
Tap akun

5. Tap Akun Tertaut.
Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram 3
Tap akun Tertaut

6. Pada menu tersebut, kamu akan melihat banyak pilihan, ada Facebook, Twitter, Tumblr, Ameba, OK.ru. Karena kita kan menghubungkan akun Facebook ke Instagram, tap Facebook.

7. Selanjutnya masuk ke akun Facebook yang sudah kamu siapkan, lalu tunggu beberapa saat, kamu akan diminta konfirmasi, tap Lanjutkan sebagai Nama Facebookmu.

8. Tunggu beberapa saat (berapa lama? Ini tergantung dari koneksi internetmu).

9. Selesai, kamu sudah berhasil untuk menghubungkan Facebook ke Instagram.
Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram 4
Ciri sudah terhubung antara Facebook dan Instagam

Ciri yang paling mudah dilihat adalah, ketika kamu lihat di menu akun tertaut, dan di bagian Facebook, sudah ada nama Facebook yang sebelumnya kamu tautkan atau hubungkan.

2. Mengonfigurasi Settingan Akun Facebook dan Instagram

Jika akun Facebook sudah terhubung dengan akun Instagram, selanjutnya apa? Mungkin kamu akan bertanya-tanya mengenai hal itu. Jawabannya, kamu bisa secara otomatis membagikan cerita atau Instastory langsung ke cerita di Facebook. Tidak hanya itu, postingan yang kamu buat di Instagram bisa kamu bagikan ke Facebook secara otomatis.

Jika kamu tertarik dengan dua hal itu, kamu bisa mengonfigurasi atau menyetingnya secara manual karena setauku fitur ini tidak otomatis aktif. Caranya juga tidak kalah mudah. Kamu cukup tap sekali lagi Facebook. Kamu akan dibawa ke menu baru.
Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram 5
Centang Bagikan cerita, dan bagikan posting

Di sana sudah ada pilihan, pengaturan cerita maupun pengaturan postingan. Bagi kamu yang ingin membagikan Instastory IG ke cerita Facebook, kamu bisa mengaktifkan menu bagikan Instastory ke Cerita Facebook. Begitu juga dengan postingan, jika kamu ingin membagikan postingan Instagram ke Facebook secara otomatis, nyalakan menu Bagikan Postingan Anda ke Facebook.

3. Keuntungan dari Menautkan Facebook ke Instagram

Dengan menghubungkan Facebook ke Instagram, pastinya ada beberapa hal yang bisa kamu nikmati karena mengaktifkan fitur ini, beberapa fitur yang bisa kamu nikmati di antaranya, kamu bisa login menggunakan akun Instagram menggunakan akun Facebook, membagikan postingan Instagram di Facebook secara otomatis, bahkan kontak di akun Instagram dan Facebook bisa otomatis tersinkronisasi. Tenang saja, kita akan membahas satu per satu.

a. Login Instagram dengan Facebook

Keuntungan yang paling jelas adalah kamu bisa menggunakan akun Facebook untuk login Instagram. Caranya sangat mudah, di halaman login Instagram, tap Masuk dengan Facebook.
Tap log in with Facebook atau Masuk dengan Facebook

Masukkan email dan password Facebook, otomatis kamu akan masuk ke Instagram yang sudah terhubung dengan akunmu.

b. Posting Sekaligus

Seperti yang sudah kujelaskan sebelumnya, dengan menghubungkan akun Facebook ke Instagram, kamu bisa membuat postingan sekaligus, dari Instagram ke Facebook. Jika cara yang sudah kutuliskan tidak berhasil, kamu bisa mencoba cara alternatif kedua, dari menu posting Instagram.
Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram 7
Centang Facebook

Jadi, caranya seperti membuat postingan seperti biasanya, tetapi pada bagian membuat caption, jangan lupa centang Bagikan Ke Facebook. Mungkin kamu akan diminta untuk login Facebook sekali lagi, login dengan Facebook yang sudah kamu hubungkan dengan Instagram. Jika sudah, otomatis postinganmu akan muncul di Facebookmu juga.

c. Kontak yang Tersinkronisasi

Karena Instagram sudah menjadi anak perusahaan dari Facebook, mungkin ada beberapa hal yang sama, termasuk kontak yang ada di Instagram, otomatis akan terhubung di Facebook. Artinya ketika kamu menghubungkan Facebook ke Instagram, tidak jarang kamu akan menemukan notifikasi di Facebook jika ada informasi kontak yang sama dengan di Instagram.

Sebagai contoh, tadi sore aku baru saja memfollow sebuah akun Instagram bernama @orientbettagallery, tidak lama kemudian, aku mendapatkan notifikasi di Facebook yang menyatakan @orientbettagallery memiliki halaman di Facebook. Dari sini aku mengambil kesimpulan, adanya sinkronisasi antara kontak di Instagram dengan kontak di Facebook.
Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram 8
Notifikasi di Facebook dari Instagram

Dengan begitu, kamu akan selalu terhubung dengan kawanmu di dua "dunia" sekaligus, Instagram dan Facebook. Kalau dipikir-pikir ini akan sangat efektif untuk mempererat relasi persaudaraan. Cocok banget buat kamu para pelaku bisnis di Instagram, eheheh.

d. Meminimalisir Hilang Akun karena Lupa Password

Sebagai manusia biasa, kita tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya lupa, lupa password Instagram pastinya juga bisa terjadi. Nah, dengan menautkan akun Facebook ke Instagram, kamu bisa meminimalisisr lupa password Instagram.

Wajar saja, dengan menautkan Facebook ke Instagram, kamu bisa menggunakan dua metode login Instagram yang berbeda, menggunakan Facebook, maupun Instagram. Namun, yang perlu menjadi catatan, kamu tidak bisa login ke Facebook dengan Instagram, ya! Sifatnya hanya satu arah, dari Facebook ke Instagram.

Meskipun begitu, kamu juga harus tetap berhati-hati terhadap hacker yang mengincar akunmu, jadi pastikan akunmu aman dari hacker.

e. Memasang Iklan dengan lebih mudah. 

Kalau dikutip dari laman pusat bantuan Instagram, untuk memasang iklan di Instagram, kamu perlu mengklaim Halaman Facebook. Artinya, kamu harus menghubungkan Facebook ke Instagram terlebih dahulu untuk memasang iklan.

Begitu juga untuk pengelolaan iklan yang sudah terpasang. Kamu dapat mengelola iklanmu untuk ditayangkan di Facebook dan Instagram. Bagi kamu pemain iklan Facebook dan Instagram, hal ini tentu saja akan memudahkan dalam membangun toko online-mu.

f. Memasang Fitur Belanja di Instagram. 

Masih dari sumber yang sama, untuk menyiapkan fitur belanja di Instagram, kamu harus menautkan halaman Facebook dengan akun Instagram. Selain menautkan kedua media sosial, akunmu perlu memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu.

4. Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram lewat Laptop atau PC

Bagi kamu pengguna laptop atau PC yang sering menggunakan laptop untuk membuka dunia Instagram, tampaknya kamu harus beralih sejenak menggunakan aplikasi Instagram karena Instagram belum mendukung kamu untuk menghubungkan Facebook ke Instagram menggunakan laptop. 

Aku sudah mencari-cari cara tetapi hasilnya tetap nihil. Di menu pengaturan tidak ada menu untuk menautkan atau menghubungkan Instagram dengan Facebook. Jadi, solusinya kamu bisa menggunakan aplikasi Instagram di HP untuk menghubungkan akunmu.

Bagi para pengguna laptop untuk membuka Instagram, nampaknya harus tetap bersabar, dan berharap-harap cemas agar Instagram memunculkan fitur baru untuk menautkan akun Facebook ke Instagram melalui laptop atau PC.

Menghapus Akun Instagram dari Facebook

Kalau kamu tak ingin menghubungkan Facebook dengan Instagram, kamu bisa menghapusnya. Caranya tidak kalah mudah, dari aplikasi Facebook, buka pengaturan halaman.

Selanjutnya, tap Instagram.

Selanjutnya tap Putuskan. Jangan lupa konfirmasi (dengan tap Ya) kalau kamu ingin menghapus akun Instagram dari halaman Facebook.

Kesimpulan

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Kamu bisa menghubungkan Facebook ke Instagram dengan beberapa langkah mudah. Namun, sayangnya Instagram belum memfasilitasi penggunanya yang menggunakan laptop untuk menghubungkan Facebook ke Instagram. 

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu nikmati dari menghubungkan Facebook ke Instagram. Mulai dari metode login yang lebih variatif, meminimalisir kehilangan akun ketika lupa password, memposting postingan secara otomatis, sampai mempererat tali persaudaraan. 

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungkan Facebook ke Instagram sekarang juga! Selamat mencoba!

Share with your friends

This post have 2 comments

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done