News Update
Loading...

Sabtu, 09 Januari 2021

Cara Membuka Arsip di Instagram

Instagram adalah aplikasi yang mungkin sangat sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi media sosial yang lebih berkutat pada multimedia seperti foto atau video ini, mungkin saja digunakan selama berjam-jam oleh penggunanya.

Meski demikian, terdapat satu fitur Instagram yang hanya bisa dinikmati pengikut akun kita selama 24jam, fitur ini bernama Instastory. Meski kita bisa mengakali dengan membuat Highlight Instagram, tetapi tetap saja, Instastory ini akan hilang setelah 24jam diunggah di fitur ini.

Selain fitur Instastory, kita juga bisa mengarsipkan postingan-postingan kita yang pernah kita unggah dengan sangat mudah. Pada tulisan kali ini, kita akan berfokus pada cara membuka arsip di Instagram. Dengan membuka arsip di Instagram, kita bisa memunculkan Instastory atau postingan Instagram yang sudah pernah kita arsipkan.

Cara Membuka Arsip di Instagram

Fitur ini tidak akan berfungsi jika di hari-hari sebelumnya, kamu menghapus postinganmu, bukan mengarsipkan postinganmu. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk mempraktikkan cara ini terlebih dahulu. 

A. Cara Membuka Arsip di Instagram (Instastory)

1. Buka aplikasi Instagram, lalu login menggunakan HP-mu.

2. Selanjutnya, buka halaman profil dengan tap ikon avatar yang ada di pojok kanan bawah tampilan Instagram.

3. Jika halaman profilmu sudah terbuka, tap garis tiga yang ada di pojok kanan atas, lalu tap Arsip.
Cara Membuka Arsip di Instagram
masuk halaman profil, lalu tap garis tiga, lalu pilih arsip

4. Tunggu beberapa saat, kamu akan melihat beberapa Instastory yang sudah pernah kamu buat.

5. Sekilas, mungkin kamu akan kebingungan mana yang hendak kamu pilih. Ternyata Instagram telah menyediakan fitur untuk melihat Instastory yang pernah kamu buat berdasarakan tanggal tayangnya.

Kamu bisa melihatnya Instastorymu dengan lebih mudah berdasarkan tanggal tayang masing-masing Instastory. Tap Ikon kalender yang ada di bagian tengah. Kamu akan disuguhkan beragam Instastory yang pernah kamu buat di tanggal tertentu.
Cara Membuka Arsip di Instagram (2)
Tap ikon kalender untuk melihat berdasarkan tanggal tayang

6. Selain dari sortiran kalender, kamu juga bisa melihat Instastory kamu berdasarkan lokasi, caranya tidak kalah mudah, dengan tap ikon lokasi di bagian kanan, tunggu beberapa saat, kamu akan melihat beragam Instastorymu yang kamu tambahkan dengan lokasi. Jika kamu tidak pernah menambahkan lokasi di Instastory-mu, kamu tidak akan menemukan satu Instastory yang ada di akunmu.

7. Jika kamu tidak ingin sekadar membuka arsip Instagram, kamu juga bisa membagikan ulang Insastorymu, cukup pilih dan tap Instastory yang ingin kamu bagikan ulang, lalu tap Bagikan
Cara Membuka Arsip di Instagram (3)
Pilih Instastory, lalu tap bagikan

8. Kamu akan dibawa ke halaman pengeditan Instastory, kamu bisa menambahkan pernak-pernik di Instastorymu. Jika sudah, bagikan ke teman-temanmu, bisa ke Teman dekatmu menggunakan fitur Close Friend Instagram, atau Ceritamu.
Cara Membuka Arsip di Instagram (5)
Edit tampilan Instastorymu, jika sudah, bagikan ke teman-temanmu

B. Cara Membuka Arsip di Instagram (Postingan)

Selain membuka arsip Instagram berupa Instastory, kamu juga bisa membuka arsip yang berupa postingan. Caranya pun tidak kalah mudah.

1. Buka aplikasi Instagram, lalu login menggunakan akunmu.

2. Buka halaman profil dengan tap ikon avatar di pojok kanan bawah.

3. Lalu tap garis tiga yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih arsip.

4. Selanjutnya, tap bagian arsip cerita lalu pilih arsip postingan
Cara Membuka Arsip di Instagram (6)
Tap Arsip cerita di bagian kiri atas, lalu pilih Postingan diarsipkan
.

5. Tunggu beberapa saat, kamu akan dihadapkan pada beragam postingan yang pernah kamu arsipkan.

6. JIka kamu ingin membagikannya lagi, cukup tap dan pilih postingan yang ingin kamu bagikan lagi di profil Instagrammu.
Cara Membuka Arsip di Instagram (7)
Tap postingan yang ingin kamu tampilkan lagi di profilmu

7. Selanjutnya, tap titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

8. Jika sudah, tap Tampilkan di Profil. Tunggu beberapa saat, postingan yang kamu pilih tadi sudah berada di halaman profil Instagrammu lagi.
Cara Membuka Arsip di Instagram (8)
Tap titik tiga, lalu pilih Tampilkan di Profil

Berbeda dengan tampilan arsip Instastory, tampilan arsip postingan Instagram tidak selengkap menu sebelumnya. Di menu arsip postingan, tidak ada fitur untuk mengurutkan berdasarkan kalender atau lokasi, yang ada hanyalah kumpulan arsip postingan yang diurutkan berdasarkan tanggal postingan. Meski demikian, kedua cara ini memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama membuka arsip di Instagram. 

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Dengan membuka arsip Instagram, kamu bisa membagikan momen-momen terdahulu dengan sangat mudah atau sekadar bernostalgia pun tidak jadi masalah. Sudah mencoba fitur ini atau masih kebingungan untuk mencicipi fitur ini? Kamu bisa membagikan tanggapanmu di kolom komentar. Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done