News Update
Loading...

Kamis, 01 Juli 2021

Cara Melihat Password Instagram Sendiri

Sebagai manusia, tentu kita tidak dapat dipisahkan dengan apa yang dinamakan lupa, apalagi lupa dengan password untuk masuk ke akun media sosial kita. Aku sendiri juga tidak jarang lupa dengan password Instagramku jika tidak ditulis dalam catatan kertas, maupun catatan di HP-ku.

Untuk mengatasi lupa itu, tentu para pengembang telepon pintar sudah mengantisipasinya dengan memberikan fitur-fitur menyimpan password. Jika kamu menggunakan fitur ini dengan bijak, dan seksama, tentu fitur menyimpan password ini sangat bermanfaat karena bisa kamu gunakan untuk melihat password Instagram. Pada tulisan kali ini, kita akan membahas cara melihat password Instagram kita sendiri. 

Cara Melihat Password Instagram Sendiri

Secara umum, terdapat dua cara, dan dua kondisi untuk mengetahui password Instagram kita. Cara pertama melihat dari fitur save password, cara kedua dengan bantuan pihak berwenang (Instagram, email, FB, dll). Untuk kondisi yang kumaksud, di mana kamu masih login akun Instagrammu di sebuah perangkat yang dapat kamu akses, dan kondisi di mana kamu sudah logout dari akun Instagrammu.

Cara Melihat Password Instagram yang Tersimpan di HP

Seperti yang sudah kusinggung di atas, terdapat dua cara yang dapat kamu gunakan untuk melihat password Instagram. Cara pertama ini cocok bagi kamu yang sering memanfaatkan fitur simpan password di HP-mu. Ada 3 aplikasi yang biasanya menawarkan untuk menyimpan password/informasi login.

A. Google Account

Sadar maupun tidak sadar, akun Google sudah dilengkapi dengan fitur simpan password. Bagi kamu yang mungkin pernah menyimpan password di akun Google, bisa coba praktikkan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka menu pengaturan.
Cara Melihat Password Instagram Sendiri 4
Tap Pengaturan

2. Selanjutnya, scroll, lalu tap menu Google.
Cara Melihat Password Instagram Sendiri 6
Tap Google

3. Pilih akun Google-mu, jika sudah, tap Kelola Akun Google Anda
Cara Melihat Password Instagram Sendiri 7
Tap Kelola Akun Google

4. Gulir/scroll ke kanan pada bagian menu, tap menu keamanan.

5. Gulir ke bawah, lalu tap Pengelola Sandi.
Cara Melihat Password Instagram Sendiri 8
Tap Keamanan, lalu Pengelola Sandi

6. Cari Instagram, jika kamu pernah memanfaatkan fitur ini, tentu kamu akan menemukan menu Instagram.

7. Masukkan kata sandi telepon (kata sandi yang kamu gunakan untuk membuka layar kunci HP), atau cukup pindai fingerprint.

8. Kamu sudah melihat password Instagram yang sudah pernah kamu simpan sebelumnya.
Cara Melihat Password Instagram Sendiri 9
Tap Instagram

B. Google Chrome

Bagi kamu yang memilih membuka Instagram dari Google Chrome, tentu juga tidak asing dengan fitur save password yang ada di Google Chrome. Untuk melihat password yang sudah tersimpan di Google Chrome, kamu bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka aplikasi Google Chrome.

2. Tap titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

3. Selanjutnya, tap setting.
Cara Melihat Password Instagram Sendiri 1
Tap Setting

4. Pilih Passwords.
Cara Melihat Password Instagram Sendiri 2
Tap Password

5. Selanjutnya, gulir ke bawah, cari dan tap Instagram.
Cara Melihat Password Instagram Sendiri 3
Tap ikon mata untuk melihat password

6. Kamu akan melihat username, dan password Instagrammu.

Kedua cara tadi bisa kamu praktikkan jika kamu pernah menyimpan password pada hari-hari sebelum kamu lupa passwordmu. Namun, jangan khawatir, kamu juga bisa mencoba untuk melihat password Instagrammu ketika kamu belum pernah menggunakan fitur simpan password yang sudah disediakan kedua platform.

Cara Melihat Password Instagram yang Belum/Tidak Tersimpan di HP

Pada tulisan ini, terdapat dua kondisi utama, yang pertama ketika kamu masih bisa membuka akun Instagrammu (masih login di sebuah perangkat yang dapat kamu akses), dan kondisi dimana kamu tidak dapat membuka akun Instagrammu karena lupa password.

Jika kamu masih bisa membuka/mengakses Instagrammu, kamu bisa membuka aplikasi Instagram terlebih dahulu. 

1. Selanjutnya, buka menu profil dengan tap ikon avatar di pojok kanan bawah.

2. Lalu tap ikon titik tiga di pojok kanan atas.

3. Tap Pengaturan, pilih akun, lalu tap Informasi Pribadi.
Cara Melihat Password Instagram Sendiri 10
Tap Pengaturan - Pilih Akun, - Tap Informasi Pribadi

4. Dari menu Informasi pribadi, terdapat dua informasi yang dapat kamu gunakan untuk melihat password Instagrammu, kamu bisa menggunakan e-mail, juga menggunakan nomor HP yang tertera.

5. Jika kamu sudah menemukan email yang kamu gunakan untuk login, selanjutnya buka aplikasi Google Chrome, lalu buka situs Instagram.com

6. Selanjutnya Tap Lupa Password.
Cara Melihat Password Instagram Sendiri 11
Tap Lupa Kata Sandi

7. Masukan email, atau nomor telepon yang dapat kamu akses. Namun, bagi kamu yang tidak dapat melihat informasi login tersebut, kamu bisa masukkan username Instagrammu.

8. Jika sudah, tap tautan masuk.
Cara Melihat Password Instagram Sendiri 12
Masukkan email/no hp/username, lalu tap kririm tautan masuk

9. Tunggu beberapa saat, kamu akan menerima email (jika kamu memasukkan emai), atau SMS (jika kamu memasukkan nomor HP). 

Bagi kamu yang memasukkan username pada langkah nomor 7, kamu akan mendapatkan halaman notifikasi pihak Instagram sudah mengirimkan email ke email yang sedikit tersensor, begitu pula pada nomor telepon. Kamu harus mengingat terlebih dahulu email/nomor telepon yang kamu hubungkan pada akun Instagrammu, dan pastikan kamu bisa mengakses email ataupun nomor HP tersebut.

10. Dalam email/SMS yang kamu dapatkan, terdapat tautan yang dapat kamu gunakan untuk mereset password Instagrammu. Buka tautan tersebut dengan tap tautan, atau salin dan tempel di browser kesayangmu.

11. Masukkan kata sandi baru, dan ulangi kata sandimu di kolom konfirmasi.

Dengan cara ini, kamu tidak hanya melihat password Instagrammu, tetapi kamu juga mereset password Instagrammu. Setelah kamu ubah passwordmu, jangan lupa untuk mencatatnya di selembar kertas, atau kamu juga bisa menggunakan fitur save password yang ada di browser kesayanganmu.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Cara

Tiada gading yang tak retak, tiada yang sempurna di dunia ini. Masing-masing cara di atas tentu memiliki sisi kelebihan, juga kekurangannya. 

A. Fitur Simpan Password

Dengan melihat password yang sudah tersimpan sebelumnya, cara ini memang terbilang sangat-sangat mudah. Namun, untuk melihat password dengan fitur simpan password, kamu harus menyalakan fitur simpan informasi login terlebih dahulu. Artinya, jika sebelumnya kamu belum mengaktifkan fitur ini, kamu tidak dapat melihat password Instagrammu.

Di lain pihak, jika kita mengaktifkan fitur save password ketika login di perangkat yang bukan punya kita, privasi kita bisa saja dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang kurang bertanggungjawab. Oiya, untuk meminimalisir hal tersebut, kamu bisa mengecek Instagrammu dibuka oleh orang lain atau tidak. Jadi, sebisa mungkin, aktifkan fitur simpan password di perangkat yang sering kamu gunakan, maupun yang digunakan oleh orang-orang yang kamu percaya saja.

B. Fitur Reset Password

Jika fitur simpan password lebih fokus pada pemanfaatan fitur yang ada di HP, dengan fitur reset password, kita tergantung pada database dan sistem pihak Instagram. Instagram mengirimkan email reset password pada email yang tertaut pada akun Instagram kita. Di satu sisi, kita tidak perlu repot-repot untuk mencari-cari email yang mana yang kita gunakan untuk mendaftar. 

Di sisi lain, kita akan kerepotan jika kita tidak dapat mengakses email yang kita daftarkan/tautkan pada akun Instagram kita. Bicara mengenai reset password atau lupa password Instagram, kamu juga bisa membaca tulisan yang lebih lengkap mengenai cara mengatasi lupa password Instagram pada tautaun pada judul tulisan di samping.

Gimana? Kamu sudah menemukan password Instagrammu? Bagi kamu yang punya cara melihat password Instagram dengan lebih mudah, bisa kamu bagikan di kolom komentar, ya. Bagi kamu yang masih bingung, juga bisa menanyakan hal tersebut di kolom komentar. Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done