News Update
Loading...

Sabtu, 03 Juli 2021

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang cukup akrab dengan pengguna perangkat pintar. Dengan memasukkan email/username, dan password ke laman Instagram menggunakan gawai yang terhubung ke internet, kamu sudah bisa berselancar di dunia penuh foto dan video ini.

Dengan mudahnya login atau masuk ke akun Instagram, kita juga harus berhati-hati dengan aktivitas login kita karena bisa jadi ada orang yang mencoba masuk ke akun Instagram kita. Untuk mencegah akun Instagram dibuka oleh orang lain, pihak Instagram sudah menyediakan fitur untuk menambah keamanan akun kita, seperti mengecek aktivitas login Instagram kita, dan yang akan kita bahas, autentikasi dua faktor Instagram.

Cara mengaktifkan autentikasi dua faktor Instagram thumb

Apa yang dimaksud Autentikasi Dua Faktor Instagram?

Autentikasi dua faktor Instagram adalah salah satu fitur Instagram untuk menambah keamanan akun Instagrammu. Dengan mengaktifkan fitur ini, siapapun akan diminta memasukkan kode konfirmasi ketika hendak login ke akun Instagrammu. Terdapat dua metode yang dapat kamu gunakan untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor Instagram, metode SMS, dan metode aplikasi (Duo Mobile, atau Google Autentikator). Jika tidak memiliki kode autentikasi (biasanya 6 digit), dapat dipastikan orang tersebut tidak dapat masuk ke akun Instagrammu.

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram dari SMS

Seperti yang kita tahu, Instagram mengizinkan penggunanya untuk mendaftar menggunakan nomor HP, dengan begitu kamu juga bisa menautkan akun Instagram dengan nomor HP kita yang aktif. Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor Instagram dari SMS, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka profil Instagrammu.

2. Selanjutnya tap garis tiga di pojok kanan atas.

3. Pilih Pengaturan.

4. Tap Keamanan

5. Selanjutnya, tap Autentikasi Dua Faktor.

6. Kamu akan melihat 2 metode yang ditawarkan oleh Instagram, bisa melalui nomor HP, dan aplikasi autentikator seperti Google Autentikator, dan Duo Mobile.

7. Jika kamu memilih SMS, artinya kamu akan mendapatkan SMS berisi kode konfirmasi untuk login ke akun Instagrammu.

8. Pilih SMS, tunggu beberapa saat sampai kamu menerima SMS dari Facebook yang berisi kode 6digit untuk mengonfirmasi sekaligus mengaktifkan autentikasi dua faktor Instagram.
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram
Tap SMS

9. Masukkan kode 6digit yang tertera di SMS pada kolom yang sudah tersedia.
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram 2
Masukkan kode yang ada di SMS dari Facebook

10. Selamat kamu sudah berhasil mengaktifkan autentikasi dua faktor Instagram melalui SMS.
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram 3
Selesai

Oiya, sebelum melangkah ke metode yang lain, bagi kamu yang menyukai bahasan dengan video, kamu bisa menonton menonton video berikut ini.


Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram dari Aplikasi

Selain mengaktifkan autentikasi dua faktor melalui SMS, Instagram juga sudah menyediakan autentikasi menggunakan aplikasi yang digunakan untuk autentikator. Secara bawaan, Instagram menyediakan aplikasi Duo Mobile untuk mengautentikasi. Namun, kamu juga bisa menggunakan Google Autentikator untuk mengautentikasi.

A. Duo Mobile

Seperti yang sudah kusinggung sebelumnya, Instagram menyediakan fitur autentikasi dari aplikasi pihak ketiga, secara bawaan, Instagram menawarkan aplikasi Duo Mobile.

1. Buka profil Instagrammu.

2. Selanjutnya tap garis tiga di pojok kanan atas.

3. Pilih Pengaturan.

4. Tap Keamanan

5. Selanjutnya, tap Autentikasi Dua Faktor.

6. Pilih metode aplikasi autentikator, otomatis kamu akan dibawa ke halaman Google Play Store untuk mengunduh Duo Mobile.
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram 4
Tap Install aplikasi

7. Selanjutnya, buka aplikasi Duo Mobile, ikuti petunjuk yang ada, kamu akan melihat 6 digit kode untuk mengaitkan Duo Mobile dengan aplikasi Instagram. Oiya, karena aplikasi Duo Mobile tidak mengizinkan penggunanya untuk menangkap layar (screenshot), aku tidak bisa menampilkan screenshot tersebut.
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram 5
Install Duo Mobile

8. Masukkan kode 6 digit tersebut ke Instagram.

9. Jika kode dari Duo Mobile yang kamu masukkan ke Instagram benar, maka autentikasi dua faktor Instagrammu sudah aktif. Selanjutnya, tap Done.

10. Setelah memencet tombol done, kamu akan melihat serangkaian kode, simpan kode tersebut dengan baik untuk cadangan/backup kode ketika kamu tidak dapat menerima SMS verfikasi, maupun kode dari aplikasi autentikator.

B. Google Autentikator

Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor menggunakan Google Authenticator, kamu harus mengunduh aplikasi Google Authenticator sebelum mengaktifkan fitur penambah keamanan ini. Untuk lebih lengkapnya, simak, dan praktikkan cara berikut ini.

1. Instal Google Authenticator (Pengesah Google), kamu bisa mengunduhnya dari Google Play Store.
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram 6
Unduh Google Authenticator (Pengesah Google)

2. Tap get started/mulai, lalu isi nama pengguna (user) dan sandi akunmu (key). Dalam kolom sandi (key) Google hanya mengizinkan menggunakan alfabet, jadi kamu tidak dapat menggunakan angka, pakailah kombinasi huruf (alfabet).
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram 7
Tap Get Started

3. Selanjutnya, buka aplikasi Instagram, masuk ke menu profil Instagramu dengan tap ikon avatar di pojok kanan bawah.

4. Tap garis tiga di pojok kanan atas.

5. Pilih Pengaturan.

6. Tap Keamanan.

7. Selanjutnya, tap Autentikasi Dua Faktor.

8. Pilih metode aplikasi autentikator. Lalu nyalakan tombolnya.

9. Karena kamu telah mengunduh Google Authenticator sebelum mengaktifkan fitur ini, otomatis kamu akan masuk ke aplikasi Google Authenticator. 

10. Pilih cara yang ingin kamu gunakan untuk mengautentikasi. Kamu bisa memilih opsi Scan a QR code (memindai kode QR) atau Enter a setup Key (kode tertentu)

11. Pada tulisan ini, aku memilih opsi kedua, Enter a Setup Key
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram 8

12. Pada tampilan Google Authenticator akan muncul dua kode. Kode pertama adalah kode user atau pengguna, kode dua adalah kode autentifikasi untuk Instagrammu.

13. Sembari tetap membuka aplikasi Google Authenticator, bukalah aplikasi Instagrammu dengan menggunakan fitur recent apps. Jika tampilannya seperti di bawah ini, tap Selanjutnya
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram 9

14. Kembali lagi ke aplikasi Google Authenticator menggunakan fitur recent apps, kamu akan melihat kode untuk Instagram. Tap 2-4 detik kode Instagram yang ada di Google Authenticator, lalu buka Instagram, masukkan kode autentikasi yang ada di Google Authenticator ke Instagram
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram 10
Masukkan kode autentikasi dari Google Authenticator ke kolom Instagram

15. Jika kode yang kamu masukkan dari Google Authenticator benar, akan autentikasi dua faktormu suadah aktif.
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram 12
Tampilan berhasil mengaktifkan autentikasi dua faktor

16.  Lalu klik selesai.

Autentikasi Dua Faktor Instagram Apakah Aman?

Selagi kamu dapat mengakses dan memastikan nomor HP-mu dapat menerima SMS, tentu saja fitur Autentikasi Dua Faktor Instagram ini aman. Bahkan fitur ini adalah salah satu fitur yang digunakan untuk menambah keamanan akun Instagrammu. Seperti yang sudah kita bahas di atas, dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor, tidak sembarang orang dapat mengakses/login akun Instagrammu. Orang yang akan mengakses akunmu, harus memasukkan kode autentikasi yang didapatkan dari SMS, atau memasukkan dari aplikasi autentikator.

Apakah bisa mengaktifkan autentikasi dari SMS dan aplikasi autentikator sekaligus?
Bisa. Kamu bisa mengaktifkan dua metode autentikasi sekaligus. Berdasarkan pengalamanku, ketika mengaktifkan autentikasi dengan dua metode (SMS, dan aplikasi autentikator), kamu akan mendapatkan SMS terlebih dahulu untuk mengonfirmasi.

Bagaimana? Mudah bukan? Seperti itu cara mengaktifkan autentikasi dua faktor Instagram. Yuk, amankan akun Instagrammu dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor Instagram ini.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done