News Update
Loading...

Jumat, 13 Agustus 2021

Cara Menyembunyikan DM IG

Selain menggunakan Instagram untuk berselancar melihat-lihat foto atau video yang diunggah temanmu, kamu juga dapat menggunakannya untuk saling berbalas Direct Message (DM). DM adalah pesan singkat yang dapat kamu gunakan untuk mengirimkan chat secara personal dengan temanmu.

Namanya chat personal, tentu saja ada privasi yang ingin kamu sembunyikan dari orang lain. Namun, sadar tidak sadar, ketika kamu login akun Instagram di HP lain, mereka juga akan mendapatkan notifikasi apabila ada orang yang mengirimkan DM ke akun IG-mu.

Oiya, kamu juga harus sering-sering mengecek akunmu, apakah akun IG-mu dibuka orang lain atau tidak. Cara mengetahui IG kita dibuka orang lain atau tidak, kamu dapat membacanya pada tulisan yang pernah aku buat sebelumnya.

Cara Menyembunyikan DM IG thumb

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara menyembunyikan DM Instagram. Kamu tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan DM Instagrammu.

Cara Menyembunyikan DM IG

Untuk cara pertama ini, yang kamu perlukan hanyalah aplikasi Instagram yang dapat kamu unduh dari Google Play Store. Jika kamu sudah mengunduh aplikasi Instagram versi terbaru, fitur Direct Message ini sudah memiliki 2 tab yang berbeda. 

Secara default, DM Instagram yang kamu terima otomatis masuk ke tab Utama. Untuk menyembunyikan DM IG-mu, kamu dapat memindahkannya ke tab Umum. Untuk lebih lengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi Instagram, lalu masuk ke halaman direct message dengan tap ikon segitiga di pojok kanan atas.

2. Selanjutnya, tap dan tahan 2-4 detik DM yang ingin kamu sembunyikan, maka akan muncul menu tambahan di bawah DM-mu.

3. Kemudian, tap pindahkan ke umum.
Cara Menyembunyikan DM IG
Tap Pindahkan ke Umum

4. Dengan begitu, DM yang sudah kamu tandai tadi sudah berhasil kamu sembunyikan.

Cara ini bukan berarti menghapus seluruh pesan DM yang ada ya. Melainkan, hanya memindahkan seluruh pesan DM ke kategori umum. Artinya, kamu masih bisa melihat-lihat chat dengan temanmu.
Cara Menyembunyikan DM IG
Tap Umum untuk membuka pesan yang kamu sembunyikan

Untuk melihat DM IG yang sudah kamu sembunyikan, tap umum di kategori, kamu akan melihat DM-DM yang sudah kamu sembunyikan.

Menyembunyikan DM IG dari Notifikasi

Secara bawaan, ketika kita mendapatkan DM Instagram, otomatis akan muncul di notifikasi HP yang memiliki aplikasi Instagram dengan akunmu di dalamnya. Agar privasimu lebih terjaga lagi, kamu bisa menyembunyikan notifikasi DM IG.

Buka fitur Direct Message, selanjutnya tap dan tahan 2-4 detik di chat yang ingin kamu sembunyikan dari notifikasi.

Kemudian, tap senyapkan notifikasi. Selesai.
Cara Menyembunyikan DM IG
Tap Senyapkan Pesan

Sedikit berbeda dengan cara yang sudah kita bahas sebelumnya, dengan menyembunyikan DM IG dari notifikasi ini, kamu hanya menonaktifkan notifikasi dari orang yang kamu senyapkan. Namun, ketika membuka fitur Direct Message, chat dengan orang lain masih ada di kategori utama.

Jadi, kalau kamu benar-benar ingin menyembunyikan DM IG-mu, kamu dapat mempraktikkan kedua cara yang telah kita bahas.

Oiya, dengan mensenyapkan DM IG dari seseorang ini, kamu akan tetap menerima notifikasi jika mendapatkan DM dari orang selain yang kamu senyapkan. Kamu bisa menonaktifkan notifikasi Instagram dari pengaturan HP-mu.

Untuk menonaktifkan seluruh notifikasi dari Instagram, buka pengaturan HP-mu, selanjutnya tap aplikasi, pilih Instagram, matikan perizinan untuk notifikasi.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Dengan mempraktikkan kedua cara di atas, kamu dapat menyembunyikan DM Instagram dengan aman. Gunakan cara ini dengan bijak ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done