News Update
Loading...

Kamis, 04 November 2021

Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WA

Belum lama ini, Whatsapp mengeluarkan fitur baru pada aplikasinya. Fitur untuk menghapus pesan secara otomatis ini disebut pesan sementara. 

Seperti namanya, pesan sementara memungkinkan penggunanya untuk menghapus pesan yang sudah terkirim secara otomatis. Ketika mengaktifkan pesan sementara ini, pesan yang sudah kamu kirimkan akan terhapus secara otomatis pada hari ketujuh.

Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WA

Secara bawaan, fitur ini tidak bisa dinikmati secara otomatis. Artinya, kamu harus mengaktifkannya secara manual untuk menikmati fitur keren yang satu ini.

Jika kamu mengaktifkan fitur ini, yang terhapus hanyalah pesan yang berupa teks ya. Pesan yang berupa media seperti foto, video, pesan suara tidak terkena efek pesan sementara ini. Ketika kucek di galeri, ternyata media-media tersebut tidak ikut terhapus, masih tetap bisa diakses dari galeri.

Untuk mengaktifkan fitur pesan sementara di Whatsapp, kamu bisa mempraktikkan cara berikut ini

Mengaktifkan Pesan Sementara di Whatsapp

Syarat pertama untuk mengaktifkan fitur ini kamu sudah menginstall aplikasi Whatsapp versi terbaru.

Selanjutnya, buka Whatsapp, cari kontak yang kamu inginkan.

Kemudian tap foto profil kontak teman kita, tap ikon i dengan lingkaran di samping ikon video call.

Gulir ke bawah, kamu akan melihat fitur Pesan Sementara

Berikutnya, nyalakan untuk mengaktifkan fitur tersebut

Bagaimana cukup mudah kan? Dengan mengaktifkan pesan sementara ini, pesan terkirim yang sudah lebih dari 7 hari akan terhapus. Di satu sisi, Whatsapp tidak terlalu banyak menggunakan memori internal. Namun, di lain pihak kamu akan kesulitan untuk membaca ulang pesan-pesan yang pernah kamu kirimkan.

Menonaktifkan Pesan Sementara di Whatsapp

Setelah fitur ini kamu aktifkan, tenang saja, fitur tersebut bisa kamu nonaktifkan kapan saja kok. Caranya juga tidak kalah mudah.

Pertama buka aplikasi Whatsapp, selanjutnya cari kontak temanmu.

Tap foto profil kontak teman kita, lalu tap ikon i dengan lingkaran di samping ikon video call.

Gulir ke bawah, tap Pesan Sementara untuk mematikan fitur tersebut.

Dengan menonaktifkan pesan sementara, pesan yang sudah terkirim tadi akan tetap tersimpan di HP-mu meskipun sudah lebih dari 7 hari.

Serba-serbi Pesan Sementara WA

Pada bagian ini, aku hanya mengutip dari laman Pusat Bantuan Whatsapp mengenai Pesan Semantara Whatsapp atau disappearing messages. Isinya berkaitan dengan penggunaan fitur pesan sementara ini.

1. Jika temanmu tidak membuka WhatsApp selama 7 hari, pesan yang kamu kirimkan akan hilang. Namun, pratinjau pesan bisa saja masih ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

2. Ketika kamu membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang kamu balas adalah pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah 7 hari.

3. Jika pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan.

4. Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Kamu bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur pesan sementara Whatsapp ini dengan sangat mudah dan dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Namun, gunakan fitur ini dengan bijak ya!

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done