News Update
Loading...

Selasa, 02 November 2021

Cara Menghapus File Status Whatsapp

Mungkin status Whatsapp adalah salah satu fitur yang membuat aplikasi Whatsapp tetap eksis sampai saat ini. Fitur yang memungkinkan kita melihat foto atau video singkat ini bisa menjadi ajang promosi, berbagi cerita, atau sekadar menuliskan keluh kesahmu.

Meskipun cakupannya tidak seluas Instagram, Youtube, bahkan Tiktok, tak jarang kita sering lupa waktu ketika sudah menonton deretan status Whatsapp kontak kita.

Cara Menghapus File Status Whatsapp 1

Sadar maupun tidak sadar, setiap kali kamu menonton status Whatsapp orang lain, kamu telah menggunakan kuotamu untuk menampilkan foto atau video di layar HP-mu. Selanjutnya foto atau video tadi tersimpan pada memori internal HP-mu.

Namun, tidak semua seri dan merk HP bisa melihat file status yang sudah tersimpan di HP-mu. Semua tergantung pada aplikasi yang digunakan seri dan merk HP tersebut. Jadi, jangan heran jika kamu tidak menemukan file status di HP-mu.

Dengan tersimpannya foto atau video di memori internal-mu, Whatsapp sudah turut serta menyumbang data untuk memenuhi memori internal HP-mu. Ketika memori internal HP-mu sudah penuh, tinggal menanti hari performa HP-mu akan menurun, mulai dari mudah ngelag, mudah panas, sampai yang terparah ngehang atau tidak bisa diapa-apakan.

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara menghapus file status Whatsapp. Cara-cara yang kusajikan dapat kamu praktikkan untuk melegakan memori internal HP-mu. Jika memori internal HP-mu tidak terlalu penuh, performa HP-mu menjadi lebih baik.

Oiya, tulisan ini bukan menghapus status Whatsapp yang sudah kita posting ya, melainkan menghapus file status Whatsapp yang ada di memori internal HP.

Cara Menghapus File Status Whatsapp

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghapus file status Whatsapp melalui aplikasi file manager. Pada tulisan ini, aku menggunakan HP Redmi Note 5 Pro, mungkin tidak semua fitur ada di HP-mu, tergantung fitur masing-masing seri dan merk HP.

1. Buka aplikasi File Manager atau Pengaturan File.

2. Selanjutnya, tap ikon Whatsapp.

3. Pada tampilan awal, kamu akan melihat seluruh foto atau video yang diterima Whatsapp di teleponmu.

4. Tap ikon anak panah ke bawah yang ada di pojok kiri atas.

5. Pada menu ini, kamu hanya bisa melihat foto atau video status temanmu, untuk menghapusnya tap salah satu video atau video

6. Selanjutnya, tap ikon tempat sampah di bagian bawah.

Selain sebagai metode untuk menghapus file status Whatsapp, cara ini sebenarnya efektif bagi kamu yang ingin mengunduh status Whatsapp.

Cara Menghapus Semua File Status Whatsapp

Selanjutnya, kita akan membahas cara menghapus semua file Status Whatsapp. HP dan aplikasi yang kugunakan ini sama seperti sub bab sebelumnya.

1. Buka aplikasi File Manager.

2. Aktifkan mode menampilkaan hidden files dengan tap ikon garis tiga di pojok kiri atas - Setting - aktifkan "Show hidden files".

3. Selanjutnya, kembali ke tampilan awal File Manager dengan tap navigasi kembali.

4. Kemudian tap ikon berkas di bagian atas.

5. Buka folder Whatsapp.

6. Pilih folder Media lalu tap .Statuses.

7. Untuk menghapus semua file status Whatsapp, tandai salah satu file, selanjutnya tap ikon tandai semua yang ada di bagian pojok kanan atas.

8. Terakhir, tap Delete.

Cara yang kedua ini sering kugunakan agar memudahkanku dalam membersihkan memori internal HP-ku. Selain cepat, praktis, dan simpel adalah alasan lain untuk menghapus file status Whatsapp dari File Manager.

Cara Menghapus File Status WA dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Yang kumaksud pihak ketiga adalah aplikasi yang tidak ada hubungannya dengan aplikasi tertentu (dalam tulisan ini berarti Whatsapp). Aplikasi yang ingin kutawarkan adalah Root Expolorer atau Es File Manager.

Meski namanya "Root Explorer", tetapi kamu  tidak perlu "root" HP-mu untuk menikmati fitur-fitur aplikasi tersebut. Begitu juga dengan ES File Manager.

Cara kerjanya, aktifkan fitur untuk menampilkan file tersembunyi di Root Eksplorer. Maka, Root Eksplorer akan memudahkanmu mengeksplorasi seluruh file di HP-mu, termasuk mengakses file-file tersembunyi.

Setelah mengaktifkan "tampilkan File Hiddens", buka folder Whatsapp - tap Media - lalu tap .Statuses.

Kamu akan melihat berbagai foto atau video status Whatsapp yang sudah tersimpan di HP-mu.

Seperti yang sudah kusinggung di awal, bisa jadi aplikasi Pengelola Berkas bawaanmu tidak mengizinkan mengakses file-file yang tersembunyi di HP-mu. Jadi, menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat file tersembunyi bisa menjadi alternatif.

Hasil pengamatanku, file-file status ini akan hilang sendirinya setelah 24jam. Kemungkinan ketika status orang tersebut sudah hilang dari tab "Status", foto atau video yang tersimpan di memori internal juga akan hilang secara otomatis.

Gimana? Gampang banget kan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah bisa menghapus file status Whatsapp dengan sangat mudah. Intinya, aktifkan fitur melihat file tersembunyi. Jika File Manager di HP-mu belum memungkinkan fitur tersebut, kamu bisa menggunakan root eksplorer atau Es File Manager.

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done