News Update
Loading...

Jumat, 18 Februari 2022

Cara Menulis Huruf Jepang di Whatsapp

Cara menulis huruf Jepang di Whatsapp akan membantumu ketika kamu sedang belajar bahasa Jepang. Tak hanya bagi yang sedang belajar bahasa Jepang saja, ketika menggunakan huruf Jepang, kamu akan terlihat menarik dan keren. 

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara menulis huruf Jepang di Whatspap tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Meskipun sebenarnya aku juga tidak dapat bahasa Jepang, apalagi diminta membaca huruf Kanji Jepang, tetapi aku akan coba menulis tutorial ini kepadamu.

Cara Menulis Huruf Jepang di Whatsapp

Karena pada dasarnya aku tidak dapat bahasa Jepang, mohon maaf jikalau ada kata yang kurang tepat. Yang jelas, aku mempraktikkan cara ini secara manual (mengetikkan sebuah kata dalam bahasa Indonesia, lalu akan muncul huruf Kanjinya).

Menulis Huruf Jepang di Whatsapp

Google Translate

Siapa yang tak kenal Google Translate? Tools buatan Google yang dapat menerjemahkan ke berbagai bahasa ini dapat kamu manfaatkan untuk menulis huruf Jepang di Whatspap. Untuk menuliskan huruf Jepang di Whatsapp, praktikkan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka browser kesayanganmu, di sini aku menggunakan Google Chrome.

2. Selanjutnya, buka laman Google Translate.

3. Ubah bahasa tujuan menjadi bahasa Jepang.

4. Kemudian, masukkan kata-kata yang ingin kamu tuliskan dalam bahasa Jepang.

5. Jika sudah, tap ikon salin di bagian hasil terjemahan.

Cara Menulis Huruf Jepang di Whatsapp-2


6. Masuk ke Whatsapp, paste hasil terjemahan tadi di kolom chat, atau pun status Whatspp-mu.

Gimana? Gampang banget kan? Jika kamu ingin mengeluarkan effort yang lebih besar, kamu bisa menggunakan tools online yang bernama Lexilogos.

Lexilogos

Lexilogos adalah tools online yang menampilkan berbagai huruf selain huruf alfabet. Misalnya, huruf Kanji, huruf Arab dan lain sebagainya. Untuk cara pakainya, kamu bisa mengikuti Langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Lexilogos, kamu akan melihat keyboard pada layar HP-mu.

2. Kemudian, masukkan huruf pertama pada kolom di "Type the Beginning ... ". Kamu akan melihat berbagai suku kata dengan huruf Kanji. 

Selanjutnya, tap huruf mana yang ingin kamu tulis di Whatsapp.

3. Jika sudah, tap copy di bawah kotak hasil terjemahan.

Cara Menulis Huruf Jepang di Whatsapp3


4. Selanjutnya, buka Whatsapp, masuk ke chat atau status, lalu tap paste.

5. Selesai.

Gimana? Gampang banget kan? Kamu bisa menulisk huruf Jepang di Whatsapp menggunakan dua cara, menggunakan Google Translate dan Lexilogos. 

Bagiku, keduanya sama-sama berfungsi dengan baik. Namun, jika kamu orang yang masih awam dalam menuliskan huruf Jepang (sepertiku), gunakanlah Google Translate karena serba otomatis. Ketika kamu ketik kata dalam bahasa Indonesia saja, akan muncul terjemahan sekaligus huruf Jepangnya, tinggal copy dan paste.

Jika di lexilogos, kamu harus menentukan sendiri, huruf mana yang harus ditap. Jika pengetahuan yang dimiliki masih kurang, tools Lexilogos ini akan menjadikanmu semakin bingung. Jadi, gunakanlah Google Translate yang serba otomatis.

Jika kamu masih ada pertanyaan, masukan, ataupun rekomendasi cara yang lain, tinggalkan di kolom komentar, ya!

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done