News Update
Loading...

Senin, 21 Maret 2022

Cara Download File Backup Whatsapp di Google Drive

Cara download file backup Whatsapp di Gooogle Drive adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Seperti yang kita tahu, Whatsapp menyediakan fitur backup yang terintegrasi dengan akun Google Drive. Namun, terkadang kita kesulitan untuk menemukan cadangan atau backup yang telah kita lakukan pada sebelumnya. 

Tenang, pada tulisan ini, kita akan membahas cara download file backup Whatsapp yang ada di Google Drive. Oiya, pada tulisan ini, aku mengasumsikan kamu sudah pernah melakukan backup ke akun Google ya.

Cara Download File Backup Whatsapp di Google Drive 1

Jika kamu belum pernah mencadangkan Whatsapp di akun Google-mu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di tulisan Cara Backup Whatsapp. Namun, bagi kamu pengguna Whatsapp Modded mungkin akan mengalami kesulitan untuk backup di Google Drive. Jadi pengguna Whatsapp Modded bisa membackup Whatsapp tanpa Google Drive.

Cara Download Backup WA di Google Drive

Kembali lagi pada topik utama tulisan ini, kita akan membahas cara download file backup Whatsapp di Google Drive. Pada tuisan ini, aku menggunakan HP Xiaomi Poco M3, dengan aplikasi Google Drive dari Google Play Store. Praktikkan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi Google Drive.

2. Selanjutnya login menggunakan akun yang terintegrasi dengan Whatsapp-mu. 

Untuk mengecek akun Google mana yang terintegrasi dengan akun WA-mu, kamu bisa masuk ke Whatsapp, selanjutnya tap titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian tap chat, pilih cadangan. Di sana akan tampak akun Google mana yang terhubung dengan nomor Whatsapp-mu.

3. Kemudian, tap ikon garis tiga di pojok kiri atas, pilh Cadangan.

Cara Download File Backup Whatsapp di Google Drive 2

4. Kamu akan melihat cadangan Whatsapp yang pernah kamu buat.

5. Selanjutnya, tap ikon titik tiga di samping nama file yang ingin kamu unduh.

6. Tap unduh.

Tunggu sampai prosesnya selesai.

Bagaimana jika tidak ada file yang berisi cadangan Whatsapp pada menu tersebut? Kamu bisa mengecek akun Google mana yang kamu sambungkan ke Whatsapp. Kamu bisa mengulangi langkah-langkah nomor 2.

Jika masih belum yakin, kamu juga bisa mengecek dari akun Google-mu. Caranya, buka pengelolaan akun Google dengan buka tautan myaccount Google. Selanjutnya, tap bagian keamanan. Gulir ke bawah, lalu tap Kelola Akses Pihak Ketiga

Cara Download File Backup Whatsapp di Google Drive 3

Kamu akan melihat apakah akun tersebut terintegrasi dengan Whatsapp atau tidak. Jika tidak ada Whatsapp di akun Google-mu, kamu bisa menghubungkannya dengan mempraktikkan langkah nomor 2.

Cara Download File Backup Whatsapp di Google Drive 4

Update! Cara di atas sudah tidak bisa berfungsi karena tidak ada pilihan unduh. Jadi, dengan cara tersebut, kamu hanya bisa melihat kapan saja kamu membackup Whatsapp di akun Google-mu. 

Ketika aku coba cari-cari cara yang lain, aku belum menemukan cara yang tepat. Jadi, hingga tulisan ini dipublikasikan, belum ada cara yang efektif untuk download file backup Whatsapp dari Google Drive. Kecuali jika kamu pernah mengunggah secara manual hasil backup lokal yang ada di HP-mu. Tentu saja kamu tinggal mengunduhnya.

Cara yang paling efektif untuk mendownload file backup Whatsapp dengan merestore-nya ketika pertama kali menginstall atau mendaftar nomor telepon di Whatsapp. Kamu tidak perlu repot-repot membuka ini itu, semua sudah dilakukan otomatis ketika restore Whatsapp pertama kali menginstall Whatsapp.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Meskipun belum menyelesaikan masalah tentang download file backup Whatsapp di Google Drive, tapi mari kita berharap agar ke depannya kita juga bisa mengunduh file Whatsapp dan mengekstraknya tanpa harus klik restore dari Whatsapp.

Jika kamu memiliki cara yang efektif, ataupun masih memiliki pertanyaan, tinggalkan di kolom komentar ya! 

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done