News Update
Loading...

Jumat, 01 April 2022

Cara Membuka Chat WA yang Terkunci Lupa Kata Sandi

Cara membuka chat WA yang terkunci karena lupa kata sandi adalah salah satu topik yang kerap dicari pengguna Whatsapp. Maklum saja, kita tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya lupa. Hal ini juga tercermin dari adanya fitur lupa password di beberapa aplikasi.

Kalau kamu pernah mengunci Whatsapp-mu, ada kemungkinan kamu akan bisa mengalami lupa kata sandi ini. Namun, tak perlu khawatir, karena pada tulisan ini, kita akan membahas cara membuka chat wa yang terkunci.

Berdasarkan pengamatanku, aplikasi yang paling sering digunakan untuk mengunci aplikasi adalah Applock. Aplikasi pihak ketiga ini berfungsi sebagai penambah kata kunci aplikasi yang kita inginkan. Selain itu, ada juga fitur bawaan Whatsapp yang menambahkan kata sandi baik berupa pola maupun pin untuk mengamankan chatmu.

Cara Membuka Chat WA yang Terkunci

Kita akan membahas cara membuka chat dari kedua metode tersebut. Pada tulisan ini, aku menggunakan HP Xiaomi Poco M3. Bisa jadi fitur, letak, dan menu yang ada berbeda dengan HP-mu. 

Oiya, fitur Whatsapp Mod sebenarnya juga menyediakan fitur mengunci Whatsapp. Namun, sampai tulisan ini kubuat, aku belum menginstall Whatsapp modded lagi. Jika sudah menginstall, aku akan mengupdate tulisan ini.

Cara Membuka WA yang Terkunci AppLock

Kalau kamu mengunci Whatsapp menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Applock, kamu bisa membuka kunci tersebut dari dua cara. Cara yang paling mudah adalah menghapus aplikasi Applock. Dengan menghapus aplikasi Applock, otomatis kita tidak perlu memasukkan password di aplikasi-aplikasi yang diamankan oleh Applock.

Cara di atas sangat cocok jika kamu ingin menghapus "keamanan" yang dibuat oleh Applock. Jika kamu ingin hanya menghapus keamanan dari Applock yang sifatnya sementara, kamu bisa menggunakan force close application untuk mematikan sejenak pengamanan dari Applock.

Kedua cara tersebut memiliki langkah yang mirip-mirip. Jadi, aku membahas langkah-langkahnya sekalian saja. Untuk menguninstall maupun memberhentikan secara paksa aplikasi Applock, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi setting atau pengaturan.

2. Masuk ke menu Aplikasi.

3. Tap AppLock, jika kamu ingin menguninstallnya, tap Uninstall. Jika kamu hanya ingin menghentikan sementara, tap Force Close.

Begitu. Gimana gampang banget kan? Ya meskipun terkesan sederhana, tetapi cara tersebut terbukti efektif untuk membuka chat WA yang terkunci karena lupa kata sandi.

Membuka WA Terkunci di WA Original

Karena Whatsapp sudah memiliki fitur memasang kode atau patern untuk mengamankan chat Whatsapp, tidak menutup kemungkinan kamu akan lupa password tersebut. Bagi kamu yang pernah mengaktifkan fitur ini, tapi kini lupa password, kamu tak perlu khawatir.

Sepengalamanku, kunci Whatsapp ini terintegrasi dengan kunci atau pengamanan di aplikasi Pengaturan. Artinya, password untuk membuka Whatsapp original sama dengan password yang kamu gunakan untuk membuka layar kunci HP-mu.

Pertanyaan intinya, bagaimana kalau lupa kata sandi untuk membuka layar kunci juga karena terlalu sering menggunakan fingerprint ataupun sensor wajah? Tampaknya akan menjadi mimpi buruk, hehe. Bagaimana tidak? Kalau di HP Poco, ketika lupa sandi kunci layar, harus menghapus seluruh data yang ada di HP-mu.

Cara Membuka Chat WA yang Terkunci

Artinya, tidak hanya password layar yang kamu hapus, foto, kontak, aplikasi semua akan terhapus dan akan direset seperti setalan awal pabrik. Jadi, HP-mu kembali kosongan. Untuk menghapus atau reset password layar, bisa dilakukan dari Recovery Mode.

Catatan! Segala langkah yang dilakukan dari Recovery Mode adalah tanggung jawabmu, ya. Gampangnya, lakukan cara tersebut kalau kamu sudah tau resikonya. Resiko yang biasanya terjadi sih, datamu hilang semua. Jika semua komponen dalam keadaan baik, biasanya tidak ada kendala apapun.

Gimaana? Dah siap kehilangan seluruh data HP-mu? Kalau udah, eksekusi aja. Untuk memudahkanmu, kamu bisa mencari di mesin pencarian dengan kata pencarian "Cara Lupa Sandi di HP {{tulis merk dan seri HP-mu}}". Mohon maaf, aku tidak membahas lebih detail tentang ini karena setiap merk dan tipe HP berbeda-beda langkahnya.

Kalau udah mempraktikkan kedua cara di atas, ataupun salah satunya, pengalamanku, Whatsapp sudah bisa diakses lagi. Kita sudah menyelesaikan masalah Whatsapp yang tidak dapat dibuka karena terkunci sekaligus lupa kata sandinya.

Untuk mencegah hal-hal itu terjadi, kamu bisa mencatat passwordmu pada selembar kertas yang dimasukkan ke dompet. Selain selalu dibawa, pepatah kuno mengatakan tinta tipis lebih tajam daripada ingatan.

Gimana? Masih kebingungan atau memiliki pertanyaan? Atau kamu punya solusi yang lebih jitu? Cantumkan pada kolom komentar ya!

Selamat mencoba! Happy Chatting!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done