News Update
Loading...

Kamis, 31 Maret 2022

Cara Mengirim Pesan di WA Tanpa Berteman

Mengirim Pesan di Whatsapp tanpa harus berteman terlebih dahulu adalah salah satu cara yang praktis bagi pengguna Whatsapp. Namun, sampai saat ini fitur tersebut belum resmi dirilis oleh pihak Whatsapp.

Meski demikian, jangan khawatir karena masih ada seribu satu cara untuk menikmati fitur tersebut. Oiya, yang kumaksud tanpa berteman di sini adalah kamu belum menyimpan kontak orang yang akan kamu kirimi pesan ya.

Cara Mengirim Pesan di WA Tanpa Berteman

Sebenarnya istilah yang lebih umum untuk tulisan ini adalah cara mengirim pesan tanpa harus menyimpan kontak orang lain terlebih dahulu. Kita akan membahas setidaknya tiga cara atau metode untuk mengirimkan pesan di Whatsapp tanpa harus berteman terlebih dahulu. 

Pertama, memanfaatkan wa.me. Kedua, menggunakan fitur api Whatsapp. Ketiga, menggunakan aplikasi pihak ketiga. Yang terakhir, dengan meminta kontak orang tersebut dari temanmu.

Mengirim Pesan Whatsapp Menggunakan WA.ME

Wa.me adalah salah satu fitur yang diluncurkan Whatsapp beberapa waktu lalu. Wa.me adalah tautan yang dibuat oleh pihak Whatsapp untuk membuat tautan direct message ke pemilik nomor Whatsapp yang akan kita tuju. Penggunaanya pun tidak sulit, praktikkan saja langkah-langkah berikut ini.

1. Buka browser kesayanganmu. Kalau aku lebih nyaman menggunakan Google Chrome.

2. Selanjutnya, masukkan tautan wa.me/{{nomorWA}}. {{nomorWA}} adalah nomor Whatsapp dengan kode negara. Misalnya saja, nomor Whatsapp-ku 0822-2345-7654. Maka, penulisan tautannya menjadi wa.me/6282223457654

Cara Mengirim Pesan di WA Tanpa Berteman 1

3. Ya gitu doang sih, hehhee. Kalau mau lebih enak, kamu bisa mengedit tautan tersebut di notepad HP-mu terlebih dahulu. Kalau sudah jadi, paste pada kolom URL di browser kesayanganmu, lalu tap enter.

Sebenarnya, kamu juga bisa menambahkan format-format tertentu dari tautan itu, tapi aku tidak akan membahasnya pada tulisan ini karena sudah pernah kubahas pada tulisan Cara Membuat Barcode WA.

Menggunakan API.WHATSAPP

Cara kerja dari api Whatsapp sebenarnya hampir sama dengan WA.ME di mana kita mengedit tautan dengan menambahkan nomor telepon Whatsapp target kita. Perbedaannya terletak pada tautan yang kita edit. Untuk lebih lengkapnya, praktikkan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka browser kesayanganmu atau buka notepad di HP-mu.

2. Selanjutnya, edit tautan ini api.whatsapp.com/send?phone={{nomorWA}}. Sama seperti menggunakan WA.ME, {{nomorWA}} adalah nomor Whatsapp dengan kode negara tanpa menggunakan tanda tambah. Sebagai contoh, https://api.whatsapp.com/send?phone=6282223457654

Cara Mengirim Pesan di WA Tanpa Berteman 2

Kalau disuruh memilih dari kedua cara di atas, aku lebih memilih menggunakan WA.ME karena lebih praktis nan simpel. Selain itu, tautan yang harus diedit juga tidak perlu panjang-panjang.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan direct link, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya adalah WhatsDirect. Aplikasi ini dikembangkan oleh Syscron AI yang bisa kamu unduh secara gratis dari Google Play Store

Tak hanya mengirimkan pesan kosong, dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur isi pesannya terlebih dahulu. Bermodalkan nomor Whatsapp target, kamu bisa dengan mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor tersebut.

1. Unduh dan install aplikasi WhatsDirect.

2. Selanjutnya, masukkan nomor Whatsapp targetmu tanpa menggunakan kode negara ya. Misalnya no Whatsapp target 0822-2345-7654. Maka, masukkan 82223457654 pada kolom Enter Number.

Cara Mengirim Pesan di WA Tanpa Berteman 3

3. Jika sudah, tap Send. Tunggu beberapa saat, kamu akan langsung masuk ke chat room dengan targetmu.

Gimana? Enggak kalah mudah kan? Sayangnya, terkadang menggunakan aplikasi WhatsDirect ini tiba-tiba muncul popup iklan yang cukup mengganggu. Berbeda dengan kedua cara sebelumnya yang bersih dari iklan.

Namun, bukan menjadi masalah berarti juga, sih. Para pengembang aplikasi biasanya mendapatkan penghasilan dari memasang iklan tersebut. Tak terkecuali Sinause, hehehe.

Dari Minta Kontak di Temanmu

Cara yang terakhir bisa dibilang cara yang paling mudah, di satu sisi cara yang paling sulit. Paling mudah karena kamu tak perlu mengedit, memasukkan nomor, dan atau mengunduh aplikasi tambahan. Namun, di sisi lain, kamu memerlukan bantuan orang untuk melancarkan aksimu. 

Dengan meminta kontak target dari teman yang memiliki kontak tersebut. Seperti yang kita tahu, Whatsapp memiliki fitur untuk mengirimkan kontak orang lain. Dengan begitu, kamu bisa meminta kontak targetmu dari teman yang memiliki kontaknya. 

Contohnya seperti gambar di bawah ini, ketika temanmu mengirimkan kontak targetmu, kamu tinggal tap "Kirim Pesan" di bawahnya. Tak sampai 3 detik, kamu sudah bisa mengirim pesan Whatsapp tanpa harus berteman atau menyimpan nomornya terlebih dahulu.

Cara Mengirim Pesan di WA Tanpa Berteman 4

Gimana? Gampang banget kan? Dari keempat cara yang sudah dibahas, aku lebih nyaman menggunakan WA.ME. Selain tautannya singkat, tak perlu ribet-ribet mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Sebenarnya cara keempat juga sangat mudah, tapi menjadi masalah jika tidak ada yang punya kontak si target. Mau tidak mau kamu harus memasukkan nomornya lagi. Namun, bagi kamu yang ingin serba otomatis, menginstall aplikasi pihak ketiga menjadi pilihan yang tepat.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan, atau cara yang lebih mudah, tinggalkan di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done